Cara Menggunakan Router Wifi dengan Mudah

By

Ketika memutuskan untuk membeli router wifi, maka sudah dipastikan juga harus mengetahui cara menggunakan router wifi dengan benar. Bagi yang belum mengetahui caranya, bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini. Tentu saja langkah tersebut bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi.

1. Menghubungkan Kabel Router Wifi dengan Modem

Cara menggunakan router wifi bisa dilakukan kalau kabel daya dari router tersebut sudah tercolok pada stop kontak. Pastikan router telah berada pada posisi hidup atau on. Lalu, modem disambungkan melalui kabel Ethernet.

Perlu diperiksa sebelumnya, router harus sudah dikenali perangkat modem. Penghubungan dilakukan dengan mencolokkan kabel ke WAN atau uplink. Jaringan kabel yang terhubung dengan perangkat modem harus dalam posisi erat dan tidak kendor.

2. Menghubungkan Router Wifi ke Komputer

Langkah kedua yaitu menghubungkan kabel router wifi dengan komputer. Pada tahap ini tidak disarankan untuk menggunakan koneksi wifi, sebab pengaturannya belum terkonfigurasi. Tujuan penggunaan kabel ini untuk menstabilkan koneksi ketika dilakukan pemasangan instalasi.

3. Membuka dan Melakukan Log In pada Menu Admin

Jika komputer sudah disambungkan dengan router, segera buka browser pada komputer. Masuk pada alamat router untuk dapat mengakses menu admin. Masing-masing router wifi memiliki alamat yang berbeda-beda tergantung pada buku panduan.

Setelah bisa masuk ke menu admin, langsung dimasukkan detail username dengan mengisi admin, sedangkan “password” dalam kolom password. Namun, untuk keamanan lebih lanjut perlu dilakukan penggantian detail username dan password ini. Supaya terhindar dari kebocoran penggunaan data.

4. Mengatur Konfigurasi Router Wifi

Setelah berhasil masuk pada menu log in, masukkan konfigurasi router wifi sesuai dengan provider yang akan digunakan. Apabila memakai DSL internet, maka perlu untuk melakukan input informasi PPPoE username serta password pada router. Demikian halnya kalau memakai alamat IP statis.

5. Memperbaharui Alamat MAC pada Router Wifi

Pada sebagian provider internet melakukan otentikasi pengguna dengan menggunakan alamat MAC. Dengan demikian pengguna harus memperbaharui alamat MAC tersebut pada menu admin. Pembaharuan bisa dilakukan dengan mengikuti buku petunjuk bawaan router.

6. Mengubah Nama Jaringan (SSID)

Pada umumnya, router yang baru saja dipasang masih dikenali dengan nama default bawaan. Agar lebih aman, pengguna bisa melakukan penggantian nama SSID. Setelah diganti, coba untuk memverifikasi sambungan jaringan internet komputer dengan router. Kemudian, jangan lupa untuk memastikan sudah accept  informasi IP yang berasal dari router.

7. Menyambungkan Komputer atau Perangkat Keras Lain dengan Router Wifi

Menyambungkan komputer dengan router melalui kabel LAN merupakan jalan untuk bisa menggunakan router. Apabila pengguna memutuskan untuk memakai go wireless, harus memastikan terlebih dahulu jaringan SSID yang bakal dipilih. Nama jaringan SSID tersebut harus sesuai dengan SSID router.

8. Mengatur Keamanan Penggunaan Jaringan pada Router Wifi

Supaya dapat melakukan pengaturan konfigurasi keamanan jaringan, pengguna bisa menggunakan fitur dari layanan WPA2 Wireless Encryption. Sebelumnya, pengguna harus memastikan terlebih dahulu ketersediaan fitur WPA2 pada router. Pengaturan keamanan ini bisa dilakukan dengan mengikuti petunjuk pada buku panduan.

Bagaimana sangat simpel, bukan?  Apakah pemaparan cara menggunakan router wifi di atas kurang jelas? Tentu saja apabila semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan secara berurutan, router sudah bisa langsung digunakan. Tidak boleh ketinggalan pula, dalam menentukan perangkat router juga harus diperhatikan. Pilih tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.