Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja

By

'

Berencana bepergian dengan menaiki kereta api, tapi malas mengantri beli tiket? Tenang saja, kini semua transaksi pembelian tiket kereta api bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui aplikasi bernama LinkAja. Untuk bisa menggunakannya, sebaiknya ketahui dan pahami cara menggunakan aplikasi LinkAja dengan benar.

Apa Itu Aplikasi LinkAja?

LinkAja merupakan sebuah aplikasi penyedia layanan keuangan elektronik yang dapat mempermudah transaksi keuangan. Apabila mengunduh aplikasi ini, segala macam transaksi keuangan akan teratasi dengan sangat mudah. Mulai dari pembayaran listrik, pembelian pulsa, pembelian merchant, hingga mengirim uang kepada orang lain pun dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Perlu diketahui, aplikasi bernama LinkAja ini mulai muncul sejak tanggal 22 Februari 2019. Aplikasi ini dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara. Sebelumnya, aplikasi ini sudah beredar di masyarakat tetapi menggunakan nama yang berbeda yaitu TCash atau Telkomsel Cash. Namun, berkat kekonsistenan developer dalam mengembangkan seluruh fiturnya, kini LinkAja semakin banyak digunakan masyarakat.

Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja dengan Benar

Setelah mengetahui sekilas pandang mengenai aplikasi LinkAja, kini saatnya mengetahui cara menggunakannya. Meski tampilan aplikasinya terlihat simple, namun ternyata tidak semua orang, khususnya pengguna baru bisa mengetahui cara menggunakannya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak yang mengeluh kegagalan dalam bertransaksi. Berikut ini cara menggunakannya:

1. Unduh Aplikasi Melalui Play Store

Untuk bisa menggunakan aplikasi LinkAja, pertama-tama, buka Play Store atau App Store terlebih dahulu. Kemudian, cari aplikasi LinkAja. Ketik nama aplikasi di pencarian dan akan muncul aplikasi dengan ikon berwarna merah. Lalu, tekan install, tunggu hingga proses mengunduh selesai untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Login Menggunakan Nomor Ponsel

Semua aplikasi pasti membutuhkan data pengguna, apalagi aplikasi yang digunakan untuk bertransaksi. Memasukkan data berupa akun berfungsi untuk memudahkan developer mengirimkan kode verifikasi yang gunanya sebagai kode keamanan. Demikian juga dengan LinkAja, berikut ini cara loginnya:

  • Buka aplikasi LinkAja yang sudah diunduh.
  • Masukkan nomor handphone yang aktif atau dapat menerima pesan untuk verifikasi.
  • Lengkapi data diri yang diminta.
  • Verifikasi melalui pesan yang dikirim ke nomor.
  • Pendaftaran selesai. Selanjutnya, buat PIN berupa 6 digit angka untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi.

3. Isi Saldo Terlebih Dahulu

Ingin memasukkan uang alias mengisi saldo ke aplikasi LinkAja., tetapi tidak tahu caranya? Jangan bingung lagi, sebab cara mengisi saldo di aplikasi LinkAja sangat mudah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Pengisian saldo ini sangat penting dilakukan, karena tanpa saldo semua transaksi yang hendak dilakukan tidak bisa berjalan. Lantas, bagaimana caranya?

  • Tekan opsi ‘isi saldo’ yang terpampang di beranda LinkAja.
  • Pilih metode pembayaran. Pengisian saldo LinkAja dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sudah tertera pada aplikasi.
  • Lanjutkan proses sesuai kebutuhan yang dipilih. Untuk mempelajari lebih lanjut, silahkan buka ‘cara isi saldo’ di linkaja.id melalui browser.

4. Pilih Transaksi yang Diinginkan

Setelah mendaftarkan akun dan juga melakukan pengisian saldo, pengguna sudah dapat mengakses fitur-fitur yang tersedia di LinkAja. Silahkan tekan ikon yang sesuai dengan kebutuhan transaksi. Jika ingin mengisi pulsa, tekan ikon dengan nama pulsa/data. Kemudian, untuk membeli tiket kereta, pesawat, atau transportasi lain, tekan ikon transportasi. Begitupun jika ingin melakukan transaksi lain.

5. Ikuti Langkah-Langkah yang Tertera Saat Proses Transaksi

Setelah memilih jenis transaksi yang sesuai dengan kebutuhan, ikuti langkah-langkah yang tertera. Sebagai contoh, apabila ingin melakukan pengisian pulsa, langkah selanjutnya adalah pengguna akan diminta untuk mengisi nomor telepon akan diisi pulsa. Lalu, pengguna diminta untuk memilih nominal pulsa yang akan diisikan. Setelah memilih, akan muncul detail pembelian dan transaksi. Tekan konfirmasi untuk membayar tagihan. Tunggu beberapa saat sampai pulsa berhasil masuk.

Itulah beberapa cara menggunakan aplikasi LinkAja yang wajib diketahui. Berbekal dengan menggunakan fitur LinkAja sesuai dengan informasi tersebut, proses transaksi keuangan akan menjadi semakin mudah dan lancar. Semoga apa yang disampaikan di atas dapat bermanfaat bagi para pengguna. Selamat mencoba.