Cara Mengganti RAM Laptop dengan Mudah

Cara Mengganti RAM Laptop dengan Mudah

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu bagian komponen penting pada laptop atau komputer. Kapasitas yang disediakan pun beragam, dari 1GB atau 1024 MB hingga 64 GB per kepingnya. Serinya pun ada berbagai macam, dari yang sangat lawas yaitu DDR1 sampai yang terbaru DDR6. Bahkan mungkin di masa depan nanti akan muncul lagi yang lebih baru dan lebih bagus. Walaupun terlihat seperti penyimpanan, namun RAM berbeda dengan Storage seperti Harddisk, ia hanya melakukan penyimpanan pada proses yang sedang berjalan saja ketika Laptop sedang aktif/hidup. Apabila laptop dimatikan, penyimpanan pada RAM tentunya akan hilang. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, semakin cepat pula kinerja yang dilakukan oleh RAM untuk melakukan proses yang berjalan. Apabila laptop anda terasa kinerjanya lambat, ada kemungkinan RAM yang dipakai sudah mulai rusak atau memerlukan penambahan/penggantian RAM ke yang lebih besar. Bisa juga disebut upgrade RAM.

Tidak banyak orang yang dapat melakukan penggantian RAM Laptop karena tidak semua orang itu update soal teknologi. Oleh karena itu di sini akan kami bahas cara mengganti RAM Laptop agar kaalian tahu caranya dan bisa dilakukan dengan sendiri. Mungkin banyak yang berpikir ketika pertama beli Laptop, disediakan RAM 2GB/4GB sudah cukup. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, RAM tersebut semakin penuh karena banyak pembaruan aplikasi di Laptop. Mungkin untuk laptop yang menggunakan OS Windows XP, RAM 2GB akan tetap cukup hingga beberapa tahun ke depan, namun apabila kamu menggunakan windows 8 ke atas, kamu akan memerlukan RAM yang lebih besar dari saat ini agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

Bahkan saat ini akan rilis lagi Windows 11 yang memerlukan RAM minimal sebesar 8 GB. Oleh karena itu apabila kamu ingin mencoba windows terbaru, kamu perlu mengganti/menambahkan RAM yang ada saat ini.

Multimeter probe placed on the motherboard of laptop Premium Photo

mengganti ram laptop

Walaupun kamu bisa melakukan penggantian/penambahan RAM pada toko Komputer, tetapi kamu pasti akan disuruh membayar biaya teknisinya dan itu pun biaya yang cukup mahal. Padahal melakukan penggantian/penambahan cukup mudah dilakukan dengan sendiri dan bisa menghemat pengeluaran karena semakin besar RAM yang ingin kamu upgrade, harga RAMnya pun sudah semakin mahal. Kamu bisa membeli RAM melalui marketplace agar mendapatkan harga lebih terjangkau, seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Cara Mengganti RAM Laptop Sendiri

Nah, demikianlah cara mengganti RAM Laptop dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya tambahan jasa pemasangan pada toko komputer. Cara ini bisa kamu lakukan pada semua merk laptop namun khusus pada laptop yang RAMnya terbuka, bukan RAM yang tertanam pada motherboard laptop.

Walaupun letak pada setiap merk berbeda, namun bentuk RAM itu sama, ukuran persegi panjang kecil, jadi akan sangat mudah untuk menemukannya.