Cara Mengganti Password Wifi Indihome di HP dengan Mudah

By

Cara mengganti password WiFi Indihome di HP sebenarnya tidak terlalu beda dengan jika pemakai mengubah di komputer desktop ataupun laptop. Sebagian orang lebih suka mengubah kata sandi WiFi Indihome pada HP sebab pelaksanaannya jauh lebih gampang dan sederhana. HP yang ukurannya kecil bisa dibawa ke mana saja sedangkan laptop dan desktop agak susah dibawa kemana-mana

Pengguna WiFi Indihome baik para pengusaha cafe atau warung berWiFi ataupun pengguna biasa sebaiknya sering mengganti kata sandinya secara periodik untuk menghindari pembobolan kata sandi. Jika pembobolan terjadi, kelajuan internet bisa terasa sangat lambat. Inilah tahapan untuk mengubah kata sandi pengguna WiFi Indihome di ponsel:

1. Menyambungkan HP ke WiFi Indihome

Langkah pertama dapat dilakukan sebagai cara mengganti password WiFi Indihome di HP adalah membuat HP tersambung ke WiFi dari Indihome. Caranya bukalah setelan atau pengaturan dari HP lalu sentuh tombol WiFi, pada berbagai pilihan yang tertera di jaringan Wi-Fi, pilihlah Indihome dan masukkan kata sandi yang diminta. Pengguna sudah menyambungkan HP dengan Indihome saat tahap-tahap tersebut di atas selesai dilakukan.

2. Membuka Alamat TP-Link

Pengguna membuka salah satu browser yang sudah diinstal pada ponselnya. Setelah itu, pengguna memasukkan address 192.168.0.1. atau alamat protokol internet TP-Link sebagai modem yang digunakan Indihome. Pada lembar pertama akan ditanya nama pengguna dan kata sandi. Jika belum pernah mengganti nama pengguna dan kata sandi, ketikkan admin pada kedua kolom kemudian sentuh tombol login. Jika telah pernah login sebelumnya, hendaknya pengguna memasukkan data nama pengguna dan kata sandi yang benar.

3. Memilih “Wireless”

Seusai login pengguna akan diarahkan ke sebuah laman yang terdapat berbagai pilihan pada monitor sebelah kiri. Pada tengah layar terdapat data-data dari Indihome. Jika tulisan-tulisan pilihan pada sisi sebelah kiri itu terlalu kecil, layar bisa diperbesar dengan menyentuh layar touchscreen HP sehingga pengguna mudah memilih salah satu pilihan. Pengguna hendaknya memilih “wireless” sebagai langkah selanjutnya dari cara mengganti password Wifi Indihome di HP

4. Memilih “Wireless Security

Cara mengganti password Wifi Indihome di HP dilanjutkan setelah pengguna memilih “Wireless.” Akan keluar beberapa pilihan di bawah tulisan “Wireless” itu seperti: Basic Setting, WPS, Wireless Security, Wireless MAC Filtering, Wireless Advanced dan Wireless Statistics.

Pengguna hendaknya memilih “Wireless Security.” Itu adalah pilihan untuk mengamankan hubungan WiFi dengan mengubah kata sandi yang akan dilakukan selanjutnya.

5. Mengubah Kata Sandi

Pada halaman tengah ada kolom kosong yang di sampingnya tertulis “Wireless Password“, disinilah pengguna bisa mengetikkan kata sandi baru yang dikehendakinya di kolom kosong tersebut. Setelah mengetikkan kata sandi cara mengganti password Wifi Indihome di HP dilanjutkan dengan menyimpan kata sandi yang baru saja diketikkan pada database.

Kata sandi yang baik sebaiknya berupa paduan huruf kapital, huruf kecil, angka, huruf dan  simbol. Nantinya password baru yang diketikkan paling sedikit harus berisi delapan karakter dan paling banyak enam puluh tiga karakter. Jadi, keamanannya akan lebih terjamin dan sulit untuk diretas.

Demikian cara mengganti password Wifi Indihome di HP dengan cukup mudah. Lima langkah di atas juga bisa dilakukan untuk melihat kata sandi yang sudah pengguna tetapkan, saat pengguna lupa kata sandi yang telah dibuat. Dengan sering mengubah kata sandi secara berkala, akun Indihome akan selamat dari upaya peretasan. Selain menghindari koneksi yang lambat, pengguna juga akan terhindar dari tagihan yang membengkak.