7 Cara Mengelola Gaji Bulanan 2-7 Juta Agar Tidak Boros

By

Memiliki gaji 2-7 juta? Selalu habis setiap akhir bulan? Atau tidak bisa menabung sama sekali?. Kemungkinan ada banyak kesalahan yang kamu lakukan dalam mengelola gaji. Sebenarnya ada banyak cara mengelola gaji bulanan supaya tidak boros, namun banyak orang yang belum tahu.

Bukan banyak orang yang belum tahu sebenarnya, melainkan banyak orang yang lebih merasa bodo amat. Apalagi mereka yang masih berusia remaja. Mereka memiliki gaya hidup yang tinggi dan tidak pernah memikirkan tabungan atau masa depan.

Hal ini syah-syah saja dilakukan. Namun apakah akan bagus untuk kehidupan masa depan kamu? masih banyak lho hal yang lebih penting yang harus kamu pikirkan dengan baik.

Nah buat kamu yang masih memiliki kepedulian terhadap masa depan, dan ingin menghemat gaji bulanan, berikut saya berikan 7 tips cara mengatur gaji bulanan dengan baik agar tidak boros.

1) Jangan Langsung Gunakan Gaji

Langkah cara mengelola gaji bulanan pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan langsung menggunakan gaji saat kamu menerimanya.

Biasanya banyak orang yang langsung membelanjakan gajinya ketika ia menerimanya. Ini akan menjadi pemborosan yang paling besar. Kamu tahan dulu gajinya, buatkan dulu anggaran dan detail penggunaan gaji terlebih dahulu.

2) Buat Rincian Anggaran Bulanan

Agar gaji 2-7 juta yang kamu dapatkan bisa lebih hemat, maka kamu harus membuat rincian anggaran kebutuhan bulanan. Ini untuk mengukur dengan pasti berapa kebutuhan bulanan kamu dan berapa anggaran yang kamu butuhkan.

Buat secara rinci daftar kebutuhan bulanan kamu. Mulai dari kebutuhan harian, mingguan hingga bulanan. Seperti kebutuhan uang makan, uang bensin, kosan (jika ngekos), kebutuhan mandi, uang pulsa,uang make up dan lain sesuai kebutuhan.

Hal yang sekiranya tidak penting jangan kamu masukkan kedalam anggaran. Cukup kamu masukkan semua hal yang paling penting dan paling kamu butuhkan saja.

3) Salurkan Uang Sesuai Kebutuhan

Langka cara mengatur gaji bulanan selanjutnya yang penting kamu lakukan adalah menyalurkan gaji kamu sesuai dengan rincian anggaran. Dana pertama yang penting harus kamu keluarkan adalah untuk biaya kos atau rumah, seperti tagihan kos, uang listrik, uang keamanan, bayar telepon, bayar wifi dan lain-lain.

Keluarkan dana sesuai dengan nominal tagihan nya. Jangan di lebih-lebihkan ataupun dikurangi. Karena akan menimbulkan keborosan di awal ataupun di akhir. Sesuaikan saja dengan anggaran bulanan yang kamu buat.

Terkait: Cara membuat slip gaji di Word

4) Sisihkan untuk Tabungan

Ini penting, jika kamu memiliki gaji sekitar 2 juta hingga 7 juta, maka langkah penting yang harus dilakukan adalah menabung. Menabung perlu dilakukan sebelum kamu menggunakan gaji untuk kebutuhan lainnya.

Uang gaji minimal yang perlu kamu simpan sebagai tabungan adalah sebesar 30%-45% dari total gaji bulanan kamu. Jika gaji kamu 2 juta, maka kamu wajib nabung sebesar Rp.600.000-900.000.

Jika gaji kamu sekitar 7 jutaan maka kamu harus nabung dengan nilai minimal 2.100.000-Rp.3.150.000.

5) Catat Pengeluaran Harian

Langkah penting cara mengatur gaji bulanan agar tetap hemat dan tidak boros adalah dengan selalu mencatat pengeluaran harian. Kamu harus punya laporan harian pengeluaran harian.

Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa tahu berapa biaya pengeluaran kamu setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa audit keuangan bulanan kamu di akhir bulan.

6) Jangan Kredit Apapun

Biasanya ketika seseorang memiliki pekerjaan tetap, hal yang paling sering mereka lakukan adalah melakukan kredit mobil, motor, HP ataupun barang kredit lainnya.

Jika kamu saat ini memiliki pikiran demikian, maka segera hilangkan. Karena cicilan hanya akan membuat kamu terbebani. Disamping itu, kredit adalah riba yang bisa menghalangi rejeki kamu yang lain.

7) Mulai Berinvestasi

Tidak hanya cukup dengan menabung, langkah penting cara mengelola gaji bulanan yang harus kamu lakukan adalah dengan berinvestasi. Berinvestasi adalah salah satu hal yang sering dilakukan orang sukses.

Berinvestasi tidak akan membuat kamu kehilangan uang jika kamu melakukannya dengan baik. Sebaliknya kamu akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih tinggi.

Nah itulah 7 cara mengelola gaji bulanan 2-7 juta agar lebih hemat dan tidak boros. Jika kamu berhasil menerapkan 7 tips ini maka kau tidak akan kekurangan uang di akhir bulan.