Cara Mengecek Sinyal Operator Terbaik di Daerah Sendiri

By

Tanpa adanya koneksi jaringan internet yang memadai perangkat komunikasi seluler tidak akan bisa digunakan secara maksimal untuk selancar di dunia maya. Untuk itulah kenapa Anda harus mengerti cara mengecek sinyal operator terbaik agar mengatahui apakah jaringan bagus atau sebaliknya. Berikut penjelasannya.

Mengamati baris sinyal di ponsel

Cara mengecek sinyal operator terbaik yang pertama adalah mengamati baris sinyal di ponsel. Langkah ini terbilang sangat efektif dan friendly bagi semua perangkat meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar. Pasalnya Anda tidak perlu menginstall aplikasi untuk bisa mencobanya.

Cukup amati ikon notifikasi yang berada di bagian atas smartphone. Apabila baris tersebut penuh maka bisa dipastikan jaringan stabil, namun apabila naik turun alias tidak penuh dan berada di antara 1-2 baris saja itu artinya jaringan tidak terlalu stabil.

Umumnya jaringan yang penuh akan Anda dapatkan jika daerah terjangkau operator seluler. Namun juga sebaliknya. Jika memang Anda berada di lokasi yang tidak banyak tersambung jaringan, silahkan pindah posisi. Bisa di teras, haaman, balkon, ataupun titik-titik yang sekiranya ada sinyal.

Memakai opsi jaringan

Setiap smartphone sudah dibekali dengan menu jaringan. Perlu Anda ketahui menu ini dapat dipakai untuk melakukan pengecekan terhadap sinya semua operator seluler. Caranya silahkan Anda buka menu pengaturan atau settings. Kemudian klik jaringan seluler dan pilih operator.

Namun setiap langkah disesuaikan dengan tipe HP masing-masing pengguna. Hanya saja secara umum pengguna memakai cara diatas. Setelah langkah selesai ponsel akan secara otomatis mencari operator seluler yang dapat ditangkap oleh smartphone.

Cek lewat kekuatan status

Terakhir Anda bisa mengecek lewat kekuatan status. Silahkan Anda masuk ke menu pengaturan atau settings. Kemudian pilih tentang ponsel dan pilih sttaus. Setelah itu Anda dapat mengecek bagian jaringan atau sinyal yang ditampilkan.

Itulah 3 cara mengecek sinyal operator terbaik di daerah masing-masing yang bisa Anda praktekkan sendiri. Semua fitur yang ada di dalam ponsel sudah sangat lengkap sehingga Anda tidak perlu memiliki aplikasi khusus untuk mencobanya.