Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Agar Tidak Merusak Mata

By

'

Baik itu pada layar ponsel maupun komputer, brightness yang diatur setiap orang berbeda-beda. Ada yang menyukai kecerahan tingkat tinggi agar tulisan dan display di layar semakin jelas terlihat, ada pula yang mengatur tingkat kecerahan di ukuran paling rendah karena khawatir merusak mata. Cara mengatur kecerahan layar komputer berbeda dengan ponsel karena sistem pengoperasiannya pun berbeda.

Untuk ponsel touchscreen sendiri dimanapun lokasi display berada, kecerahan dapat diatur dengan menarik layar dari atas ke bawah lalu atur tingkat kecerahan pada bar yang disediakan. Pengguna tinggal menggeser ke kanan atau ke kiri untuk menemukan kecerahan yang pas. Lalu apakah mengatur brightness di komputer juga semudah itu? Berbagai langkah selengkapnya akan di bahas disini:

1. Pada Windows 7 Kecerahan Dapat Diatur melalui Taskbar

Layar komputer yang terlalu cerah bisa merusak masa dalam jangka panjang. Jangka pendeknya, mata akan terasa silau dan lama-kelamaan mulai perih. Untuk itu, jika pengguna masih menggunakan Windows 7 segera atur kecerahan layarnya dengan mencari pada taskbar keberadaan simbol charging battery. Jika telah ditemukan, klik pada simbol tersebut. Baik ketika baterai sedang diisi atau tidak.

Setelah diklik, pengguna akan menemukan tulisan “Adjust screen brightness” yang berwarna biru, artinya tulisan tersebut bisa diklik. Ketika diklik akan memunculkan bar untuk mengatur kecerahan layar. Pengguna bisa mengatur kecerahan sesuai yang diinginkan. Layar pada komputer akan berubah kecerahannya sejalan dengan tanda yang digeser pengguna.

2. Mengatur Kecerahan di Windows 10 Melalui Klik Kanan

Beragam cara mengatur kecerahan layar komputer biasanya tergantung kepada jenis Operating System yang dimiliki oleh komputer tersebut. Misalnya, Windows 10 dengan Mac OS belum tentu memiliki cara yang sama. Jika sama pun akan ada cara lain yang tidak dimiliki OS satunya. Untuk Windows 10, fitur klik kanan dapat dimanfaatkan untuk mengatur brightness.

Lengkapnya, pengguna perlu klik kanan di laman utama dan muncullah sebuah kotak dengan beragam pilihan. Cari menu “Display Settings” lalu klik disana. Ini akan membawa pengguna ke laman setting dengan tampilan pada Customize your display. Cari “Brightness level” yang dilengkapi garis sebagai tempat mengaturnya. Disana pengguna bisa mengatur kecerahan sesuka hati.

3. Mengkombinasikan Huruf X dan Simbol Windows

Penggunaan keyboard pun dapat membantu pengguna dalam mengatur kecerahan. Dengan tidak banyak klik sana sini, kecerahan layar komputer tetap dapat diatur. Terlebih lagi, cara ini support pada Windows 7, 8 dan versi Windows 10. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menekan tombol x dan logo windows berbarengan hingga akan muncul sebuah menu box.

Dalam menu box tersebut klik pada “Mobility Centre” menggunakan kursor atau tanda panah atas di keyboard. Menu tersebut akan memunculkan beberapa kotak sebagai jalan pintas untuk mengatur sesuatu. Temukan “Display brightness” di bagian kanan dan atur kecerahan dengan menggesernya.

4. Padukan Dua Tombol Fn

Keyboard pada umumnya pasti memiliki jajaran tombol Fn pada bagian atas. Beberapa keyboard khususnya keyboard wireless tidak menunjukkan letak Fn ini karena beberapa keyboard wireless di desain lebih kecil untuk penggunaan tab yang ukurannya sekitar 10 inch. Jika ada, tekan pada F1 dan F dengan simbol matahari. Dengan begitu kecerahan sudah dapat diatur.

5. Temukan Pengaturan Brightness di Icon Baterai Windows 10

Kembali ke Windows 10 yang memiliki slider dengan icon baterai. Jika pengguna klik icon tersebut, akan muncul kotak dengan icon matahari dan persentase kecerahan layar. Biasanya, kecerahan diatur pada kelipatan 25 yaitu 25, 50, 75 dan 100. Kecerahan akan berubah tergantung berapa kali pengguna menekannya.

Kecerahan layar memang penting agar produktivitas di depan layar komputer tidak mengganggu. Beberapa cara mengatur kecerahan layar komputer di atas hampir bisa digunakan pada semua sistem operasi. Jadi, sesuaikan saja dengan komputer yang dimiliki.