Cara Mengatasi Suara HP yang Hilang

Cara Mengatasi Suara HP yang Hilang

Suara HP yang hilang mungkin termasuk sebuah kerusakan yang cukup merepotkan. Alasannya karena suara pada HP sangatlah penting untuk berbagai kegiatan di HP. Seperti menelpon, mendengarkan musik, video atau film dan yang lainnya. Itu akan sangat mengganggu apabila tidak ada suaranya. Sebelum masuk ke cara mengatasinya, kamu perlu tahu apa penyebab membuat suara hp kamu bisa hilang

Penyebab Suara HP yang hilang

Ada beberapa penyebab yang membuat suara hp hilang, bisa karena masalah komponen atau pun masalah pada sistemnya.

1. Sistem yang mengalami Masalah/Bug

Masalah pada sistem ini kemungkinan karena masalah pada file cache, atau efek karena penginstalan aplikasi tertentu yang mengakibatkan sistem root terubah.

2. Mode Headset masih aktif karena kinerja HP lambat

Kemungkinan kedua yakni HP tersebut masih dalam mode headset, padahal colokan sudah dilepas. Mungkin saja karena HPnya terlalu lemot, jadi HP tersebut mengira bahwa kamu masih dalam mode headset, jadi suaranya tidak hilang.

3. Masuk ke Mode Speaker Bluetooth

Kemungkinan ketiga mungkin karena speaker bluetooth kamu sedang aktif dan hp juga aktif mode bluetoothnya, jadi hp tersebut tersambung ke speaker disaat volume speaker masih dalam keadaan off atau volume 0.

4. Komponen Speaker Rusak

Terakhir yakni komponennya rusak. Mungkin karena pernah jatuh atau sesuatu yang lain yang menyebabkan speaker HP tersebut rusak.

Cara Mengatasi Suara HP yang Hilang

Untuk mengatasinya, kamu perlu mengecek keadaan sistem terlebih dahulu untuk memastikan mana yang sebetulnya rusak.

Di samping itu, mengganti komponen HP yang rusak cukup memakan banyak biaya. Apalagi ke tempat service HP yang bukan official. Biasanya akan dikenakan biaya yang sangat besar.

Apabila kamu mengetahui penyebab suara HP rusak, kamu bisa coba lakukan perbaikan sendiri dengan cara-cara yang telah dibagikan di youtube atau artikel. Atau mungkin beberapa cara di bawah ini bisa membantu kamu untuk memperbaikinya.

1. Perika Pengaturan Volume HP

Dari yang sederhana terlebih dahulu, sebaiknya kamu cek pengaturan volume pada HP, mungkin kamu lupa untuk menaikan volumenya atau sistem di pengaturannya secara tidak sengaja terubah.

Langkah di atas apabila penyebabnya kamu menyalakan mode diam di profil HP. Dan itu tidak mempengaruhi komponennya.

2. Menggunakan Aplikasi SoundAbout

Langkah kedua bisa kamu gunakan aplikasi SoundAbout untuk mengatur pengaturan suara pada HP melalui kinerja sistemnya secara langsung.

Dengan begini, apabila kamu sedang menghubungkannhya pada speaker bluetooth, sambungannya akan berhenti dan akan aktif pada speaker pada hp saja.

3. Clear Cache pada Recovery

Cara pada kali ini ditunjukkan untuk mengatasi bug pada sistem. Dengan menghapus cache/sampah sistem, mungkin bisa mengatasi suara hp kamu yang hilang.

Setelah kamu melakukan cara di atas, tinggal kamu reboot saja hp nya dan proses clear cache sistem hp telah selesai.

4. Factory Reset

Cara keempat yakni Factory Reset atau reset ke setelah pabrik. Langkah kali ini terjadi jika kamu salah menginstall aplikasi yang menyebabkan sistem error. Dengan memformat/mereset hp ke setelah pabrik, sistem pada hp pun akan kembali seperti pada saat kamu awal beli. Dengan begini permasalahan suara yang hilang akan teratasi.

5. Service Speaker

Cara terakhir yakni service speaker ke tukang service hp. Ini cara yang terakhir apabila semua cara di atas tidak teratasi karena permasalahannya pada komponen yang rusak pada hp. Jadi kamu harus mengganti komponen speaker hp tersebut agar bisa menyala kembali.

Nah, seperti itulah cara mengatasi suara hp yang hilang. Kami harap tutorial di atas bermanfaat dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah apabila sedang mengalami suara hp yang hilang.