Cara Mengatasi Layar Blank Pada Laptop

By

Blank atau black screen pada laptop merupakan kejadian yang umum dialami oleh para penggunanya. Ketika terjadi hal demikian, jangan panik dan langsung praktekkan cara mengatasi layar blank pada laptop. Tak perlu khawatir karena langkah-langkahnya sangat mudah dan tidakn membutuhkan skill khusus.

Mengecek kabel fleksibel pada layar laptop

Perlu diketahui oleh semua pemilik laptop bahwa di dalamnya terdapat komponen kabel fleksibel yang rentan mengalami kerusakan. Terlebih jika Anda sering membuka atau menutup laptop dengan cara yang tidak benar serta berlebihan.

Ketika kabel ini sudah rusak, kemungkinan layar akan terjadi black screen. Anda dapat melakukan cara mengatasi layar blank pada laptop dengan mengecek kondisi kabel ini. Tipsnya Anda hubungkan laptop dengan monitor eksternal.

Jika monitor menampilkan tulisan maupun gambar ketika dipasangkan dengan laptop itu menandakan kerusakan memang terjadi di kabel fleksibelnya. Untuk mengatasi kerusakan ini Anda ganti saja dengan yang baru.

Melepas dan Membersihkan RAM

Selain penyebab di atas black screen yang terjadi pada laptop umumnya dikarenakan RAM yang rusak atau ada masalah. Bisa juga pin RAM yang terpasang kotor ataupun tidak sempurna terpasangnya. Untuk itu Anda bisa melepaskan komponen tersebut dan membersihkannya.

Dalam membersihkannya lebih baik gunakan kuas bersih serta kering. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk membuang kotoran yang menempel di dalamnya.

Mengecek kondisi hardware

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar black sceen ialah mengecek kondisi hardware. Sebelum mengeceknya pastikan Anda melepaskan seluruh perangkat yang terhubung dengan laptop seperti printer, speaker, power adaptor, mouse, dan lain-lain.

Setelah itu barulah Anda dapat memulai memuka hardware untuk mengetahui kondisinya. Jika memang terjadi kerusakan Anda harus langsung menggantinya dengan yang baru.

Itulah tadi ulasan singkat dan bermanfaat tentang cara mengatasi layar blank pada laptop. Mengerti dan memahami informasi ini akan membantu Anda untuk menghemat budget karena harus membawa laptop ke tukang service. Namun tetap harus berhati-hati saat melakukannya supaya tidak menambah kerusakan.