Cara Mengatasi Laptop yang Hang!

By

Laptop hang bisa terjadi karena beberapa faktor. Tentu kejadian seperti laptop hang ini sangat tidak nyaman karena bisa mengganggu aktifitas dan pekerjaan. Oleh karena itu, sebagai pengguna laptop atau komputer haruslah tahu cara mengatasi laptop yang hang.

Namun, sebelum mengetahui caranya, simak terlebih dahulu penyebab atau faktor yang membuat sebuah laptop menjadi hang.

Faktor Penyebab laptop Hang

Penyebab yang pertama yaitu karena kurangnya memori laptop. Hal ini karena minimnya kapasitas RAM di laptop hang tersebut. Faktor yang kedua yaitu karena banyaknya program-program yang terpasang di sebuah laptop.

Selanjutnya, banyaknya service dan startup program yang berjalan juga bisa menjadi penyebab laptop hang. Faktor lainnya yaitu karena terdapat masalah pada bagian harddisk, seperti harddisk error, low space, terfragmentasi, dan lain sebagainya. Selain itu, banyaknya security program dan virus atau malware juga bisa menjadi penyebab laptop hang.

Cara Mengatasi Laptop yang Hang

Setelah mengetahui penyebab laptop hang di atas, lantas bagaimanya cara mengatasi laptop hang? Untuk mengetasinya, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

1. Cara mengatasi laptong hang ketika booting

Ketika laptop Anda hang saat sedang booting atau masuk ke BIOS, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu masuk ke mode BIOS. Kemudian, setelah masuk ke mode BIOS, pilihlah ‘Advanced BIOS Features’ dan cari ‘BIOS cache’.

Setelah menemukan pilihan tersebut, ‘disable’ pilihan itu. Langkah terakhir yaitu save perubahan tersebut dengan menekan tombol F10 dan tekan ‘Enter’.

2. Cara mengatasi laptop hang saat starting

Cara mengatasi laptop hang yang kedua ini yaitu apabila laptop hang saat starting atau saat masuk windows. Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memindai/scanning registry menggunakan Cleaner dan scan virus. Hal ini akan membantu jika penyebab laptop hang adalah program windows yang bermasalah.

Cara yang selanjutnya yaitu Anda perlu membersihkan RAM dengan kuas atau vacuum cleaner. Anda juga bisa membawa laptop ke tempat teknisi langganan Anda jika ragu untuk melakukannya sendiri. Cara ini akan bekerja apabila penyebab laptop hang karena RAM dan kipas kotor.

Jika ternyata solusi di atas tidak membantu, maka sebaiknya bawa laptop ke tukang ahlinya. Sekian penjelasannya dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.