5 Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul Dengan Mudah

By

'

Mungkin banyak di antara kamu yang mengalami filter Instagram yang Loading terus, itu bisa jadi tanda Perangkat kamu tidak mendukung filter. Nah, biar kami tidak kebingungan lagi kamu bisa simak artikel berikut yang membahas tentang Cara mengatasi filter Instagram tidak muncul. Sebelum itu simak beberapa alasan kenapa filter Instagram tidak muncul.

Alasan Filter Instagram Tidak Muncul

claudio schwarz purzlbaum vj3nOtiX85Y unsplash

Seperti yang kita kenal, Instagram terkenal karena terdapat filter – filternya yang membuat foto dan video kita menjadi lebih keren, seperti filter warna ataupun filter quiz – quiz yang seru bahkan kamu juga bisa membuat filter sendiri. Tapi, Filter Instagram tidak muncul dan hanya loading yang berputar – putar pada beberapa orang karena faktor tertentu bisa sinyal, data yang penuh ataupun ponsel kamu yang tidak kompatibel menggunakan filter. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi smartphone kamu sehingga tidak bisa menggunakan filter di Instagram.

  • Instagram yang belum di Update

Instagram selalu melakukan update karena untuk mempermudah penggunanya mendaparkan fitur baru. Mungkin karena hal ini ponsel kamu tidak bisa memproses filter Instagram. Saya sarankan kamu untuk melakukan update di Google Playstore ataupun Appstore secara rutin untuk menghindari ponsel kamu tidak bisa memuat Filter di Instagram.

  • Cache yang penuh

Semua aplikasi pada smartphone pasti menghasilkan cache yang merupakan data sementara yang di simpan di sistem smartphone. Karena itu kamu harus dengan rutin menghapus cache aplikasi agar terhindar dari masalah data tertimbun dan mengakibatkan smartphone kamu lemot.

  • Ponsel Tidak Kompatibel

Alasan kenapa Smartphone kamu tidak dapat memuat filter bisa jadi karena Ponsel yang kamu gunakan tidak kompatibel. Karena tidak semua smartphone bisa menjalankan aplikasi tertentu, karena harus sesuai dengan Spesifikasi Sistem Smartphone kamu.

  • Koneksi Internet Lemot

Nah, koneksi Internet yang lemot bisa jadi biang kerok juga, karena bisa menghambat Smartphone kamu memuat filter, jadinya yang muncul hanya ikon loading yang berputar – putar.

Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Muncul

  1. Menghapus Cache pada Smartphone

Filter instagram tidak muncul karena cache memenuhi penyimpanan pada smartphone kamu sehingga tidak berfungsi secara optimal.

Jadi sebaiknya kamu perlu menghapus cache pada smartphone secara rutin agar dapat berfungsi secara optimal.  Kamu bisa menghapus cache melalui menu Settings > App > Instagram > Clear Cache.

2. Update Versi Instagram

Jika kamu menggunakan Instagram versi lama sebaiknya kamu melakukan update ke versi yang lebih baru. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan fitur baru lainnya dan filter Instagram dapat muncul.

3. Memperbaiki Koneksi Internet

Nah hal satu ini juga bisa menjadi penyebab filter Instagram tidak muncul. Jika kamu memilki koneksi internet yang lambat dan buruk, maka filter Instagram akan mengalami loading yang lambat.

Jadi sebaiknya kamu cek kembali koneksi pada smartphone dan pastikan koneksinya bagus, atau jika kamu menggunakan kartu SIM kamu bisa menggantinya ke Koneksi WiFi.

4. Logout dan Login Kembali

Cara yang satu ini bisa kamu coba untuk mengatasi filter di Instagram yang tidak muncul. Kamu melakukan logout dan login kembali akun kamu pada Instagram.

5. Restart Smartphone

Selanjutnya kamu bisa lakukan dengan cara melakukan restart smartphone dan disarankan kamu melakukan logout terlabih dahulu pada akun Instagram setalah itu kamu bisa restart. Jika sudah kamu restart silahkan login kembali ke akun Instagram.

Nah itulah dia beberapa cara mengatasi filter Instagram yang tidak muncul yang bisa kamu coba. Temukan artikel menarik lainnya di Carapedi