2 Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 Di Word dan Excel

By

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 Di Word dan Excel –

Microsoft Word adalah sebuah aplikasi pengolah kata. Sedangkan Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka. Keduanya hampir sama, namun fungsi yang di gunakannya lumayan berbeda.

Semua hal sekarang dilakukan dengan kecanggihan teknologi, seperti salah satunya adalah tugas para mahasiswa atau anak sekolah umum yang pengerjaannya sudah menggunakan cara modern dan meninggalkan metode manual. Berbagai tugas catatan yang mulanya dikerjakan dengan menulis, sekarang sudah di ganti dengan metode ketik.

Ketika mengerjakan suatu tugas yang dilakukan dengan mode ketik, biasanya akan dicetak untuk menjadi suatu dokumen fisik. Dan untuk ukuran kertas yang ditawarkan pun beragam seperti A4, Letter, A3, A5, dan beberapa ukuran lainnya.

Kertas yang umum di pakai adalah A4, namun terkadang ada masalah gambar atau kata yang terpotong ketika sudah di cetak. Hal tersebut di karenakan melebihi ukuran kertas, atau memang ukuran kertasnya yang terlalu kecil.

Oleh karena itu, kita ambil solusinya dengan memakai ukuran kertas F4 yang lebih panjang dibandingkan dengan A4. Bagaimana cara menambahkan ukuran tersebut di Word atau Excel? Simak cara-cara berikut :

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Printer Canon

  1. Buka Control Panel pada Pencarian Windows.
  2. Pilih Perangkat dan Printer.
  3. Pilih salah satu printer yang kamu gunakan, lalu klik Print Printers Propeties di bagian atas.
  4. Centang opsi Buat Formulir Baru.
  5. Masukkan nama Form Name dengan F4.
  6. Atur ukuran Width menjadi 21,5 cm dan Height 33 cm.
  7. Jika sudah, klik Save Form.
  8. Refresh laptop atau komputer.
  9. Setelah itu, ukuran F4 akan langsung tersedia dan bisa digunakan pada Printer Canon.

Cara Menambahkan Ukuran Kertas F4 di Printer Epson

  1. Buka Control Panel pada Pencarian Windows.
  2. Pilih Perangkat dan Printer.
  3. Klik kanan pada Printer Epson yang akan kamu tambahkan ukurannya, dan pilih Printing Prefences.
  4. Selanjutnya, pada menu Ukuran Dokumen, pilih opsi Ditentukan Pengguna.
  5. Atur Nama Ukuran kertas menjadi F4 .
  6. Masukkan Lebar menjadi 215 mm dan Tinggi 330 mm.
  7. Simpan ukuran kertas dan klik OK .
  8. Selanjutnya, Bukalah Microsoft Word atau Excel dan coba untuk print salah satu dokumen lalu temukan ukuran kertas F4 yang kini akan tersedia.

Perlu diketahui dari kedua cara tersebut, pasalnya setiap printer memiliki cara yang berbeda dan satuan ukuran yang berbeda pula. Jadi kamu harus ketahui dulu merk printer yang di gunakannya.

Nah itulah cara menambahkan ukuran kertas F4 di Word dan Excel paling mudah dan sederhana. Jangan lupa sesuaikan dengan printer yang digunakan ya! Karena memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel menarik lainnya dari caripedi.id.