6 Tips Cara Memulai Bisnis Start-Up dari Nol Sampai Sukses!

By

Cara Memulai bisnis Start-up di jaman Modern – Perusahaan rintisan atau yang sering disebut dengan start-up merupakan sebuah perusahaan yang belum lama dirintis. Umumnya dibawah 5 tahun. Namun saat ini, start-up lebih sering diartikan sebagai bisnis yang menerapkan teknologi dalam perusahaannya, sering memberikan inovasi baru, dan cenderung lebih menarik perhatian orang-orang pada era saat ini.

Start-up memiliki sifat mengganggu. Misalnya, dulu orang-orang menggunakan ojek pangkalan dan taksi konvensional yang cenderung lebih mahal. Namun setelah perkembangan teknologi, muncul lah inovasi baru berupa ojek online dan taksi online. Di satu sisi, inovasi tersebut memudahkan masyarakat. Namun di sisi lain, pengemudi ojek pangkalan dan taksi konvensional mengalami kerugian.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis start-up? Berikut adalah tips yang dapat membantu kalian memulai bisnis start-up:

Cara Memulai Bisnis Start-Up

mika baumeister Y LgXwQEx2c unsplash
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

1. Tentukan Ide Bisnis dan Wujudkan

Jangan terlalu lama berpikir, Ketika kamu menemukan sebuah ide, segera realisasikan. Meskipun idenya dirasa tidak masuk akal atau terlalu mudah, tidak masalah! Jika terlalu lama dipikirkan, ide-ide tersebut akan perlahan menghilang. Bisa jadi ketika di awal kamu yakin dengan ide tersebut, namun setelah lama menunggu dan berpikir, kamu merasa tidak yakin dengan ide tersebut dan akhirnya tidak pernah terwujud.

2. Buat Rencana yang Matang

Ketika sudah mendapat ide, buat lah rencana yang lebih spesifik. Misalkan jika kamu memulai bisnis di bidang kuliner, maka tentukanlah apa saja menu yang akan dijual, berapa biaya produksi yang dibutuhkan, dan siapa target konsumennya. Tapi kembali lagi pada poin pertama, jangan berlarut-larut memikirkan rencana yang sempurna, lakukan langkah berikutnya.

3. Carilah Teman yang Memiliki Minat Sama Denganmu

Perbedaan pendapat memang penting, namun jika minat kalian berbeda, hal itu akan berdampak buruk bagi bisnis kalian. Mulailah bicarakan tentang bisnis yang ingin dibuat dan telusuri minat mereka. Jika minat kalian sama, kerjasama kalian akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Promosikan dan Jalin Hubungan dengan konsumen dan orang-orang sekitar

Di masa-masa awal, kamu harus fokus mempromosikan produk yang ingin dijual kepada konsumen. Kamu bisa promosikan di media sosial, maupun kerabat dan teman yang dikenal. Dengan begitu, konsumen kalian akan bertambah sedikit demi sedikit.

Selain itu, mempromosikan nya di aplikasi go-food, grab-food, dan platform pesan antar makanan juga akan sangat berguna, mengingat banyaknya pengguna aplikasi go-food.

5. Buat tim solid dan memiliki motivasi yang tinggi

Jika ingin mencapai target yang diinginkan, maka diperlukan sebuah tim yang solid dan mempunyai kualitas yang baik. Namun, orang-orang dalam tim juga harus memiliki visi yang sama, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

6. Tetap selalu konsisten dan fokus!

Dalam membangun dan mengembangkan sebuah start-up pasti memiliki sebuah rintangan dan kesulitan oleh karena tetap konsisten dan jangan menyerah. Konsistensi akan membantu Anda menghadapi rintangan-rintangan dalam mengembangkan start-up.

Itulah gambaran umum dan tips-tips tentang cara memulai bisnis start-up. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai bisnis start-up.

clay banks a9kHtTbjpwY unsplash
Photo by Clay Banks on Unsplash

2 pemikiran pada “6 Tips Cara Memulai Bisnis Start-Up dari Nol Sampai Sukses!”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.