Cara Mempercepat Koneksi Internet di Ponsel

By

Koneksi internet bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti tempat Anda berada dan sisa kuota internet. Nah, jika ternyata kuota internet Anda masih banyak dan lokasinya termasuk lokasi yang memiliki sinyal yang baik, maka tidak ada salahnya Anda mencoba cara mempercepat koneksi internet berikut ini.

Menghapus cache

Cara yang pertama yaitu dengan menghapus cache. Cache yang menumpuk pada ponsel juga bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Cache sendiri adalah data sementara pada sintem penyimpanan internal di ponsel Anda. Fungsinya yaitu untuk menyatat aktivitas Anda saat menggunakan aplikasi tertentu.

Lalu, bagaimana caranya agar cache dapat dihapus? Cara yang mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih khusus cache, seperti Speed Booster, Clean Master, dan Nox Cleaner. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda hanya perlu mengunduhnya di Play Store.

Setelah berhasil mengunduh, buka aplikasi tersebut dan klik ’Clean/Bersihkan’. Kemudian, tunggulah untuk beberapa saat hingga proses pembersihan selesai. Setelah selesai, cobalah kembali koneksi internet Anda unduk mengecek apakah cara ini berhasil atau tidak.

Jika ternyata masih belum berhasil, maka cobalah cara kedua berikut ini.

Menggunakan Ad-blocker

Penyebab lainnya dari koneksi internet yang lambar yaitu karena iklan-iklan yang tampil otomatis di ponsel Android Anda. Hal ini karena iklan tersebut juga memerlukan data atau koneksi internet, sehingga situs yang Anda kunjungi menjadi lebih lambat memuat data.

Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan aplikasi Ad-blocker yang bisa Anda unduh secara gratis di Play Store. Pilihan lainnya yaitu Anda juga bisa menggunakan browser yang telah dilengkapi dengan Ad-blocker, seperti Opera Mini dan UC Browser.

Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan juga bisa menjadi cara mempercepat koneksi internet di ponsel. Hal ini karena aplikasi tersebut juga bisa membuat koneksi menjadi lambat dan juga memperlambat kinerja ponsel.

Maka dari itu, sebaiknya tutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan sebelum menggunakan aplikasi yang lain.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.