Cara Memindahkan Video Offline Youtube ke Kartu SD Pada Smartphone Android

By

'

Setiap kali membuka video Youtube akan membuang sejumlah kuota yang dalam HP. Hal inilah yang membuat banyak orang kehabisan kuota sehingga menghasilkan ide untuk menjadikan video tersebut bersifat offline. Sayangnya, kondisi tersebut menghabiskan memori internal, jangan khawatir terdapat cara memindahkan video offline Youtube ke kartu SD. Perlu diberitahu bahwa cara ini hanya berlaku bagi para pengguna android saja.

Tidak direkomendasikan bagi para pengguna iPhone. Hal ini disebabkan iPhone tidak menyediakan memori eksternal, tidak seperti halnya android yang menyediakan penyimpanan tersebut. Bagi para pengguna android hal ini akan menjadi solusi terbaik yang dimiliki. Berikut beberapa cara untuk dapat memindahkan video offline dari Youtube ke kartu SD bagi pengguna android:

1. Pastikan Memori Eksternal Telah Terpasang

Pada tahapan pertama dalam cara memindahkan video offline Youtube ke kartu SD yaitu memastikan bahwa memori SD telah terpasang. Tidak hanya terpasang tetapi juga terhubung dengan baik di dalam android. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kegagalan dalam penyimpanan. Sangat disarankan untuk menggunakan memori internal yang besar agar dapat menyimpan video offline Youtube lebih banyak lagi.

2. Buka Aplikasi Youtube di Dalam Android

Cara ini hanya dapat dilakukan dalam aplikasi dan tidak dapat digunakan menggunakan website. Pasalnya banyak sekali pengguna yang mendownload melalui website namun tidak tahu bahwa ruang penyimpanan berada pada memori internal. Pastikan bahwa aplikasi Youtube telah terpasang pada android pengguna dan siap digunakan, namun jika fakta dikatakan sebaliknya. Pengguna diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu aplikasi Youtube.

4. Pilih Video Offline yang akan Dipindahkan ke Dalam Kartu SD

Pada tahapan ini pengguna harus memastikan bahwa telah masuk ke dalam akun Youtube. Tujuannya untuk memudahkan aksi perpindahan. Pastikan video yang pengguna ingin dipindahkan telah tersedia semua, namun jika pengguna ingin menambahkan kembali maka lakukan dahulu hal tersebut. Download video yang ada di Youtube sesuai keinginan pengguna jika pengguna sudah merasa cukup dengan koleksi video offline Youtube tersebut maka pengguna dapat masuk ke dalam langkah selanjutnya.

5. Pilih Akun Youtube atau Titik Tiga

Pada langkah selanjutnya pengguna cukup untuk masuk ke dalam kotak pilihan ‘Library’. Pada tampilan kotak pilihan ‘Library’ tersebut akan muncul sejumlah pilihan seperti ‘History’, ‘Watch Later’, ‘Your Videos’, ‘Downloads’ dan lain sebagainya. Pilihlah akun Youtube pada tampilan tersebut akun Youtube yang menampilkan gambar pengguna.

Pada akun tersebut akan muncul sejumlah kotak pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna. Terdapat alternatif lainnya sambil memastikan video yang sudah di download dan dijadikan sebagai video offline yaitu membuka pilihan ‘Downloads’. Pada kondisi tersebut akan ditampilkan titik tiga pada bagian pojok yang akan mengantarkan pengguna langsung ke dalam tampilan pengaturan video offline.

Berbeda dengan akun Youtube tersebut yang akan membawa pengguna ke dalam beberapa pilihan kembali. Pada saat itu pilihlah kotak pilihan ‘Settings’ yang nantinya akan membawa pengguna ke dalam beberapa pilihan kembali. Pilihlah ‘Offline’ yang akan mengantarkan pembaca ke dalam tahapan terakhir.

6. Aktifkan Kotak Pilihan ‘Use SD Card

Hal ini merupakan tahapan terakhir yang akan pengguna lakukan dalam cara memindahkan video offline Youtube ke dalam kartu SD. Berdasarkan penjelasan sebelumnya dimana pengguna yang memilih kotak pilihan ‘Offline’ akan dibawa menuju sejumlah pilihan lainnya. Pilih saja kotak pilihan ‘Use SD Card’ dan geser ke kanan untuk mengaktifkannya.

Peringatan sekali lagi penggunaan cara memindahkan video offline youtube ke kartu SD ini hanya dapat digunakan bagi para pengguna android saja. Solusi ini hanya dapat digunakan jika pengguna android memiliki memori eksternal, jika pengguna belum memilikinya maka dapat membelinya terdahulu. Cara ini sudah terbukti ampuh dalam menyelamatkan memori internal serta video yang akan ditonton secara berulang ulang.