Cara Memindahkan Video dari Iphone ke Laptop tanpa iTunes

By

'

Umumnya cara memindahkan video dari iPhone ke Laptop adalah dengan menginstall aplikasi iTunes terlebih dahulu pada laptop. Aplikasi iTunes ini yang akan menyambungkan laptop dengan perangkat apple utamanya iPhone. Namun ternyata hal itu tidak selalu harus dilakukan, pengguna masih bisa memindahkan video dari iPhone ke Laptop bahkan tanpa aplikasi iTunes.

Caranya bahkan sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan semua orang. Caranya dengan mengubah akses kepada iPhone sebagai perangkat kamera. Cara ini membuat pengguna memiliki akses pada file gambar dan video pada iPhone melalui perangkat laptop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menyambungkan Laptop dan iPhone

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menyambungkan iPhone ke laptop. Hal ini bisa dilakukan dengan kabel USB, pengguna bisa menggunakan kabel yang biasanya dipakai perangkat iPhone untuk mencharger karena fungsinya sama. Mengingat bahwa plug pada perangkat iPhone berbeda dari HP android dan sangat jarang ditemukan dan dimiliki orang banyak kecuali oleh penggunanya sendiri.

2. Mengkoneksikan Laptop dan iPhone

Cara memindahkan video dari iPhone ke Laptop selanjutnya adalah dengan mengkoneksikan laptop dan iPhone. Jadi menyambungkan laptop dan iPhone dengan kabel data atau kabel USB saja tidak cukup agar kedua perangkat terhubung. Setelah disambungkan dengan kabel data, biasanya akan muncul kotak dialog pada laptop.

Kotak dialog ini akan menanyakan apakah perangkat iPhone bisa disambungkan, kotak dialog yang tidak jauh berbeda juga akan muncul di layar perangkat iPhone. Jika kotak dialog tersebut muncul pilih ‘Trust’ atau ‘Percaya’ agar kedua perangkat benar-benar terkoneksikan.

3. Membuka File Explorer di Dalam Laptop

Setelah dikoneksikan, maka laptop akan mendeteksi iPhone sebagai perangkat kamera. Memori dari perangkat kamera ini bisa diakses dengan membuka file explorer yang ada di dalam laptop. Pengguna bisa membuka menu File Explorer kemudian klik This PC. Dalam file tersebut seharusnya telah ada file atau ikon perangkat iPhone. Kemudian klik pada ikon tersebut dua kali untuk membukanya.

4. Buka File DCIM

Setelah masuk ke dalam memori perangkat iPhone, di dalam file tersebut akan ada pilihan folder ‘Internal Storage’. Pilih ‘Internal Storage’ kemudian pengguna akan dibawa ke dalam folder-folder khususnya folder foto dan video yang ada di dalam perangkat iPhone.

Untuk mengakses video dan foto yang ada di dalam iPhone. Folder yang perlu diakses oleh pengguna adalah folder DCIM. Klik folder ‘DCIM’ kemudian semua folder dan file dalam format foto maupun video akan muncul. Pada tahap ini, pengguna sudah bisa dengan bebas membuka file foto dan video di perangkat laptop.

5. Copy-Paste File

Untuk memindahkan file ke dalam memori perangkat laptop, hal yang perlu dilakukan oleh menggunakan hanyalah tinggal mengcopy-paste file saja. Lakukan copy paste seperti biasanya, seperti ketika laptop menyambung dengan perangkat selain produk apple. Lebih baik untuk tidak melakukan copy paste dalam jumlah banyak sekaligus. Batasi jumlah file khususnya video yang akan dicopy paste dalam satu waktu.

Hal ini agar baik perangkat laptop maupun iPhone tidak terbebani dengan proses persalinan data. Apalagi jika data yang akan dipindahkan berukuran besar. File dengan format video memang umumnya berukuran besar apalagi di perangkat iPhone yang selalu menyimpan file dengan resolusi tinggi. Ada baiknya pengguna mengcopy paste file video satu per satu dari memori iPhone ke dalam memori perangkat komputer.

Itulah cara memindahkan video dari iPhone ke laptop tanpa menggunakan iTunes yang bisa menjadi alternatif para pengguna iPhone. Sekarang para pengguna tidak perlu lagi repot-repot lagi menginstall iTunes dalam laptop agar bisa menyalin data. Namun perlu diingat karena perangkat iPhone terdeteksi sebagai kamera. Maka data yang bisa disalin terbatas pada file foto dan video saja.