Cara Memindahkan Rekaman Suara ke Musik Secara Langsung

By

'

Terkadang, setelah seseorang merekam sejumlah file audio menggunakan perekam suara, file tersebut tidak dapat ditemukan sebagai file musik. Oleh karena itu, banyak dari orang-orang tersebut mencari tahu tentang cara memindahkan rekaman suara ke musik. Jika sudah dipindahkan maka rekaman suara tersebut dapat muncul di aplikasi pemutar musik dan dapat didengarkan di aplikasi.

Keuntungan lain dari memindahkan rekaman suara ke musik adalah pemiliknya dapat mendengarkan semua file rekaman suaranya berulang-ulang secara otomatis. Ini akan menjadi teman yang menyenangkan bagi sebagian orang saat akan tidur atau saat sedang berjalan-jalan di luar. Bacalah penjelasan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk memindahkan rekaman suara ke musik berikut ini:

Memindahkan File Rekaman Suara ke Musik Menggunakan Layanan dan Aplikasi Konversi File

Aplikasi musik tidak benar-benar ‘menampilkan’ musik dan hanya melihat file musik yang kompatibel. Format yang digunakan oleh beberapa perekam suara tidak kompatibel dengan pemutar musik. Itulah sebabnya pemilik file tidak melihatnya dalam musik. Cara memindahkan rekaman suara ke musik yang terampuh adalah mengkonversikan file-file itu ke MP3. Ini dapat dilakukan menggunakan layanan dan aplikasi konversi file.

1. Menggunakan Apple Music di Mac atau iTunes di Windows

Cara konversi rekaman suara ke MP3 dengan menggunakan Apple Music di Mac sama persis dengan menggunakan iTunes di Windows. Selain mudah, cara ini juga dapat dilakukan secara offline. Namun jika file rekaman suara ada di smartphone maka pemiliknya harus menyalinnya ke Mac atau Windows terlebih dahulu. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Apple Music atau iTunes.
  • Arahkan mouse ke ‘Music’ dan klik ‘Preferences’
  • Klik ‘Import Settings’.
  • Klik menu di sebelah “Import Using” dan pilih ‘MP3 Encoder’ lalu klik ‘Oke’.
  • Pilih rekaman suara yang ingin dikonversikan di library.
  • Arahkan mouse ke ‘File’ dan ‘Covert’ lalu klik ‘Create MP3 Version’.
  • Setelah itu, versi MP3 akan muncul di sebelah file rekaman suara

2. Menggunakan Layanan Online

Pemilik file rekaman suara juga bisa mengkonversikan file-nya ke dalam bentuk MP3 melalui situs web converter audio. Salah satunya adalah https://online-audio-converter.com/id/. Caranya sangat mudah. Klik ‘Buka File’ dan pilih file rekaman suaranya. Tunggu sampai file terupload lalu pilih format MP3. Kemudian klik ‘Konversikan’. Setelah itu, akan muncul tombol ‘Unduh’ untuk mendapatkan file yang telah dikonversi ke dalam format MP3.

Memindahkan File Rekaman Suara ke Musik Secara Langsung

Selain dengan menggunakan layanan dan aplikasi konversi file, file rekaman suara juga dapat dipindahkan ke musik secara langsung dari perangkat. Sayangnya cara ini tidak terlalu efektif. Hal itu dikarenakan cara ini bisa saja tidak berhasil di beberapa perangkat, atau bahkan tidak bisa dimulai sama sekali.

1. Memindahkan File Rekaman Suara dari Folder Voice Recorder

Mungkin penyebab tidak terdeteksinya file rekaman suara sebagai musik adalah karena keberadaannya dalam folder voice recorder yang dianggap terpisah dari file musik lainnya. Jika benar itulah penyebabnya, maka cara untuk mengatasinya cukup mudah. Pindahkan saja file rekaman suara tersebut ke folder lain, seperti folder yang digunakan untuk menyimpan file musik.

2. Mengganti Nama File dan Eksistensinya

Beberapa smartphone mungkin menggunakan format file rekaman suara yang eksklusif. Misalnya, ponsel Samsung yang menggunakan file dengan ekstensi .3GP atau .3GA. Format ini mirip dengan format file musik. Namun terkadang ini tidak terdeteksi di pemutar musik.

Ganti nama file rekaman suara tersebut dan ganti ekstensinya dengan “.MP3”. Sebagian smartphone Android juga dapat melakukan penggantian nama sekaligus ekstensi file. Namun sebagian lainnya tidak. Jadi, pemilik file harus menyalin file rekaman suara tersebut dari smartphone ke komputer terlebih dahulu. Jika sudah diganti, baru salin lagi ke smartphone.

Nah, itulah tadi cara memindahkan rekaman suara ke musik. Pilih cara yang paling sesuai dan mudah digunakan. Namun biasanya yang paling ampuh adalah dengan mengkonversikan file rekaman suara ke dalam format MP3. Hal itu dikarenakan format MP3 adalah format yang biasanya digunakan dalam musik.