Cara Memindahkan File Google Drive ke Google Drive lain dengan Aman

By

'

Google Drive adalah layanan pelayanan yang memnungkinkan pengguna untuk menyimpan file. Namun. Google Drive ada batas kapasitas penyimpanannya. Sedangkan, jika ingin menambahkan kapasitasnya, pengguna harus merogoh kocek yang lebih dalam. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa mempelajari cara memindahkan file Google Drive ke Google Drive lain dengan gampang dan aman.

Cara tersebut banyak digunakan pengguna yang ruang penyimpanannya menipis dan telah habis karena lebih menghemat biaya dan file bisa dialihkan ke akun Google Drive lain denga aman. File yang akan dipindah akan di backup dan tersimpan tanpa kerusakan dan hilang. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memindahkan file akun Google Drive ke Google Drive lain:

1. Login ke Akun Google Drive

Langkah pertama untuk memindahkan file adalah dengan login ke akun Google Drive. Caranya adalah dengan mengetikkan email dan password. Lalu, pengguna akan diarahkan ke tampilan halaman awal Google Drive.

2. Pilih Drive dan File yang akan Dipindah

Langkah kedua adalah memilih ‘My Drive’ dan memilih file atau folder yang hendak dipindah ke akun Google Drive lain. Klik kanan dan pengguna akan ditampilkan beberapa opsi yang harus dipilih. Pilihlah ‘Share’ dan ‘Share with Others’. Pengguna akan diminta untuk mengetikkan akun Google Drive yang hendak dipindah.

3. Pilih Advance

Cara memindahkan file Google Drive ke Google Drive lain selanjutnya adalah dengan menekan  menu Advance. Selanjutnya, pilih ‘Send’ untuk membagikan file atau dokumen dengan akun Google Drive sekunder milik pengguna.

4. Jadikan sebagai Pemilik dengan Cara Merubah Perizinan ke Owner

Langkah selanjutnya adalah menekan ikon berbentuk pensil yang berada di pojok alamat email. Lalu, ubahlah perizinan menjadi pemilik dengan cara mengetuk Is Owner. Lalu, pilih ‘Save’ agar perubahan dan pengaturan yang telah dibuat pengguna tersimpan.

5. Untuk Mengkonfirmasi, Tekan Tombol Yes

Setelah menyimpan perubahan dengan cara menekan Save, maka pengguna akan diarahkan pada pemberitahuan untuk mengkonfirmasi keinginan memindahkan file dengan akun Google Drive lain. Maka, pengguna mengkonfirmasinya dengan cara menekan tombol Yes. Terakhir, pilih tombol Done atau selesai. Apakah langkah ini bisa dilakukan dengan lancar? Ikuti langkah berikutnya

6. Login ke akun Google Drive Lain

Langkah selanjutnya untuk memindah file adalah dengan login ke akun Google Drive lain. Caranya dengan mengetikkan email atau username dan password. Selanjutnya, yakni memilih file yang baru ditambah. Lalu, klik kanan, pengguna akan disuguhkan berbagai opsi yang harus dipilih. Jadi, tekan opsi ‘Make a copy’. Gampang, bukan?

7. Kembalikan ke Akun Google Drive Utama

Langkah terakhir untuk memindah file adalah dengan cara mengembalikannya ke akun Google Drive utama. Berikutnya, hapuslah semua file atau dokumen yang telah di pindahkan dan membuat salinannya. Cara ini dilakukan agar akun utama memiliki banyak kapasitas penyimpanan. File telah berhasil dipindahkan dengan gampang dan aman.

Sekedar informasi, akun Google Drive didukung kapasitas penyimpanan hingga 15 GB untuk menyimpan berbagai jenis file. Sehingga, jika menginginkan kapasitas lebih besar, pengguna harus membelinya dengan harga yang lumayan.

Itulah tutorial lengkap cara memindahkan file Google Drive ke Google Drive lain yang gampang dilakukan dengan cara mengikuti langkah-langkahnya dari awal hingga akhir.Usahakan telah memiliki akun Google Drive sekunder agar proses pemindahan file dapat dilakukan dengan lancar, cepat, dan tanpa hambatan. Cara tersebut digunakan pengguna sebagai alternatif solusi akun Google yang habis ruang penyimpanannya.