Cara Membuat Video Tutorial di HP dengan Aplikasi Android

By

Berbekal aplikasi android, Anda sudah bisa membuat berbagai macam jenis video yang keren dan menarik. Apalagi jika anda ingin membuat video tutorial, tentu bis banget membuatnya dengan menggunakan aplikasi berbasis android. Bagaimana cara membuat video tutorial?

Membuat video tutorial dengan menggunakan HP sekarang ini sangat mudah sekali, ada banyak kok aplikasi android yang dapat anda gunakan dan manfaatkan dengan baik.

Nah di artikel ini akan saya jelaskan bagaimana proses pembuatan video tutorial dengan menggunakan HP. Silahkan simak dengan baik.

Cara Membuat Video Tutorial di HP

Ada beberapa aplikasi yang harus Anda siapkan. Aplikasi wajibnya adalah perekam layar untuk smartphone Android yang bisa Anda unduh dengan gratis di Play Store. Berbeda dengan iPhone yang mana sudah disediakan rekaman layar dalam bentuk video, di sini karena ponsel Anda Android kalian harus mengunduh aplikasi dulu.

Aplikasi ini berukuran kecil, tidak terlalu memakan tempat, jadi bukan masalah besar untuk Anda menyempatkan waktu sebentar dengan mengunduhnya di PlayStore.

Aplikasi sejenis perekam layar sangatlah banyak, namun sebagai saran Anda bisa mengunduh ‘Screen Recorder’. Untuk selengkapnya, Anda bisa mengikuti cara berikut:

1. Mulai dengan Merekam Video

Aktifkan aplikasi ‘Screen Recorder’nya dulu. Caranya sama seperti saat Anda akan merekam video pada kamera ponsel. Cuma di sini Anda melakukannya di aplikasi Screen Recorder.

Anda buka aplikasinya, kemudian anda klik pada menu gambar camera. Setelah itu lakukan perekeman video.

2. Mulai Tutorial Anda

Langkah selanjutnya, gerakkan saja layar Anda sesuai dengan tutorial yang ingin Anda sampaikan ke penonton.

Saat mulai melakukan ‘tutorial’, Anda bisa memilih dengan sambil bersuara, atau hanya diam. Maksudnya adalah, sambil menunjukkan, sembari pula Anda menjelaskan.

Namun dalam beberapa jenis video tutorial, ada juga yang memilih diam. Dan menyematkan tulisan seperti ‘Klik ini ya Gaes’ untuk memperjelas penonton apa yang saat itu harus dilakukan.

Tapi akan lebih baik jika Anda bersuara, dan sangat sangat baik saat Anda memasukkan suara Anda setelah proses perekaman Anda selesai. Tujuannya apa? Yaitu menghindari gugup, menghindari suara bising yang tiba-tiba muncul, atau menghindari kehilangan kalimat secara tiba-tiba.

3. Mulai dengan editing

Setelah perekaman layar selesai, sekarang saatnya masuk ke proses editing. Di sini Anda membutuhkan bantuan aplikasi. Jika Anda mau total dengan mengeditnya di smartphone juga, Anda bisa mengunduh aplikasi edit video seperti Power Director, KineMaster, Viva Video dan sebagainya.

Tapi lebih baik Anda menggunakan Power Director karena ia cocok untuk kalian yang masih pemula sampai yang sudah pro. Saat editing ini, apa saja yang harus dilakukan?

  • Memotong bagian-bagian yang tidak penting atau bagian-bagian yang salah
  • Memasukkan editan lain seperti text, suara, dan pendukung penjelas lainnya
  • Anda bisa memasukkan musik jika ingin menghilangkan kebosanan karena tutorialnya terlalu biasa
  • Dan menentukan durasi video yang pas itu berapa supaya penonton tidak lama menunggu

4. Simpan video Anda dan upload

Selamat, Anda telah berhasil membuat video tutorial yang baik dan benar. Mudah dan cepat bukan? Sekarang anda tinggal upload video tersebut ke berbagai media yang anda inginkan seperti upload ke Youtube, Facebook ataupun yang lainnya.

Itulah cara membuat video tutorial di HP dengan mudah. Bagi kalian yang ingin memilih video tutorial dengan suara, agar suara lebih jernih, Anda bisa mengaturnya juga dengan bantuan aplikasi bernama WavePad.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.