Cara Membuat RAB Jalan, Acara, Organisasi & Biaya Usaha

Cara Membuat RAB Jalan, Acara, Organisasi & Biaya Usaha

Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan sebuah metode perencanaan pembiayaan sebuah kegiatan mulai dari tahapan awal hingga tahapan akhir. Gagal nya sebuah acara dan kegiatan tertentu karena tidak menggunakan cara membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) dengan baik.

Dalam proses pembangunan jalan, melaksanakan kegiatan acara, kegiatan organisasi ataupun rencana usaha perlu dibuatkan RAB nya terlebih dahulu.

Tujuan pembuatan RAB

Tujuan dari pembuatan RAB adalah agar acara dan kegiatan tertentu bisa berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah pembiayaan yang berarti. Adapun berbagai tujuan pembuatan RAB lainnya adalah:

  1. Agar pembiayaan kegiatan tidak terhambat
  2. Bisa memprediksi besar kecilnya biaya yang diperlukan
  3. Menganalisa kebutuhan dana awal tengah dan akhir
  4. Mengetahui berbagai beban yang akan di tanggung selama berlangsungnya acara
  5. Agar kegiatan berjalan secara ter-struktur dan terencana

Bagaimana cara menyusun RAB?

Pada dasarnya membuat RAM (Rencana Anggara Biaya) tidaklah sulit. Anda bisa membuatnya bersama-sama dengan anggota acara atau kegiatan tertentu yang akan melangsungkan acara.

Dilihat dari jenisnya ada banyak jenis RAB yang bisa di buat. Setiap jenis RAB yang akan dibuat maka proses pembuatan RAB nya pun berbeda-beda.

A. Cara membuat RAB jalan

Ketika mendapat sebuah proyek pengerjaan jalan, maka tidak akan terlepas daripada pembuatan rencana pembiayaan yang harus dilakukan. Tujuannya tentu agar proses proyeksi jalan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan biaya dan lain sebagainya.

Membuat RAB juga bisa meningkatkan standar kualitas jalan yang akan di bangun. Pemilihan material akan dilakukan pada proses pembuatan RAB karena berbarengan dengan menghitung besarnya biaya.

Membuat RAB (Rencana Anggara Biaya) jalan hanya perlu memperhatikan 3 bagian saja yaitu Bahan, alat dan tenaga.

1. Tentukan kebutuhan biaya bahan

Hal pertama yang harus anda hitung adalah kebutuhan bahan yang akan digunakan untuk melakukan proyek pembangunan jalan. Hitung semua kebutuhan bahan yang akan digunakan dalam proyek pengerjaan jalan.

2. Tentukan kebutuhan biaya alat

Proyek pembangunan jalan tentu membutuhkan berbagai jenis alat yang akan digunakan. Mulai dari alat-alat sederhana hingga alat berat. Berbagai alat yang biasa digunakan dalam proyek pengerjaan jalan diantaranya seperti operator alat, bahan bakar, alat angkut dan lain sebagainya.

3. Hitung biaya pegawai

Hitung seluruh kebutuhan pegawai yang akan digunakan dalam proyek pembangunan jalan. Biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan standar biaya buruh di wilayah tersebut.

Baca juga: Cara bikin laporan keuangan UKM

B. Cara membuat RAB acara

Jika anda akan mengadakan sebuah acara, baik acara kegiatan kampus, osis, karang taruna, acara pernikahan ataupun yang lainnya. Anda tentu harus membuat RAB (Rencana Anggara Biaya) terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda akan membuat RAB (Rencana Anggara Biaya) acara:

1. Hitung biaya alat

Setiap acara pasti membutuhkan berbagai jenis alat yang akan digunakan. Jenis-jenis alat yang digunakan tentu bervariatif tergantung dari jenis acara yang akan dilangsungkan.

2. Hitung biaya gedung atau tempat

Ketika anda mengadakan acara tentu anda membutuhkan sebuah tempat yang cocok dan bagus. Nah untuk membuat RAB nya anda harus hitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan tempat acara.

3. Hitung biaya panitia

Dalam sebuah acara tentu memiliki panitia acara. Sudah barang tentu panitia harus di bayar. Adapun jika jasa mereka gratis dan tidak di bayar pasti ada uang beli minum, snack dan lain sebagainya.

4. Hitung biaya tamu undangan

Jika anda membuat acara tertentu yang meriah, maka biasanya suka mengundang orang tertentu. Baik itu artis, pemain musik ataupun yang lainnya. Nah semua itu tentu butuh biaya yang khusus.

5. Hitung biaya konsumsi

Dalam sebuah acara tentu tidak akan terlepas daripada konsumsi. Maka dari itu, anda harus menghitung berapa kebutuhan konsumsi untuk menyelenggarakan acara tersebut.

C. Cara membuat RAB kegiatan organisasi

Ketika sebuah organisasi membuat acara maka terlebih dahulu harus membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya). Semua organisasi baik yang ada di sekolah, kampus, lembaga pemerintahan, organisasi masyarakat, idealnya ketika akan melangsungkan kegiatan maka mereka harus membuat RAB terlebih dahulu.

Cara bikin RAB untuk kegiatan organisasi tidaklah begitu sulit dilakukan. Berikut adalah tahapan dan prosesnya.

1. Tentukan sumber pendapatan

Organisasi tentu tidak memiliki uang pendapatan khusus. Untuk membuat sebuah acara mereka harus mencari sumber dananya terlebih dahulu. Hal ini juga akan berdampak pada pembuatan RAB nantinya.

2. Tentukan biaya pengadaan tempat

Ketika sebuah organisasi mengadakan sebuah kegiatan, maka akan membutuhkan tempat yang akan di gunakan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Dalam mempersiapkan tempat juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

3. Hitung biaya alat

Anda juga tentu akan membutuhkan sebuah alat atau perangkat tertentu untuk mendukung kesuksesan sebuah acara. Nah berbagai alat yang anda butuhkan tentu harus disewa.

4. Hitung biaya bintang tamu

Jika anda akan mengadakan acara yang mengundang bintang tamu tertentu maka pihak organisasi harus mempertimbangkan dan menghitung besaran biayanya juga.

5. Hitung biaya konsumsi

Ketika sebuah organisasi menyelenggarakan sebuah acara tentu harus menghitung kebutuhan konsumsi dia cara tersebut. Cara membuat RAB konsumsi acara organisasi sangat mudah.

Contoh RAB biaya konsumsi acara organisasi adalah sebagai berikut:

[table id=6 /]

Baca juga: Cara bikin laporan kegiatan kampus yang benar

D. Cara membuat rencana anggaran biaya usaha

Bukan hanya melakukan kegiatan saja yang butuh RAB, ketika anda berencana membuat sebuah usaha maka anda juga harus membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terlebih dahulu.

Secara sederhana, RAB dalam mendirikan sebuah usaha akan meliputi 4 hal yaitu:

Untuk lebih jelas dan lebih detail nya, mari kita bahas satu persatu hal tersebut.

1. Hitung anggaran bahan baku produksi

Pertama anda harus memperhitungkan anggaran bahan baku yang akan anda gunakan untuk kelangsungan usaha anda. Dalam pengadaan bahan baku anda juga harus memperhatikan berbagai aspek.

Ketersediaan bahan baku dapat mempengaruhi harga pasar, dan mahal nya mahal baku. Disamping itu, kuantitas pembelian bahan baku juga berdampak pada mahal atau murah nya bahan baku yang anda anda bei. Anda harus memperhitungkan dengan baik hal ini.

Bahan baku yang berkualitas memiliki rentang harga yang lebih mahal ketimbang bahan baku yang biasa saja. Anda harus menentukan dengan bijak kualitas bahan baku yang akan anda gunakan.

ketika anda membeli bahan baku maka anda juga harus memperhitungkan biaya jasa angkutan nya. Namun hal ini bisa anda atasi jika anda memiliki angkutan sendiri jadi anda tidak perlu jasa angkutan lain.

Agar bahan baku yang anda beli tetap berada pada level kualitas terbaik nya, maka anda harus memperhitungkan biaya perawatannya dengan baik. Baik dari sisi penyimpanan dan juga hal lainnya untuk menjaga bahan baku tetap bagus.

2. Hitung biaya anggaran produksi

Jika bisnis anda adalah bisnis yang bergerak di bidang produksi maka anda harus memperhitungkan biaya produksinya. Ada berbagai hal yang harus anda hitung diantaranya:

Pertama anda harus mempersiapkan alat-alat produksi yang akan anda gunakan. Alat produksi ini tentu bergantung pada jenis produksi yang akan anda lakukan. Harga alat produksi juga tergantung dari jenis alat yang anda gunakan.

Setiap alat yang anda gunakan untuk menjalankan proses produksi tentu harus anda rawat dengan baik. Nah anda tentu haru memperhitungkan juga biaya perawatannya.

Baca juga : Cara bikin neraca saldo perusahaan

3. Hitung biaya pemasaran

Kesuksesan usaha anda akan bergantung pada cara promosi yang anda lakukan. Semakin bagus promosi yang anda lakukan, maka semakin bagus pula perkembangan usaha anda.

Ada berbagai jenis pemasaran yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah seperti:

Pertama anda bisa melakukan pemasaran secara digital. Anda bisa membuat website atau pasang produk di berbagai marketplace. Pemasaran digital ada yang bersifat gratis dan ada juga yang berbayar. Jika anda ingin lebih bagus maka anda bisa pilih yang berbayar.

Agar usaha bisa berkembang dengan baik maka anda harus membuat rencana pembiayaan untuk beriklan baik iklan di televisi, koran ataupun media lainnya.

Ketika anda memasarkan produk anda di pasar tradisional anda juga harus memperhitungkan biaya pemasaran nya, seperti sewa ruko perizinan dan lainnya.

4. Hitung biaya pegawai

Jika anda tidak bisa menjalankan usaha anda sendiri dan membutuhkan karyawan maka cara membuat RAB nya harus di masukkan biaya belanja pegawai.

Biaya pegawai ini tergantung dari lokasi dimana anda menjalankan usaha tersebut. Namun, dimanapun anda menjalankan usaha tersebut pastikan gaji pegawai sesuai standar pemerintah setempat.