√ Panduan Cara Membuat Pidato Singkat +5 Contoh [Lengkap]

By

Cara membuat pidato singkat itu sebenarnya susah-susah gampang. Jika kamu sudah terbiasa bicara di depan umum, kamu bisa membuatnya dengan mudah. Kamu tinggal menentukan topik, membuat kerangka pidato, mengembang kerangka, edit dan sesuaikan gaya bahasa pidato dengan gesture tubuh kamu, selesai.

Sesederhana itu? YA memang sesimpel itu membuat pidato. Hanya saja dalam praktiknya ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dengan baik, agar isi pesan dalam pidato bisa tersampaikan dengan baik.

Mulai dari cara penguraian materi pidato, kesesuaian dan pemilihan kata jadi bagian penting yang harus kamu perhatikan.

Walau pidato yang kamu buat itu singkat, dan tidak memakan waktu lama, namun materi pidato harus dibuat selengkap mungkin. Agar pesan tersampaikan dengan baik kepada audience.

Lantas bagaimana cara membuat pidato singkat yang benar dan baik agar bisa menyampaikan pesan dengan tepat? Jika kamu saat ini memang ingin membuat pidato singkat tersebut, maka artikel ini akan jadi panduan yang tepat.

Apa Itu Pidato Singkat?

Cara Membuat Pidato Singkat
Cara Membuat Pidato Singkat

Pidato adalah orasi atau bicara di depan orang banyak dalam rangka menyampaikan pendapat, ajakan ataupun hal tertentu berupa ajakan, instruksi ataupun hal lainnya yang bersifat formal.

Sedangkan pidato singkat merupakan sebuah pidato yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas guna menghemat waktu. Walau singkat, informasi yang disampaikan harus tertangkap dengan baik oleh audience.

Biasanya orang yang berpidato merupakan orang yang dianggap penting di dalam sebuah organisasi atau kelompok orang atau masyarakat tertentu, seperti presiden, Lurah, RT, RW, Camat ataupun lainnya.

Dalam proses pembuatannya, pidato singkat harus dibuat dengan baik. Dari sisi bahasa, pemilihan kata hingga penguraian materi haruss dilakukan dengan baik.

Kerangka Naskah Pidato Singkat:

  • Pembuka Pidato. Pembuka pidato berupa ucapan salam, ucapan rasa syukur, ucapan rasa hormat serta pengantar pidato
  • Isi Pidato. Isi ari pidato biasanya menjelaskan materi pidato dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami secara detail dan lengkap
  • Penutup Pidato. Penutup berisi kesimpulan pidato, penyampaian rasa terima kasih, permohonan maaf dan salam penutup

Ciri Ciri Naskah Pidato Singkat yang Baik:

  • Menguraikan materi dengan detail dan lengkap
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga pesan mudah ditangkap audience
  • Memiliki tujuan jelas
  • Bernilai positif
  • Dapat menambah wawasan audience
  • Memberikan informasi yang penting
  • Terdapat kesimpulan di akhir pidato

Kriteria Pidato Singkat yang Baik:

  • Isi pidato relate dengan acara yang berlangsung
  • Bahasa pidato sederhana, sopan dan mudah dipahami audience
  • Isi pidato bermanfaat dan tidak menimbulkan perdebatan dan pertentangan dari etnis tertentu

Cara Membuat Pidato Singkat yang Menarik

 Cara Membuat Pidato Singkat

Cara membuat pidato singkat ini sebenarnya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan membuat pidato lain pada umumnya. Hanya saja, dalam membuat pidato singkat ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

Seperti, dari penguraian materi, pemilihan kata dan perhitungan waktu yang akan digunakan. semua itu harus diperhatikan dengan baik.

Membuat pidato singkat ini, secara sederhana di bagi 3 bagian yaitu, pembuka, isi dan penutup. Berikut penjelasan selengkapnya:

Buat Pembuka Pidato

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembuka pidato ini berisi ucapan salam, ucapan syukur dan ucapan terima kasih kepada hadirin dan tamu undangan yang sudah berkenan hadir di acara tersebut.

Selain itu, ada bahan pengantar dari pidato yang akan kamu sampaikan kepada hadirin yang hadir di acara tersebut. Jika kamu bingung? Biar tidak bingung, kamu bisa ikuti langkah berikut untuk membuat pembuka pidato:

  • Tuliskan Salam. Salam pembuka ditulis sesuai dengan keyakinan dan lingkungan tempat berpidato), jika muslim maka ucapkan salam “Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
  • Tuliskan Ucapan Syukur. Boleh ditulis dalam bahasa Arab ataupun dengan bahasa Indonesia sesuai dengan ruang lingkup tempat berpidato. Contohnya: “Alhamdulillah, rasa syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Berkat kudrat dan iradatnya kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiat tak kurang suatu apa pun. Tidak lupa juga shalawat dan salamnya Allah semoga tetap ter curahkan ke baginda nabi Muhammad SAW”
  • Tulis Ucapan Hormat. Sapa hormat kepada tamu undangan yang hadir baik dari pemerintahan ataupun instansi terkait. Contohnya: “Saya ucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan sedikit materi. Salam hormat kepada bapak bupati dan stafnya, pak camat dan jajarannya, pak lurah serta hadirin sekalian yang sudah hadir di tempat ini”.
  • Tulis Materi Pengantar Pidato. Tuliskan pengantar atau pembuka pidato yang akan membuat clue atau hal yang bisa audience paham dengan isi pidato yang akan disampaikan. Contohnya: “Kita semua tahu bahwa teknologi internet sekarang ini memang sudah tak dapat lagi kita bendung. Jika kita tidak siap, maka kita akan sangat ketinggalan. Dalam menyikapinya, kita perlu langkah, cara dan strategi yang tepat. Untuk itu, saya akan sedikit membahasnya sedikit di kesempatan ini”

Uraikan Isi Pidato Secara Singkat

Bagian isi adalah bagian paling penting dalam berpidato. Dalam penguraian materi pidatonya, kita harus memperhatikan keseluruhan ari materi pidato yang akan kita sampaikan.

Dalam proses cara membuat pidato singkat khususnya bagian isi ini harus dibuat dalam bentuk poin-poin bahasan. Tujuannya, agar materi tersampaikan dengan baik dan terperinci. Langkah-langkah cara membuat isi pidato singkat, sebagai berikut:

  • Buat poin-poin bahasan. Rincikan setiap poin yang akan di bahas saat berpidato. Misalnya: Poin 1: Dampak teknologi internet, Poin 2: Pemanfaatan internet, Poin 3: Langkah-langkah strategis pemanfaatan teknologi internet
  • Buat Uraian Lengkap Materi. Uraikan setiap poin dengan baik, detail dan lengkap disertai dengan contoh agar audience paham
  • Lengkapi dengan Data. Jangan terlewat, pada saat membuat penjelasan atau isi pidato, gunakan data yang lengkap dan valid. Jangan asal mengarang karena bisa menimbulkan perspektif lain atau bisa menimbulkan perdebatan

Buat Penutup Pidato yang Menarik

Penutup pidato berisi kesimpulan yang dilengkapi dengan data valid dan penjelasan singkat serta salam penutup.

  • Buat Kesimpulan. Simpulkan isi dari materi pidato yang disampaikan. Jangan lupa untuk menggunakan data yang valid supaya tidak menimbulkan perdebatan dan tanda tanya besar
  • Tulis Salam Penutup. Tulis permohonan maaf, salam penutup dan disertai ucapan terima kasih. Contoh: “Demikian pidato saya, semoga bermanfaat, maaf jika ada kesalahan penyampaiannya, wassalamualaikum warahmatullah, wabarokatuh

Persiapan Sebelum Berpidato

 Cara Membuat Pidato Singkat

Sebelum mulai melaksanakan pidato, orator atau orang yang berpidato harus melakukan beberapa persiapan. Tidak sedikit orang yang gaga saat berpidato karena kuangnya persiapan sebelum mulai pidato.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum mulai berpidato, yaitu:

  • Menguasai Isi Pidato dengan Baik

Pastikan kamu sudah menguasai isi dari pidato dengan baik. Bahkan kamu tidak perlu membaca teks saat berpidato. Penguasaan terhadap materi pidato ini merupakan hal yang wajib dipahami oleh setiap orator.

Agar bisa paham dengan baik, maka bacalah sesering mungkin pidato yang sudah ditulis. Jangan lupa, praktikan depan cermin agar kamu bisa melihat dirimu sendiri. Sehingga kamu bisa lebih percaya diri saat pidato.

  • Mental Sudah Siap dan Percaya Diri

Tidak hanya itu, kamu juga harus mempersiapkan mental yang kuat. Karena saat berpidato, kamu akan dihadapkan dengan banyak orang. Jika kamu grogi, maka materi yang kam persiapkan bisa tidak tersampaikan dengan baik.

Untuk mencairkan suasana, maka kamu harus mempelajari sedikit humor. Bukan hanya dapat menghilangkan rasa canggung grogi saja, humor juga merupakan salah satu cara berpidato yang baik dan tidak membosankan.

Karena audience akan merasa terhibur dan lebih seru saat mendengar pidato kamu. Suasana akan lebih mudah dicairkan.

  • Isi Pidato Bermanfaat dan Tidak Menimbulkan Pertentangan

Jangan lupa, cek kembali isi dari pidato. Pastikan pidato yang kamu buat tidak menimbulkan perpecahan dan pertentangan dari etnis atau kelompok tertentu. Karena akan sangat berbahaya sekali jika sampai demikian.

  • Menggunakan Kata Kata Sederhana yang Mudah Dipahami

Pilih dan gunakan kata-kata sederhana yang mudah untuk dicerna oleh audience. Tujuannya, agar audience bisa menangkap isi dari pidato yang disampaikan dengan lebih mudah.

Daftar Contoh Pidato Singkat Berbagai Tema

 Cara Membuat Pidato Singkat

Untuk lebih mudah memahami cara membuat pidato singkat ini, berikut saya berikan beberapa contoh pidato singkat yang menarik dalam beberapa jenis. sehingga kamu bisa lebih mudah memahami cara membuatnya.

Di sini saya tuliskan 6 contoh pidato singkat dari beberapa jenis pidato. Buat kamu yang sedang ingin belajar cara membuat pidato singkat, maka berikut ini adalah contohnya:

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan dari Karang Taruna

Assalamualaikum Wr. Wb,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Berkat kuasanya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. 

Hadirin yang saya hormati,

Di kesempatan kali ini, saya ingin  menyampaikan tentang pentingnya kebersihan bagi kehidupan kita dalam bermasyarakat. Sebagaimana hal ini juga menjadi anjuran dari Allah SWT yang tertulis dalam Alquran, “Allah itu maha bersih dan mencintai hambanya yang bersih”.

Selain itu, dijelaskan pula dalam Hadits nabi  Muhammad SAW  yang artinya: “Kebersihan itu sebagian dari iman”

Selain dianjurkan dalam Alquran dan Hadits nabi, kebersihan juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan kehidupan kita. Dengan menjaga kebersihan, maka kita bisa hidup dengan nyaman, sehat dan jauh dari berbagai penyakit berbahaya.

Rusaknya alam, seperti datangnya banjir, lingkungan yang kumuh adalah ulah manusia yang sangat malas sekali menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Akibatnya, kita juga yang dirugikan.

Hadirin Sekalian,

Maka dari itu, marilah kita jaga kebersihan dengan baik. Bukan untuk orang lain, melainkan untuk diri kita sendiri. Tidak perlu langsung ke lingkungan sekitar, kita bisa mulai dari diri kita sendiri atau dari rumah kita sendiri. 

Dengan menjaga kebersihan diri kita sendiri, secara otomatis kita dapat mempengaruhi anak, keluarga, atau bahkan tetangga untuk bisa saling peduli terhadap kebersihan. 

Hingga pada akhirnya dapat menciptakan  lingkungan yang bersih, asri, lebih enak dan jauh lebih nyaman. 

Hadirin Sekalian, 

Demikianlah pidato singkat saya tentang pentingnya kebersihan bagi kehidupan. Semoga setelah ini, kita semakin peduli terhadap kebersihan, mulai dari diri kita sendiri. Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Ajakan Disiplin oleh Ketua Osis

Assalamualaikum Wr.WB.

Hadirin sekalian, mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT.  Alhamdulillah, dalam kesempatan kali ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat walafiat.

Di kesempatan kali ini, saya sebagai ketua OSIS ingin menyampaikan beberapa pesan terkait masalah kedisiplinan di sekolah. Karena seperti yang tercantum dalam janji siswa dan tata tertib sekolah, kedisiplinan merupakan salah satu bagian penting dari tugas kita sebagai siswa. 

Mulai dari organisasi OSIS terlebih dahulu, saya ingin mengajak kepada rekan-rekan semua mulai dari anak kelas 10 hingga anak kelas 12 untuk meningkatkan dan memperhatikan kedisiplinannya.

Mulai dari menaati jam masuk sekolah, berpakaian yang rapi, selalu mengerjakan tugas, aktif dalam organisasi kesiswaan dan lain-lain. 

Kedisiplinan ini bukan untuk orang lain teman-teman, melainkan untuk kita sendiri. Maksud dan tujuan sekolah menerapkan disiplin sebagia salah satu aturannya adalah untuk membentuk  kita sebagai siswa-siswinya menjadi pribadi yang disiplin. 

Agar setelah lulus bisa, menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi berbagai persaingan hidup. Baik jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun di dunia kerja. 

Demikian pidato saya terkait masalah kedisiplinan, semoga teman-teman semua bisa memahami isi pidato saya. Terlebih bisa melaksanakan ajakan saya tersebut untuk selalu berdisiplin. 

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.WB. 

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Selamat pagi, bapak kepala sekolah dan ibu, bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, berkat kuasanya kita dikumpulkan dalam ruangan ini dalam keadaan sehat.

Bapak/ibu guru dan teman-teman yang saya cintai, lingkungan sekolah merupakan bagian dari kita. Sudah seharusnya kita menjaga lingkungan sekolah kita dengan baik.

Lingkungan sekolah menjadi identitas yang akan mencerminkan orang kita semua. Lingkungan yang nyaman akan menunjukkan identitas yang baik dan budaya sekolah yang baik, begitupun sebaliknya.

Apabila lingkungan sekolah tidak enak dilihat, sampah berserakan di mana-mana, dinding tercoret-coret, sungguh akan sangat tidak elok sekolah kita apabila dilihat oleh warga sekitar ataupun sekolah lain.

Sekolah menjadi rumah kedua, di mana tempat kita belajar, bermain hingga bertemu dengan teman-teman dan guru setiap hari. Maka, sudah sepantasnya kita jadikan rumah kedua ini sebagai tempat terbaik yang harus kita rawat.

Dalam rangka menjaga dan memelihara lingkungan sekolah, seperti biasa kita harus menjaga kedisiplinan piket kelas, membersihkan halaman depan kelas dan disiplin untuk tidak mencoret-coret tembok sekolah.

Terlebih, di OSIS ada program reboisasi sekolah setiap 3 bulan sekali sebagai bentuk kepedulian siswa akan penampilan sekolah yang lebih asri dan nyaman. Kita sukseskan program tersebut bersama OSIS dan kesiswaan.

Di samping itu, selalu patuhi juga aturan sekolah terkait dengan kebersihan dan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Jaga sopan santun dan selalu untuk tidak berkata kotor dan tidak buang sampah sembarangan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pesan. Jika ada salah kata, mohon di maafkan. Terima kasih.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr.WB,

Yang saya hormati, ketua Yayasan.

 Yang saya hormati, kepala sekolah.

Yang saya hormati ibu dan bapak guru dan siswa siswi MA Alhikmah 01 Talegong Garut. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena kuasanyalah kita dikumpulkan dalam ruangan ini dalam keadaan sehat. 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini kita masuk di era globalisasi dan industri 4.0. Di mana, kita akan dihadapkan dengan persaingan global yang sangat berat. Jika SDM kita tidak mencukupi, maka bersiaplah untuk menjadi yang terbelakang.

Dalam hal ini, pendidikan memiliki peranan yang sangat penting sekali untuk menunjang terciptanya SDM yang bagus dan siap bersaing. Sekolah menjadi pusat pelatihan dan pembentukan SDM berkualitas yang kita semua harapkan.

Untuk mencapai hal tersebut, ada banyak pilar yang harus kita capai. Mulai dari perombakan metode dan proses belajar mengar hingga saranan dan prasarana yang ada di sekolah.

Bukan hanya harus lengkap dan canggih, melainkan guru dan siswa harus lebih kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih enak dan nyaman.

Sekolah juga butuh perhatian khusus baik dari pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, masyarakat sebagai elemen pendidikan terkait hingga orang tua siswa sendiri. 

Bagian terpenting untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan membentuk SDM yang bagus adalah sekolah dan guru. Keduanya harus dapat bersinergi dengan baik guna bisa mencapai tujuan pendidikan dengan baik.

Harapan saya, semoga sekolah dan guru bisa bergerak dengan baik untuk membentuk karakter siswa yang baik, berbudi pekerti luhur serta berpengetahuan luas. 

Sekian sambutan pidato dari saya, mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.    

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb,

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga bisa berkumpul di sini dalam keadaan baik.

Kali ini saya ingin menyampaikan pidato tentang “Sikap Terbaik Menghadapi Covid-19”. 

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pandemi ini, masih berlangsung di negeri kita. Setahun lebih sudah usia pandemi ini berlangsung. Hal ini menyebabkan kelumpuhan di banyak sektor mulai dari pendidikan, keamanan hingga perekonomian yang kian hari kian memprihatinkan.

Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi pandemi ini. Walau belum ada hasil hingga saat ini. 

Dalam hal ini, perlu dilakukan langkah kongkret yang juga perlu kita lakukan sebagai warga negara untuk membantu menyukseskan pemberantasan dan mengakhiri masa pandemi ini. 

Selain itu, yang langsung merasakan dampak dari berbagai kebijakan pemerintah terkait pandemi ini juga adalah kita sebagai warga negara.  Jika kita tidak bisa ambil sikap maka kita akan semakin kesulitan jalani hidup.

Sikap terbaik untuk menyikapi masalah pandemi ini adalah dengan cara mengikuti anjuran pemerintah dan selalu menjaga kesehatan dan tidak sembarangan keluar rumah. 

Bagi yang memiliki bisnis, kini saatnya Anda mengubah strategi bisnis dengan baik. Karena keadaan seperti ini entah sampai kapan akan berlangsung. Dalam ketidakpastian ini kita sebagai bisnismen harus dapat ambil sikap secara tegas dan pasti.

Bagi para pekerja, kini saatnya Anda mengembangkan bakat dan skill yang Anda miliki. Karena mencari pekerjaan di era pandemi seperti sekarang bukanlah hal mudah.

Kata terakhir, himbauan saya kepada teman-teman dan hadirin. Tetaplah selalu menjaga protokol kesehatan dan jangan coba-coba bantah anjuran pemerintah. Agar program mereka bisa berjalan lancar dan pandemi segera berakhir.

Semakin bandel Anda menyikapi pandemi ini, maka akan semakin betah pandemi ini berada di sini. 

Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada salah-salah kata. Saya berharap, semua bisa menjalankan imbauan saya ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.  

Kesimpulan

Dari uraikan di atas dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya cara membuat pidato singkat itu sama seperti membuat pidato lain pada umumnya. Hanya saja, pidato singkat ini terbatas banget waktunya.

Poin-poin bahasan perlu dikerucutkan sehingga pendengar atau audience bisa menangkap dengan baik issi dari pidato singkatnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.