2 Cara Membuat Nomor Otomatis di Microsoft Excel

By

'

Ketika membuat sebuah tabel data pasti memerlukan nomor urut di dalamnya, biasanya untuk membuat nomor urut dilakukan secara manual dengan mengetikkan angkanya satu persatu. Tentu dengan cara tersebut pengerjaan membuat tabel akan semakin lama, terlebih lagi jika memliki data yang cukup banyak.

Sebenarnya Microsoft Excel sendiri sudah menyediakan fitur yang sangat berguna agar membuat nomor menjadi sangat mudah. Buat kamu yang belum tau bagaimana caranya, pada kali ini Carapedi akan membagikan Cara Membuat Nomor Otomatis di Microsoft Excel. Dengan cara ini membuat pengerjaan membuat tabel menjadi cepat dan mudah.

Cara Membuat Nomor Otomatis Di Microsoft Excel

1. Menggunakan Fitur Auto Fill Excel

Cara yang pertama kamu bisa mengunakan fitur auto fill, dengan auto fill kamu dapat membuat nomor urut secara otomatis. Untuk menggunakan fitur auto fill ini sangat mudah. Simak berikut langkah – langkahnya.

  • Buka Microsoft Excel
  • Untuk contoh kita akan menggunakan sel A1 dan A2, kamu ketik angka 1 pada sel A1 dan 2 pada sel A2
  • Selanjutnya kamu blok sel A1 dan A2, kemudian arahkan kursor ke pojok bawah kanan sel A2 hingga pointer berubah menjadi tanda plus hitam (+)
1 22
  • Kemudian kamu klik kiri pada mouse dan tahan, lalu drag atau tarik ke bawah ke baris yang kamu inginkan dan lepaskan klik kirinya.
2 21
  • Setelah itu akan muncul nomor secara berurutan
3 15

Dengan cara ini akan cocok untuk membuat tabel data yang membutuhkan nomor urut tidak terlalu banyak seperti data absen siswa. Selain menggunakan fitur Auto Fill terdapat cara lain yang bisa kamu coba untuk membuat nomor secara otomatis. Simak cara berikutnya.

2. Menggunakan Menu Fill Excel

Dengan menggunakan menu yang satu ini akan sangat cocok jika untuk membuat nomor pada tabel yang memiliki baris data dengan jumlah sampai ratusan bahkan ribuan. Untuk cara menggunakannya kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Sama seperti cara di atas kita akan menggunakan sel A1 sebagai contoh. Ketik angka 1 pada sel A1 kemudian pilih sel tersebut
4 12
  • Selanjutnya pilih tab HOME, lalu pada Editing kamu klik Fill dan klik Series.
6 7
  • Kemudian akan muncul Option Box Series
7 3
  • Pada langkah ini, kamu bisa pilih Columns jika ingin membuat nomor urut secara otomatis ke arah bawah, namun jika ingin membuat nomor urut ke arah kanan kamu bisa plih Rows.
  • Untuk bagian type kamu plih Linear dan pada bagian Step Value kamu bisa isi angka 1
  • Pada bagian Stop Value kamu bisa isi dengan nomor terakhir yang diinginkan. Untuk contoh kita isi 500.
8
  • Setelah itu klik OK, dan kamu sudah membuat nomor urut secara otomatis hingga 500.

Menu Fill ini bisa kamu gunakan untuk membuat penomoran hingga ribuan atau lebih. Sehingga akan sangat mudah dan cepat ketika melakukan penomoran pada tabel.

Nah itulah dia beberapa cara membuat nomor otomatis di Microsoft Excel dengan sangat mudah. Dengan menggunakan cara di atas kamu dapat membuat tabel data lebih cepat.