Cara Membuat Magnet Dengan Mudah & Sederhana

Cara Membuat Magnet Dengan Mudah & Sederhana

Saat saya masih duduk di bangku sekolah, saya penasaran bagaimana cara membuat magnet itu. Kenapa dia bisa menarik benda logam yang berada disampingnya.

Setelah saya pelajari magnet itu ternyata ada 2 jenis yaitu magnet yang terbentuk secara alami dan magnet buatan. Kedua magnet ini sama-sama memiliki daya tarik terhadap benda yang mengandung logam.

Menurut beberapa hasil penemuan terbaru, ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menciptakan magnet. Bahkan hanya dengan menggunakan benda dan alat sederhana kita bisa menciptakan medan magnet yang sederhana.

Apa sih magnet itu?

Nama magnet diambil dari nama kota pertama kali magnet tersebut ditemukan yaitu di kota Magnesia, Yunani. Jika kita artikan, cecara harfiah kata magnet dapat diartikan sebagai kemampuan sebuah benda untuk menarik benda lain di sekitarnya yang mengandung logam. Benda apapun itu, jika mengandung logam maka dapat menempel pada magnet.

Bagaimanakah cara membuat magnet? Apakah sulit?

Cara membuat magnet ternyata mudah loh. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan. Cara-cara yang bisa digunakan untuk membuat maagnet tersebut dapat menghasilkan medan magnet yang bersifat sementara dan juga bisa menghasilkan medan magnet yang bersifat permanen.

Nah buat kamu yang mau tahu bagaimana cara membuatnya, kamu bisa mencoba dengan beberapa cara dan teknik berikut ini:

A. Membuat magnet dengan arus listrik

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat medan magnet ini adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah cara membuatnya adalah sebagai berikut:

B. Cara membuat magnet secara permanen

Selain magnet yang bersifat sementara, kamu juga bisa membuat magnet yang bersifat permanen. Tidak jauh berbeda dengan cara diatas, cara membuat magnet permanen ini juga membutuhkan beberapa bahan yang akan digunakan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah:

Langkah-langkah cara membuatnya:

C. Membuat magnet sederhana dengan digosok

Nah, cara membuat magnet terakhir adalah dengan cara digosok. Cara bikin magnet yang benar dengan digosok adalah dengan menggunakan besi dan digosokkan secara searah.

Saat menggosok nya, jangan di bolak balik cukup di gosok dengan satu arah saja. Hal tersebut bertujuan agar magnet elementer yang terdapat pada besi tersebut letaknya menjadi teratur dan juga mengarah pada satu titik saja.

Nah itulah 3 cara membuat magnet yang bisa anda gunakan. Mudah sekali bukan? Silahkan anda coba dan praktekan sendiri di rumah.