Cara Membuat Kartu Kuning Online & Offline 2019

Cara Membuat Kartu Kuning Online & Offline 2019

Sebagai orang yang akan mencari kerja atau mendaftarkan diri sebagai CPNS atau aparatur negara, anda terlebih dahulu harus tahu bagaimana cara membuat kartu kuning. Karena pihak perusahaannya atau dinas biasanya meminta hal tersebut sebagai salah satu syarat lamaran. Membuat kartu kuning bisa datang ke disnaker ataupun membuatnya secara online.

Bagi para pencari kerja baik lulusan baru maupun yang sudah lama, maka di sarankan memiliki kartu kuning sebelum melamar kerja. Hal ini akan membuat anda lebih mudah di terima kerja, ketimbang tanpa memiliki kartu kuning.

Apa itu kartu kuning?

Kartu kuning merupakan sebuah kartu berwarna kuning yang di dalamnya terdapat identitas pemilik kartu sebagai seorang pencari kerja seperti nama, nomor induk, lulusan dan lain sebagainya. Kartu kuning menandakan bahwa seseorang tersebut secara resmi terdaftar di database Dinas Ketenagakerjaan sebagai seorang pencari kerja.

Dengan memiliki kartu kuning maka pemilik kartu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan bahkan bisa di rekomendasikan oleh pihak disnaker.

Kepemilikan kartu kuning ini juga sudah diatur dalam peraturan kementerian ketenagakerjaan nomor 39 tahun 2016. Dimana dalam peraturan tersebut dijelaskan mengenai ketentuan pembuatan kartu pencari kerja.

Fungsi dan manfaat kartu kuning

Berdasarkan fungsi dan manfaatnya, kartu kuning memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa bagi para pencari kerja, diantaranya seperti:

  1. Mempermudah mencari kerja
  2. Sebagai salah satu syarat administratif pelamar kerja
  3. Bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari disnaker
  4. Terlihat lebih serius di mata perusahaan dalam mencari kerja

Syarat-syarat membuat kartu kuning

Dalam peraturan kementerian ketenagakerjaan nomor 39 tahun 2016 disebutkan beberapa syarat-syarat pembuatan kartu kuning. Beberapa persyaratan pembuatan kartu kuning tersebut diantaranya adalah:

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Pas foto ukuran 3x4 yang terbaru sebanyak 2 lembar
  3. Fotokopi ijazah terakhir
  4. Fotokopi sertifikat kompetensi kerja (bagi yang memiliki)
  5. Fotokopi paklaring (bagi yang memiliki)

Note: Syarat pembuatan kartu kuning ini berlaku untuk pembuatan kartu kuning baik dengan datang langsung ke kantor dinas atau membuatnya secara online.

Bagaimana cara membuat kartu kuning?

Membuat kartu kuning sangatlah mudah, anda bisa membuatnya dengan datang langsung ke kantor dinas ketenagakerjaan setempat ataupun membuatnya secara online melalui situs dinas ketenagakerjaan.

Agar anda bisa lebih mudah memahaminya, berikut ini saya uraikan kedua cara tersebut. Berikut adalah prosedur dan langkah-langkah pembuatan kartu kuning.

A. Cara membuat kartu kuning online

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk anda lakukan. Karena anda tidak perlu datang ke kantor dinas tenaga kerja dan antre disana. Anda cukup membuatnya melalui situs dinas tenaga kerja.

cara membuat kartu kuning

Halaman resmi kemnaker untuk membuat kartu kuning secara online

cara membuat kartu kuning

Formulir pendaftaran kartu kuning online di situs kementerian tenaga kerja

cara membuat kartu kuning

Upload foto untuk kelengkapan formulir pendaftaran kartu kuning

Selanjutnya...

cara membuat kartu kuning

Formulir kelengkapan data diri sesuai data KTP

cara membuat kartu kuning

Formulir kelengkapan data pendidikan untuk membuat kartu kuning

cara membuat kartu kuning

Formulir kelengkapan penempatan pekerjaan

Setelah anda klik simpan maka akan muncul pesan "terimakasih telah mendaftar pencari kerja".Setelah muncul pesan ini maka kartu kuning anda akan segera diproses pembuatannya. Waktu pembuatan biasanya 2 minggu hingga 1 bulan. Dan kartu kuning akan di kirim ke alamat rumah anda sesuai KTP.

Baca juga: Panduan bikin NPWP online

B. Cara membuat kartu kuning offline

Selain bisa membuatnya secara online, anda juga bisa membuat kartu kuning dengan cara offline atau datang langsung ke dinas tenaga kerja setempat. Proses pembuatannya sedikit berbeda dengan cara online.

Nah berikut adalah langkah-langkah cara buat kartu kuning melalui dinas ketenagakerjaan.

Baca juga: Cara bikin surat lamaran pekerjaan yang benar

Masa berlaku kartu kuning

Perlu anda ketahui bahwa kartu kuning ini memiliki masa berlaku dan tidak bisa digunakan selamanya. Kartu kuning ini aktif selama 2 tahun, setelah 2 tahun anda harus melakukan perpanjangan jika anda memang belum bekerja.

Jika setelah 2 tahun anda masih belum bekerja, maka anda harus melakukan perpanjangan kembali ke kantor dinas ketenagakerjaan kabupaten/kota anda.

Syarat perpanjangan kartu kuning

Jika anda ingin melakukan perpanjangan kartu kuning setelah 2 tahun. Maka anda harus mempersiapkan beberapa persyaratan seperti:

Berapa biaya pembuatan kartu kuning?

Perlu anda ketahui dengan baik bahwa membuat kartu kuning itu tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Apabila anda diminta besaran biaya tertentu dengan alasan tertentu maka hal tersebut merupakan pungutan liar dan dapat dilaporkan ke pihak berwajib.

Pembuatan kartu kuning baik online ataupun offline melalui kantor dinas ketenagakerjaan sama sekali tidak ada besaran biaya yang dibebankan. Tidak ada biaya administrasi, biaya pengurusan ataupun biaya lainnya.

Nah itulah prosedur cara membuat kartu kuning secara online dan melalui kantor dinas ketenagakerjaan (offline). Silahkan anda pilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah untuk membuat kartu kuning.