3 Tahapan Cara Membuat Film Pendek, Pemula Wajib Baca!

By

Membuat film pendek memang bukan perkara yang mudah, selain butuh alat yang bagus juga butuh keterampilan khusus yang memadai. Kendati demikian, ada banyak kok cara yang bisa dilakukan untuk membuat film pendek.

Film pendek merupakan sebuah tayangan film yang memiliki durasi pendek. Akan tetapi, meski terbilang pendek, proses pembuatan film ini tidak bisa dianggap remeh.

Karena secara komponen dan proses pembuatannya tidak jauh berbeda dari pembuatan film lainnya.

Nah untuk itu, di artikel ini akan di jelaskan beberapa hal terkait proses dan tahapan cara pembuatan film pendek mulai dari persiapan hingga proses editing film.

Persiapan Cara Membuat Film Pendek

Sebelum memulai proses perekaman film, terlebih dahulu kita harus melakukan persiapan. Karena melakukan proses pembuatan film itu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik.

Nah jika kamu ingin membuat film pendek yang bagus dan berkualitas tinggi persiapkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Siapkan Cerita Film

Cerita adalah hal paling dasar dan sangat penting sekali ketika kamu akan membuat sebuah film pendek. Maka dari itu, kamu harus membuat terlebih dahulu alur cerita film pendeknya.

Cerita film akan menjadi nyawa dari film yang akan kamu buat. Semahal apapun alat yang kamu punya tanpa ada cerita maka film tidak akan jadi. Selain itu, alur cerita juga harus dibuat semenarik dan sebagus mungkin agar bisa menghasilkan film yang bagus.

Cerita yang bagus dapat membawa bagus film tersebut begitu juga sebaliknya. Namun jika kamu pertama kali membuatnya, tidak apa ceritanya seperti apam yang penting ada saja dulu ceritanya.

2. Lakukan Riset Film Sesuai Cerita

Dari cerita film yang sudah kamu buat, selanjutnya kamu lakukan riset. Riset ini diperuntukkan mencari informasi atau ide film yang bagus dari cerita yang sama dengan yang pernah orang lain buat.

Kamu tidak harus meniru nya, namun dari hal ini kamu akan tahu seperti apa orang lain mengemas cerita menjadi sebuah film yang menarik. Selain itu, dari hasil riset kamu juga bisa tahu respon orang ketika melihat fil tersebut.

3. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Untuk dapat membuat sebuah film yang bagus dan menarik, kamu harus mempersiapkan peralatan yang akan kamu gunakan. Semua peralatan ini meliputi dari alat shooting hingga peralatan editing film.

Hal utama yang sangat penting untuk kamu persiapkan ketika membuat sebuah film pendek adalah kamera, tripod, recorder, aplikasi editing, laptop.

4. Tentukan Lokasi Perekaman

Hal yang harus kamu persiapkan selanjutnya untuk membuat sebuah film pendek adalah lokasi shooting atau pengambilan gambar. Kamu harus menentukan lokasi shootingnya terlebih dahulu dengan baik.

Tentukan lokasi shooting sesuai dengan alur cerita dalam film pendek yang kamu buat. Jangan menentukan lokasi shooting yang jauh berbeda dari cerita yang kamu buat.

5. Tentukan Pemeran Film pendek

Salah satu cara membuat film pendek yang tidak boleh di lewatkan adalah menentukan pemeran dalam film. Karena mereka-mereka inilah yang akan mengisi film tersebut.

Tentukan pemeran film pendek sesuai degan karakter mereka sendiri. Pilih berdasarkan kecocokan mereka dengan karakter yang akan mereka perankan dalam cerita filmnya.

Baca juga:

Cara Download Video di Google Chrome Android

Proses Perekaman Film Pendek

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, selanjutnya tinggal kamu mulai proses pengambilan gambar atau proses perekaman video nya. Proses pengambilan gambar dilakukan jika kamu memang sudah siap dengan semuanya.

1. Minta Izin Lokasi

Ketika akan melakukan proses perekaman, pastikan kamu memang sudah memiliki izin resmi untuk menjalankan proses perekaman. Kamu bisa minta izin pemerintah atau warga setempat. Hal ini untuk menjaga kondusifitas proses perekaman nantinya.

Karena jika kita tidak memiliki izin maka orang-orang yang ada disana akan sangat terganggu dengan proses shooting yang kamu lakukan. Maka dari itu, mintalah izin terlebih dahulu.

2. Nyalakan Kamera dan Make Up Pemeran

Untuk mulai proses shooting, nyalakan lah terlebih dahulu kamera kamu untuk memastikan semua perangkat dalam kondisi baik dan tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Jangan lupa beri make up pemeran yang akan melakukan adegan cerita film. Berikan make up sesuai dengan karakter yang akan di bawakan nya.

Artikel menarik:

Download Video dari Facebook

3. Mulai Proses Shooting

Pada tahapan ini, kamu lakukan proses perekaman sesuai dengan alur cerita. Kemungkinan kamu akan merekam di beberapa lokasi. Hal ini tentu di sesuaikan dengan alur cerita yang kamu buat.

Lakukan proses perekeman seperti dalam ceritanya. Mulai dari perekaman awal hingga perekaman akhir.

4. Lihat Hasil Record

Setiap bagian degan film pendeknya kamu harus cek satu persatu. Pastikan semuanya memiliki kualitas yang bagus. Jika hasilnya kurang bagus, maka ulangi lagi saja proses perekamannya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu pasti akan melakukan proses record ini hingga berulang-ulang.

Baca Juga:


Video pacaran ABG jaman now

Proses Editing Film Pendek

Selesai proses perekaman, sekarang tinggal proses editing. Proses ini juga akan memakan banyak waktu. Namun semuanya tergantung dari tingkat kerumitan film yang akan dibuat.

Adapun beberapa tahapan proses editing film yang akan kamu lalui diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemotongan Gambar

Tahapan pertama adalah proses pemotongan gambar. Pada tahapan ini kamu akan melakukan pemotongan beberapa adegan film yang sudah kamu record sebelumnya.

Pemotongan gambar ini dilakukan untuk mengambil gambar yang bagus dan membuang beberapa bagian yang kurang bagus. Sehingga gambar yag ada memiliki kualitas yang bagus.

2. Edit Voice

Pada tahapan editing, bukan hanya gambarnya saja, voice juga harus disesuaikan dengan gambar yang di rekam. Pastikan voice memiliki kualitas yang bagus.

3. Edit Pencahayaan

Bagian pencahayaan pada video gambar yang di ambil saat proses shooting juga harus disesuaikan dengan baik. Untuk menghasilkan kualitas film yang bagus memiliki pencahayaan yang bagus pula.

Artikel keren:


Cara Buka Kamera di Laptop HP

Kemungkinannya, pada saat proses shooting gambar tidak memiliki pencahayaan yang cukup maka dapat di lakukan pada proses editing.

4. Edit Efek Video

Pemberian efek pada video film pendek yang dibuat juga penting kamu lakukan. Namun hal ini tentu harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik.

Karena setiap jenis film yang dibuat akan membutuhkan jenis efek yang berbeda-beda. Proses pemberian efeknya juga pasti berbeda-beda.

Nah itulah proses dan tahapan cara membuat film pendek yang paling mudah. Cocok sekali dipelajari oleh kamu yang masih pemula dan baru belajar membuat filem pendek baik untuk tugas sekolah ataupun yang lainnya.