2 Cara Membuat Faktur Pajak Elektronik dan Manual

By

Apabila kamu memiliki bisnis atau perusahaan yang menyediakan barang atau jasa kena pajak, maka kamu harus paham cara membuat faktur pajak. Baik itu faktur pajak masukkan ataupun keluaran.

Membuat faktur pajak sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah. Karena sekarang ini sudah tersedia aplikasi e-faktur yang bisa mempermudah kamu dalam membuat faktur pajak.

Untuk membuatnya memang tidak sulit, kamu bisa membuatnya dengan mudah. Artikel ini bisa menjadi referensi yang relevan untuk kamu gunakan.

Cara Membuat Faktur Pajak Manual

Membuat faktur pajak yang pertama bisa kamu lakukan secara manual. Cara ini kamu lakukan jika memang tidak memiliki perangkat yang memadai untuk membuat faktur menggunakan sistem elektronik.

Berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkah cara bikin faktur pajak secara manual yang harus kamu lakukan:

1. Melakukan Permintaan NSFP

Pada tahapan pertama kamu harus melakukan permintaan NSFP (Nomor Seri Faktur Pajak) terlebih dahulu. Nomor NSFP ini bisa kamu minta ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat dimana NPWP kamu terdaftar.

Jika kamu sudah memiliki NSFP maka selanjutnya tinggal membuat data PKP, data pembeli, data barang dan jasa dilengkapi dengan tanda tangan sebagai bukti validasi data.

Data-data ini kamu buat dalam bentuk kolom-kolom di Microsoft Excel. Namun jika perusahaan kamu sudah memiliki template faktur pajak maka bisa menggunakan itu. Sedangkan isi dari PKP nya adalah berupa nama, alamat dan juga nomor NPWP pembeli.

Baca Juga:

1. Cara Bikin NPWP Pribadi Secara Online
2. Memilih Payroll untuk Bisnis

2. Isi Data Barang

Apabila semua nomor NSFP, data PKP dan data pembeli sudah selesai kamu buat, sekarang kamu tinggal mengisi data barang atau jasa yang kena pajak.

Adapun data barang dan jasa yang harus kamu persiapkan diantara nya adalah seperti nama barang atau jasa, jenis, harga, potongan harga, metode pembayaran yang digunakan, dan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) serta nomor urut.

3. Isi Detail Barang

Pada tahapan terakhir kamu harus mengisi detail data barang secara rinci dan benar. Data-data yang harus kamu isi diantara nya adalah seperti nama dan harga jual nya.

Kemudian kamu isi jumlah pembayaran yang sudah di tentukan. Apabila pembayaran dilakukan secara kredit maka cantumkan saja berapa uang muka dan berapa lagi uang sisanya.

Jangan lupa juga untuk selalu membubuhkan tanda tangan sebagai bukti validasi faktur yang di tanda tangani oleh pejabat pemegang kewenangan di perusahaan.

Baca juga:

1. Cara Bikin Laporan Cashflow
2. Cara Membuat Slip Gaji Karyawan

Cara Membuat Faktur Pajak di Aplikasi e-Faktur

Pada dasarnya membuat faktur pajak dengan cara manual menggunakan Microsoft Excel dan juga dengan cara elektronik di aplikasi e-faktur itu tidak jauh berbeda. Hanya saja sistem yang digunakan yang sedikit berbeda.

Nah berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkah cara bikin e-faktur dengan menggunakan aplikasi e-faktur.

1. Siapkan Perangkat yang Dibutuhkan

Untuk dapat membuat faktur pajak menggunakan aplikasi e-faktur kamu harus mempersiapkan beberapa perangkat yang akan kamu butuhkan. Beberapa perangkat yang akan kamu gunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perangkat komputer minimal cored 2 RAM 2 GB
  • Koneksi jaringan internet
  • Aplikasi e-Faktur yang sudah terinstall
  • Kertas untuk cetak faktur
  • Printer cetak faktur

Baca Juga:

1. Cara Bikin Laporan Laba Rugi
2. Cara Membuat CV Perusahaan

2. Install Aplikasi e-Faktur

Kamu harus memastikan bahwa kamu sudah menginstall aplikasi e-Faktur kedalam komputer yang kamu miliki. Maka dari itu, kamu harus menginstallnya terlebih dahulu. Cara Install nya seperti ini:

  • Download aplikasi e_faktur disini
  • Pilih sesuai dengan versi komputer atau PC yang kamu miliki
  • Klik download
  • Tunggu sampai proses download selesai
cara membuat faktur pajak
Halaman download e-faktur
  • Jika sudah terdownload, buka filenya
  • Kemudian klik kanan
  • Pilih dan klik run administrator
  • Atau kamu double klik
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai

Baca juga:

1. Cara Bikin E-Billing Pajak Online
2. Syarat-Syarat Membuat SIUP Perusahaan

3. Cara Membuat Faktur Pajak Keluaran di E-Faktur

Jika aplikasi e-faktur sudah selesai kamu pasang pada PC yang kamu miliki, sekarang tinggal kamu mulai proses pembuatan faktur pajak nya.

Kali ini akan saya contoh kan untuk membuat faktur keluaran dengan menggunakan aplikasi e-faktur pajak ini. Silahkan simak dengan baik penjelasan berikut ini:

  • Buka aplikasi e-faktur pajak
  • Login kedalam aplikasi tersebut
  • Untuk mulai membuat faktur klik pada menu faktur
  • Pilih dan klik administrasi faktur
cara membuat faktur pajak
  • Kemudian akan muncul menu baru
  • Pilih dan klik rekam faktur
cara membuat faktur pajak
Fitur Rekam e-Faktur
  • Pilih detail transaksi
  • Buat faktur baru
  • Masukkan nomor referensi
  • Klik lanjutkan
cara membuat faktur pajak
  • Pilih kembali rekam transaksi
cara membuat faktur pajak
  • Isi formulir detail barang atau jasa nya
  • Klik simpan
cara membuat faktur pajak
  • Selanjutnya kamu akan di bawa ke halaman administrasi faktur
  • Pilih dan klik perbaharui faktur

Sampai disini cara membuat faktur pajak elektronik dan manual sudah selesai. Sangat mudah sekali bukan? Silahkan kamu pilih salah satu cara yang menurut kamu paling mudah.