8 Tahapan Cara Membuat Faktur Pajak di Excel

By

Faktur pajak dikeluarkan oleh pengusaha ataupun badan usaha yang menjual barang atau jasa kena pajak dan juga sudah terdaftar sebagai pengusaha kena pajak (PKP). Cara membuat faktur pajak bisa dilakukan di Microsoft Excel secara manual ataupun dengan aplikasi e-Faktur.

Beberapa hari lalu saya sudah menuliskan tentang panduan cara membuat faktur pajak dengan e-Faktur dan juga membuat faktur pajak secara manual. Nah kali ini saya akan share membuat faktur pajak dengan excel.

Untuk kamu yang memang kerja di bagian perpajakan atau yang sedang kuliah perpajakan atau akuntansi, maka penting sekali memahami hal ini.

Kapan Harus Membuat Faktur Pajak?

Membuat faktur pajak tentu ada waktunya dong, tidak dibuat serta merta begitu saja. Namun faktur pajak ini merupakan dokumen penting yang memang harus dibuat oleh perusahaan yang menjual jasa ataupun barang kena pajak.

Adapun waktu kapan pembuatan faktur pajak dibuat adalah sebagai berikut:

  1. Pada saat ekspor JKP
  2. Pada saat ekspor JKP yang tidak berwujud
  3. Pada saat penyerahan JKP
  4. Pada saat penyerahan BKP

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mulai membuat faktur pajak, ada 2 hal yang harus diperhatikan. Dimana setidaknya faktur pajak itu harus dibuat menjadi 2 rangkap faktur pajak, yaitu:

  1. Lembar pertama diberikan untuk orang yang membeli barang kena pajak ataupun pengguna layanan jasa kena pajak
  2. Sedangkan lembaran kedua digunakan untuk arsip pengusaha kena pajak untuk penerbitan faktur pajak

Bagaimana Cara Membuat Faktur Pajak di Excel

Cara membuat faktur pajak di excel tentu harus memenuhi prosedur pembuatan yang sesuai agar tidak ngaco saat membuatnya. Ada beberapa tahapan saat kamu membuat faktur pajak di excel, yaitu:

1) Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Pada tahapan pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dokumen nya terlebih dahulu. Karena acuan dasar pembuatan faktur pajak adalah dari dokumen transaksi, seperti:

  1. Dokumen Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
  2. Dokumen detail pembeli
  3. Dokumen barang atau jasa kena pajak
  4. Kode atau nomor seri pembuatan pajak
  5. Dokumen transaksi penjualan barang atau jasa kena pajak

2) Buat Kop Faktur Pajak

Selanjutnya, kamu harus membuat halaman formulir faktur pajak nya. Judul dari kop tersebut harus tertera dengan judul “FAKTUR PAJAK” huruf capital semua. Secara detail seperti ini prosesnya:

  1. Buka program Microsoft Excel (2007,2010, 2013, 2026 atau 2019)
  2. Buat kop faktur di bagian atas dengan tulisan “FAKTUR PAJAK”
  3. Kemudian sisakan 25 baris ke bawah dan 4 kolom ke bagian samping kanan
  4. Buat tabel faktur pajak dengan cara blok semua kolom> klik menu home> klik border> pilih all border

3) Masukkan Data Pengusaha Kena Pajak

Selanjutnya kamu isi tabel yang sudah kamu buat dengan all border tadi sesuai dengan kebutuhan untuk pembuatan faktur pajak. Jika kamu bingung, berikut ini adalah tahapan nya:

  1. Baris pertama pada tabel kamu isi dengan kode dan nomor seri faktur pajak
  2. Baris kedua isi dengan informasi pengusaha kena pajak atau perusahaan kamu yang akan dibuatkan faktur pajak nya
  3. Bari ketiga isi dengan nama, alamat dan NPWP pengusaha kena pajak, ketiga baris ini anda satukan dengan merge row

4) Masukkan Data Pembeli Kena Pajak

Selanjutnya kamu juga harus memasukkan detail data pembeli barang atau jasa kena pajak. Detail pembeli di tulis setelah detail pengusaha kena pajak, lebih jelasnya seperti ini:

  1. Masukkan nama
  2. baris selanjutnya masukkan alamat
  3. Di bawahnya tulis NPWP pembeli kena pajak
  4. Gabungkan ketiga baris tersebut dengan menggunakan merge row

5) Buat Tabel List Barang / Jasa Kena Pajak

Setelah detail pembeli, kamu buat juga detail barang atau jasa yang kena pajak nya. Buat secara detail sesuai dengan kebutuhan.

  1. Buat 4 kolom dengan 10 baris atau bisa kamu sesuaikan dengan detail barang atau jasa kena pajak yang dijual
  2. 4 kolom tersebut di isi dengan nomor urut, nama barang atau jasa kena pajak, harga jual dalam rupiah dan dollar (2 kolom)
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan

6) Buat Rincian Perhitungan

Selanjutnya kamu buat tabel rincian perhitungan pajak dari barang yang jual oleh pengusaha kena pajak. Buat tabel yang harus di isi, seperti ini:

  1. Harga jual/ penggantian/ uang muka/ termin
  2. Dikurangi dengan potongan harga
  3. Dikurangi uang muka yang sudah diterima
  4. Dasar-dasar pengenaan pajak
  5. PPN 10% X dasar pengenaan pajak

7) Buat Rincian Pajak Penjual atas Barang Mewah

Di bawahnya kamu juga harus membuat lagi tabel terpisah berisi informasi pajak penjual atas barang mewah yang terdiri dari 3 kolom, yaitu:

  1. Kolom ke satu isi dengan tarif
  2. Kolom kedua di isi dengan DPP
  3. Kolom ketiga isi dengan PPnBM

8) Buat tanggal dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir, kamu buat tanggal dikeluarkannya faktur pajak dan juga kolom tanda tangan pihak bertanggung jawab atas faktur pajak tersebut.

  1. Sebutkan nama kota
  2. Ikuti dengan tanggal
  3. Beri jarak beberapa baris
  4. bagian bawah tulis nama

Contoh Cara Membuat Faktur Pajak di Excel

Agar kamu lebih mudah memahami seperti apa faktur pajak tersebut dan bagaimana cara pembuatannya yang jelas, berikut ini adalah contoh faktur pajak yang bisa kamu tiru.

cara membuat faktur pajak di excel
Contoh Faktur Pajak yang Dibuat di Excel

Nah itulah 8 tahapan proses cara membuat faktur pajak di excel. sangat mudah sekali bukan? Silahkan cobain.