Cara Membuat CV yang Baik & Benar Bagi Pemula + Contoh

Cara Membuat CV yang Baik & Benar Bagi Pemula + Contoh

Membuat CV sangat mudah, bahkan semau orang juga bisa membuatnya hanya dalam hitungan menit saja. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Banyak orang yang cenderung salah ketika membuatnya.

Untuk itu, artikel ini akan menguraikan langkah demi langkah yang benar yang harus dilakukan ketika membuat sebuah CV untuk kebutuhan melamar kerja. Agar lebih mudah di pahami oleh pihak HRD dengan harapan supaya bisa di terima kerja.

A. Persiapan Sebelum Membuat CV

Ketika melamar kerja, CV (Curiculum Vitae) merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu faktor penentu kamu akan di terima kerja atau tidak.

Sebelum kamu mulai membuatnya, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. Lakukan Job Research

Sebelum kamu mengirimkan surat lamaran kerja, terlebih dahulu kamu harus melakukan job research terlebih dahulu. Bukan hanya untuk memastikan pekerjaannya, melainkan juga agar kamu tahu seperti apa perusahaan yang akan kamu lamar tersebut.

Dalam proses job research ini kamu harus tahu detail dari perusahaan yang akan kamu lamar serta posisi pekerjaannya. Lebih bagus lagi kamu cari tahu lagi hal-hal yang perlu kamu persiapkan dan sisipkan kedalam CV yang akan kamu buat.

Jangan pernah lupa juga untuk selalu memperhatikan hal-hal kecil yang di syaratkan oleh pihak perusahaan dari calon pelamar kerja.

Baca Juga:

  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ke PT

2. Ketahui Komponen CV yang Baik

Agar bisa paham dengan baik cara membuatnya, maka kamu terlebih dahulu harus tahu beberapa komponen yang ada dalam CV yang akan dibuat.

Kamu bisa mencari beberapa referensi CV yang ada di internet. Cari sebanyak-banyaknya. Pilih contoh CV yang paling menarik dan paling lengkap. Contoh CV yang lengkap biasanya memiliki komponen berikut:

3. Ambil Contoh CV yang Baik

Sebagai bahan referensi dan perbandingan, kamu harus punya salah satu contoh CV yang baik. Cara ini juga untuk mempermudah membuat CV nantinya.

Namun pilih CV yang dibuat dengan baik dan memiliki komponen yang lengkap serta memiliki desain yang bagus. Di akhir artikel ini nanti akan saya lampirkan contoh dari CV yang bisa kamu tiru.

B. Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik

Dalam proses pembuatannya, CV atau daftar riwayat hidup tidak bisa dibuat secara asal-asalan. Karena sering kali menjadi faktor utama yang di pertimbangkan oleh pihak HRD perusahaan.

Agar CV yang kamu buat bisa menjadi faktor penunjang kamu di terima kerja, maka buat dengan cara yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tahapan cara buat CV yang baik dan benar.

1. Tulis Identitas Diri

Identitas diri merupakan komponen penting yang harus kamu perhatikan dengan baik saat kamu membuat sebuah CV atau riwayat hidup lamaran kerja. Karena ini yang akan menjadi penilaian utama.

Dalam rincian nya, kamu masukkan semua data diri dengan lengkap dan benar. Beberapa hal yang harus kamu tuliskan pada pada data diri tersebut diantaranya, yaitu:

Baca Juga:

  Cara Membuat Kartu Kuning Online

2. Tulis Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan dengan baik saat kamu membuat CV lamaran kerja. Tuliskan dengan baik dan detail.

Tuliskan riwayat pendidikan kamu dengan lengkap mulai dari kamu sekolah SD hingga masuk ke jenjang perguruan tinggi. Sedangkan hal yang harus kamu tulis pada bagian ini adalah:

3. Tulis Keterampilan yang Dimiliki

Untuk meyakinkan pihak recruitment atau HRD perusahaan bahwa kamu adalah calon karyawan terbaik, makan kamu harus cantumkan keahlian kamu. Pastikan keahlian kamu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Beberapa keahlian yang perlu di cantumkan, yaitu:

4. Tulis Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja adalah point penting yang harus kamu beritahu kepada pihak perusahaan yang akan menerima kamu kerja. Pengalaman kerja menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan. Jika pengalaman kerjanya relevan dengan pekerjaan barunya, kemungkinan besar akan mudah di terima.

5. Baca Kembali CV yang Ditulis

Setelah kamu selesai membuat CV, maka kamu harus membaca kembali CV yang sudah kamu tulis tadi. Hal ini untuk memastikan tidak ada kesalahan kata ataupun penulisan dalam CV kamu.

Biasanya saat pertama membuat CV akan ada beberapa kata atau kalimat yang kurang tepat digunakan. Silahkan kamu baca dan pahami isi dari CV yang sudah kamu tulis dengan baik.

C. Contoh Cara Membuat CV yang Baik

 

Untuk kamu yang masih bingung membuat CV yang baik dan benar seperti apa, berikut ini saya berikan contoh CV yang baik dan benar yang pernah saya buat. Semoga ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat kamu yang membutuhkannya.

cara membuat cv yang baik

cara membuat cv yang baik

Conton CV yang Baik

Jika kamu ingin lebih yakin, kamu cari contoh CV lain yang ada di internet. Agar wawasan kamu lebih banyak lagi dan kamu bisa mendapatkan referensi contoh CV yang lebih baik.