Cara Membuat Bakso Sapi, Ayam dan Ikan di Rumah

Cara Membuat Bakso Sapi, Ayam dan Ikan di Rumah

Bakso merupakan salah satu olahan makanan khas Indonesia yang terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka umumnya berbentuk bulat. Selain terbuat dari daging sapi bakso juga ada yang terbuat dari ikan dan ayam. Cara membuat bakso tergolong mudah, anda bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih enak dan lebih sehat.

Memang mendapatkan bakso di Indonesia sangat mudah, di berbagai kota pasti bisa anda temukan beragam olahan bakso. Namun ternyata anda juga bisa membuat bakso yang enak di rumah sendiri loh. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso juga sangat mudah dan simpel.

Artikel ini akan membantu anda bagaimana cara bikin bakso yang enak dan lezat serta menyehatkan. Silahkan simak dan perhatikan penjelasan selengkapnya pada artikel ini.

A. Cara Membuat Bakso Daging Sapi 1 Kg

Pertama anda bisa membuat bakso dengan menggunakan bahan daging sapi 1 kg. Bahan daging sapi 1 Kg ini bisa dibuat untuk banyak bulatan bakso loh. Lebih dari cukup untuk konsumsi anda sekeluarga di rumah. Berikut ini adalah proses dan cara pembuatannya:

1. Bahan Utama Yang Dibutuhkan

Siapkan beberapa jenis bahan yang akan anda butuhkan untuk membuat bakso yang sapi yang enak dan kenyal ini. Adapun bahan yang akan anda butuhkan di antaranya adalah sebagai berikut:

2. Bahan Kuah Bakso Sapi

Selain untuk membuat baksonya, anda juga harus membuatkan kuah baksonya agar lebih enak dan lebih nikmat. Beragam bahan yang akan anda butuhkan di antaranya adalah:

3. Proses Cara Membuat Bakso Sapi

Setelah anda mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso sapi, sekarang tinggal anda mulai proses pembuatannya. Cara membuatnya sangat mudah sekali, berikut ini adalah tahapan dan prosesnya:

4. Buat Kuah Bakso Sapinya

Jika baksonya sudah jadi, sekarang giliran anda membuat kuah untuk bakso. Cara membuatnya sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuatnya.

B. Cara Membuat Bakso Daging Ayam

Selain bakso sapi anda juga bisa membuat bakso yang terbuat dari ayam. Rasa bakso ayam ini tentu berbeda dengan bakso sapi. Rasanya lebih kalem ketimbang bakso ayam, namun proses dan  cara pembuatannya sama saja, hanya bahan yang berbeda. Berikut ini adalah tahapan cara membuatnya:

1. Bahan Bakso Ayam yang Dibutuhkan

Untuk bikin bakso ayam, maka anda membutuhkan beberapa bahan yang akan anda gunakan dalam proses pembuatannya. Silahkan siapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti berikut ini:

2. Bahan Kuah Bakso Ayam

Selain harus mempersiapkan semua bahan pembuatan baksonya anda juga harus mempersiapkan bahan untuk kuah bakso ayamnya. Penting sekali membuat kuah bakso agar rasanya lebih nikmat. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan:

3. Langkah Cara Membuat Bakso Ayam

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan baik, sekarang tinggal anda mulai proses pembuatan bakso ayamnya. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat bakso sapi. Berikut adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

4. Langkah Cara Membuat Kuah Bakso Ayam

Anda juga harus mempersiapkan kuah bakso ayamnya agar lebih enak dan lebih nikmat. Cara membuatnya adalah seperti ini:

C. Cara Membuat Bakso Ikan

Selain ayam dan sapi, anda juga bisa loh membuat bakso daging ikan. Rasa bakso ikan tentu berbeda dengan bakso ayam dan sapi. Bakso ikan ada bau ikan nya dan lebih amis ketimbang bakso lainnya. Namun meski demikian rasanya tidak kalah enak loh dari bakso lainnya. Cara membuatnya juga sangat mudah, berikut caranya:

1. Siapkan Bahan Bakso Ikan

Pertama anda harus mempersiapkan semua bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat bakso ikan nya. Beberapa bahan yang akan anda butuhkan di antaranya adalah sebagai berikut:

2. Siapkan Bahan Kuah Bakso Ikan

Selain bahan utama pembuatan bakso daging ikan, anda juga harus mempersiapkan untuk pembuatan kuah baksonya. Beberapa bahan kuah bakso ikan yang anda butuhkan dan harus anda persiapkan di antaranya adalah:

3. Langkah Membuat Daging Bakso Ikan

Setelah semu bahan di siapkan dengan baik, sekarang tinggal anda mulai proses pembuatan bakso ikannya. Cara pembuatannya sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

4. Buat Kuah Bakso Ikan

Selain membuat bakso ikannya, anda juga harus membuat kuah bakso ikannya. Cara membuatnya juga sangat mudah sekali. Berikut ini adalah tahapan cara membuatnya:

Nah itulah proses cara membuat bakso sapi, bakso ayam dan bakso ikan lengkap dengan resep membuat kuah bakso nya. Sangat mudah sekali bukan? Bahan-bahannya juga mudah sekali anda dapatkan. Silahkan coba sendiri di rumah.