Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

By

'

Gambar akan terlihat bagus jika dilengkapi background yang indah. Namun tidak semua gambar membutuhkan banyak warna. Untuk fotografi produk hingga desain web, terkadang gambar lebih baik tanpa latar belakang. Untungnya, cara membuat background transparan di photoshop cukup mudah.

Pada Photoshop 2021, terdapat sebuah fitur yang bisa menghapus backgorund secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan. Namun, sehebat apapun kemampuan AI, tidak akan pernah seterampil manusia dalam melakukan editing gambar yang kompleks. Untuk itulah, penghapusan latar belakang manual mungkin akan tetap diperlukan. Lebih lanjut, berikut cara membuat background transparan di photoshop:

Menghapus Background Asli

Sebelum memulai pada cara membuat background transparan di photoshop 2020, pastikan software terbaru ini sudah tersedia di PC/Laptop. Jika sudah tersedia, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Mulailah dengan menyalin background layer agar bisa membuat layer yang akan digunakan untuk membuat latar belakang transparan.
  • Salin seluruh bagian gambar atau foto foto (command + A di MacOS atau Ctrl + A di Windows) lalu tempel.
  • Di panel layer, klik ikon mata di sebelah background layer untuk menyembunyikan latar belakang.
  • Sekarang edit gambar atau foto, telah berpidah pada layer yang baru dibuat.
  • Kilik Remove Background dibawah Quick Actions
  • Tunggu beberapa menit hingga program menemukan subjek dan menghapus background
  • Setelah selesai, akan terlihat subjek pada latar belakang transparan (dalam bentuk pola kotak-kotak).
  • Jika bagian background transparan itu tidak terlihat, cek kembali apakah background aslinya sudah disembunyikan (cek pada lambang mata di sebelah layer)
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, hapus background layer asli dan simpan file dalam PNG agar transparasi tetap terjaga
  • Untuk melakukan edit lebih lanjut, file bisa disimpan dalam bentuk PSD

Metode cepat  dengan  menggunakan shortcut ini hasilnya tidak selalu tepat seperti yang diharapkan. Untuk itu diperlukan editing dengan cara manual.

Cara Manual di Photoshop

Cara membuat background transparan di photoshop secara manual mungkin sedikit ribet, tetapi akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Mengedit secara manual akan  menghasilkan edit gambar yang halus dan bagus.

1. Memilih Alat Penghapus Background

Membuat background transparan akan melibatkan pemilihan objek gambar yang disimpan dan objek gambar yang dihapus. Berikut alat di photoshop yang dapat digunakan untuk fungsi tersebut.

  • Magic Wand – alat ini paling mudah digunakan karena dapat memilih semua pixel dengan warna yang sama.
  • Select Object – dengan kecerdasan buatan alat ini berguna untuk memilih batas-batas suatu objek. Dengan Select Object bisa dibuat garis kasar untuk menunjukan objek mana yang akan dipotong, dan Photoshop A.I. akan melakukan sisanya.
  • Rectangular dan Elliptical – untuk objek yang berbentuk persegi panjang sempurna atau lingkaran sempurna kedua alat ini akan berfungsi dengan baik.
  • Lasso, Select Subject, dan Select and Mask – alat-alat ini bekerja sangat baik untuk menghapus background yang lebih kompleks.

2. Memindahkan Objek ke Layer Baru

Simpan gambar atau foto yang sudah dipilh di layer baru dengan cara copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl + V) di layer baru.  Gambar atau foto yang sudah dipilih otomatis akan muncul di layer baru. Lalu, klik ikon mata di sebelah background yang asli dan background akan menjadi transparan.

3. Menghapus dan Menyimpan File

Pilih layer background di bawah panel layers dan hapus bagian ini.  Setelah dihapus, yang terlihat hanya layer baru dengan background transparan yang tadi dibuat. Saat menyimpan file, pastikan memilih file PNG untuk menjaga background transparannya. Disarankan untuk membuat salinan file kedua dalam bentuk PSD untuk kebutuhan mengedit ulang.

Dari uraian di atas, dapat diketahui cara membuat background transparan di photoshop tidaklah terlalu sulit. Bagi pemula, hanya perlu sering-sering berlatih untuk bisa lebih lancar dan terampil.