Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Cara Membuat Background Transparan di Photoshop

Gambar akan terlihat bagus jika dilengkapi background yang indah. Namun tidak semua gambar membutuhkan banyak warna. Untuk fotografi produk hingga desain web, terkadang gambar lebih baik tanpa latar belakang. Untungnya, cara membuat background transparan di photoshop cukup mudah.

Pada Photoshop 2021, terdapat sebuah fitur yang bisa menghapus backgorund secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan. Namun, sehebat apapun kemampuan AI, tidak akan pernah seterampil manusia dalam melakukan editing gambar yang kompleks. Untuk itulah, penghapusan latar belakang manual mungkin akan tetap diperlukan. Lebih lanjut, berikut cara membuat background transparan di photoshop:

Menghapus Background Asli

Sebelum memulai pada cara membuat background transparan di photoshop 2020, pastikan software terbaru ini sudah tersedia di PC/Laptop. Jika sudah tersedia, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Metode cepat  dengan  menggunakan shortcut ini hasilnya tidak selalu tepat seperti yang diharapkan. Untuk itu diperlukan editing dengan cara manual.

Cara Manual di Photoshop

Cara membuat background transparan di photoshop secara manual mungkin sedikit ribet, tetapi akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Mengedit secara manual akan  menghasilkan edit gambar yang halus dan bagus.

1. Memilih Alat Penghapus Background

Membuat background transparan akan melibatkan pemilihan objek gambar yang disimpan dan objek gambar yang dihapus. Berikut alat di photoshop yang dapat digunakan untuk fungsi tersebut.

2. Memindahkan Objek ke Layer Baru

Simpan gambar atau foto yang sudah dipilh di layer baru dengan cara copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl + V) di layer baru.  Gambar atau foto yang sudah dipilih otomatis akan muncul di layer baru. Lalu, klik ikon mata di sebelah background yang asli dan background akan menjadi transparan.

3. Menghapus dan Menyimpan File

Pilih layer background di bawah panel layers dan hapus bagian ini.  Setelah dihapus, yang terlihat hanya layer baru dengan background transparan yang tadi dibuat. Saat menyimpan file, pastikan memilih file PNG untuk menjaga background transparannya. Disarankan untuk membuat salinan file kedua dalam bentuk PSD untuk kebutuhan mengedit ulang.

Dari uraian di atas, dapat diketahui cara membuat background transparan di photoshop tidaklah terlalu sulit. Bagi pemula, hanya perlu sering-sering berlatih untuk bisa lebih lancar dan terampil.