Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome dengan Mudah

By

'

Teknologi yang semakin berkembang membuat orang semakin berpikir maju. Kini membeli kuota dirasa terlalu mahal sehingga banyak orang yang mulai beralih ke WiFi Indihome. Menggunakan perangkat ini pun tetap ada resikonya yaitu banyak yang diam-diam mencuri WiFi tanpa sepengetahuan yang punya. Berikut ini akan disajikan cara memblokir pengguna WiFi Indihome yang sangat penting sekali:

1. Mengakses Router

Langkah pertama yang seharusnya dilakukan adalah dengan mengakses router yang ada pada WiFi pengguna. Cara mengaksesnya adalah mengetikan IP Router terlebih dahulu. Umumnya, Indihome memiliki IP Router yang sudah disediakan sehingga pengguna tidak perlu bingung lagi. Alamat IP yang umum tersebut terdiri dari 10 angka yaitu 192.168.100.1.

Tidak hanya IP Router saja yang harus diisi, melainkan juga username dan passwordnya. Banyak yang bingung dengan nama pengguna dan sandi yang seharusnya digunakan karena biasanya pengguna tidak memperdulikannya. Namun, jika terdapat kasus pencurian WiFi maka pengguna harus mencari tahunya terlebih dahulu yaitu dengan bertanya pada perusahaan yang memasang WiFi tersebut.

2. Cek Daftar Klien DHCP

Pengguna yang telah masuk ke dalam halaman admin modem harus melanjutkan ke proses yang paling penting dari cara memblokir pengguna WiFi Indihome ini. Proses penting tersebut yaitu mencari tahu siapa dalang pencurian WiFi yang menyusahkan pengguna. Memberikan efek jera terhadap orang yang tanpa izin menggunakan WiFi pengguna adalah sebuah keharusan.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan klik Status pada laman tersebut. Selanjutnya, akan ada 6 pilihan dan pengguna harus memilih pilihan yang keempat yaitu LAN Status. Tidak hanya sampai disitu saja karena pengguna harus mengklik DHCP Client List terlebih dahulu untuk dapat mengetahui daftar nama perangkat yang mencuri  WiFi.

3. Mencatat MAC Address dan Hostname

Proses inilah yang akan menjadikan pengguna mengetahui siapa saja yang selama ini menggunakan WiFi secara tersembunyi. Tanpa berpikir panjang lagi, segera catat MAC Address beserta Hostname untuk melakukan langkah selanjutnya. Hostname merupakan nama dari perangkat yang tersambung sedangkan MAC Address merupakan alamat jaringan yang menjadi identitas.

Perlu diketahui bahwa MAC Address sangat sulit untuk diganti sehingga jika pengguna sudah memblokirnya akan susah menyambung pada WiFi pengguna lagi. Tentu hal tersebut merupakan kabar bahagia karena tidak perlu melakukan blok berkali-kali untuk perangkat yang sama.

4. Memblokir Perangkat WiFi

Memblokir prangkat WiFi yang tersambung dimulai dengan cara memilih menu Security kemudian klik Firewall dan MAC Filtering. Klik Enable pada bagian MAC Filtering Enable dan klik Blacklist pada bagian MAC Filtering Blacklist/Whitelist. Jangan lupa klik Apply setelah melakukan proses tersebut agar pengaturannya dapat diterapkan.

Langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah dengan menambahkan perangkat yang telah mencuri WiFi dengan cara klik Add. Menu tersebut akan menuntun pengguna untuk memasukkan MAC Address yang telah dicatat sebelumnya. Ketika alamat tersebut, kemudian ganti enable menjadi disable agar perangkat tersebut tidak bisa lagi mengakses secara sembunyi-sembunyi WiFi pengguna. Terakhir, klik apply pada bagian bawah.

5. Proses Selesai

Semua langkah-langkah telah dilakukan dan sekarang pengguna dapat tidur dengan tenang karena sudah tidak ada lagi pencuri WiFi yang meresahkan. Suatu saat jika WiFi sudah mulai lemot, langsung saja cek barangkali ada perangkat lain yang menggunakan WiFi pengguna secara tersembunyi.

Mudah sekali melakukan cara memblokir pengguna WiFi Indihome yang telah disampaikan di atas. Pengguna pun tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk mendeteksi pencuri tersebut. Segera cek sekarang juga agar tidak merugikan pengguna secara terus menerus. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.