Cara Melihat Subscriber Real Time untuk Mengamati Live Count YouTube

By

'

Mencapai ratusan hingga ribuan follower tentu hal yang menyenangkan bagi seorang youtuber. Moment tersebut kadangkala diabadikan dan dijadikan konten sambil menunggu detik-detik target jumlah subscriber tercapai. Tentu banyak orang penasaran bukan bagaimana cara melihat subscriber real time seperti yang dilakukan kebanyakan youtuber. Ternyata ada caranya tersendiri untuk memantau penambahan tersebut.

Subscriber merupakan hal penting yang dimiliki oleh seorang youtuber dan kerap kali dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan konten kreator YouTube disamping jumlah view. Untuk dapat mengamati penambahan jumlah subscriber di Youtube atau platform lain seperti Twitter, Mixer hingga Daily Motion pengguna cukup ikuti langkah di bawah secara berurutan.

Melalui Situs Social Blade

Situs Social Blade dengan alamat socialblade.com cukup terkenal di kalangan para youtuber untuk menghitung subscriber mereka secara real time. Begitu juga dengan para penikmat  YouTube yang penasaran sebanyak apa pertambahan subscriber YouTube pada akun yang diikutinya. Untuk itu, simak langkah menggunakan Social Blade berikut dengan saksama:

  • Melalui mesin pencari baik itu di ponsel maupun laptop, tulis alamat https://socialblade.com pada kolom url yang tersedia.
  • Tunggu sampai situs terbuka. Situs Social Blade didominasi warna hitam dengan bar menu berwarna merah.
  • Pada bagian sebelah kiri atas, pengguna dapat menemukan logo dan tulisan YouTube serta panah ke bawah yang dapat ditekan. Panah tersebut mengantarkan pengguna pada pilihan platform lain selain YouTube. Aplikasi lain yang dapat dilihat subscribernya melalui situs ini cukup lengkap diantaranya TikTok, Facebook, Dlive dan lain-lain.
  • Jika ingin melihat subscriber pada platform YouTube, pastikan menu yang dipilih adalah YouTube. Pengguna bisa juga menekan menu “Live Count/Realtime” dan pilih “YouTube Live Sub Count”. Kedua cara ini sama-sama akan menunjukkan live count YouTube yang diinginkan pengguna.
  • Pada kolom pencari tuliskan nama akun YouTube yang ingin dilihat. Jika username tersebut memiliki kesamaan dengan banyak akun, sistem akan memunculkan daftarnya dan pengguna dapat memilih yang sesuai.
  • Setelah akun yang tepat ditekan, sistem akan menunjukkan laman dengan banyak detail dan grafik terkait akun tersebut. Klik pada menu “Live Subscriber Count” yang berada di bawah nama akun YouTube.
  • Dengan begitu, real time subscriber akan ditampilkan berapa angka yang besar.

Mengetahui YouTube Subscriber Live Count dengan Situs Nox Influencer

Cara melihat subscriber real time berikutnya dapat memanfaatkan situs Nox Influencer. Memiliki sistem yang hampir sama dengan Social Blade, situs ini khusus digunakan untuk platform YouTube saja. Nox Influencer lebih sederhana dari segi tampilan daripada Social Blade karena fitur yang dimiliki juga tidak sebanyak Social Blade.

Untuk menggunakannya, pengguna perlu memasukkan url https://id.noxinfluencer.com/ pada kolom alamat lalu tekan enter. Display website ini langsung menunjukkan pengguna kolom pencari untuk memasukkan alamat YouTube atau mengetikkan usernamenya langsung. Ketika mengetik, sistem akan memberikan rekomendasi akun yang memiliki kata atau huruf yang sama.

Tekan pada tombol “Baca Sekarang” dan tunggu sistem berproses. Nox Influencer akan menampilkan real time subscriber beserta jumlah subscriber yang sudah dimiliki. Situs ini memberikan pembaruan jumlah subscriber secara langsung setiap detik. Dibawahnya, terdapat grafik yang menunjukkan pertambahan tersebut selama jangka waktu satu jam kebelakang.

Agar cara melihat subscriber real time benar-benar tepat waktu, pastikan jaringan internet yang digunakan stabil dan tidak memiliki gangguan. Jika internet terganggu sistem akan sulit memperbaharui jumlah live count. Hal ini mengakibatkan pertambahan tersebut akan terjadi secara tiba-tiba di waktu berikutnya karena dibarengi dengan waktu ketika jaringan yang digunakan buruk.