Cara Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP Biasa Mudah dan Cepat

By

Sebelum adanya android, HP biasa banyak digunakan masyarakat dan berkomunikasi melalui SMS maupun telepon langsung. Sebut saja HP Nokia, Samsung, Motorola cukup merajai pasar pada masanya. Jika memiliki pesan tersimpan di HP jadul tersebut ada cara melihat SMS yang sudah dihapus di HP biasa yang bisa dilakukan untuk nostalgia pada pesan-pesan yang pernah dikirim.

Selain untuk nostalgia, banyak juga yang menggunakan HP biasa beberapa tahun ke belakang untuk mengirim pesan-pesan. Tidak adanya layanan back-up menjadikan pesan yang tersimpan tidak memiliki cadangan sehingga jika sudah terhapus sulit mengembalikannya lagi. Setidaknya beberapa cara di bawah bisa dicoba untuk mengembalikan pesan pada HP biasa tanpa back-up tersebut.

Manfaatkan Pengaturan Bawaan dari HP

Setiap HP baik itu yang sudah tidak lagi ramai di pasaran maupun yang sedang banyak digandrungi pastinya memiliki pengaturan untuk sistem yang ada di dalamnya. Pada beberapa tipe HP fitur dalam pengaturan tersebut salah satunya berupa bantuan untuk mengembalikan pesan yang telah terhapus. Cara melihat SMS yang sudah dihapus di HP biasa bisa juga dengan langkah berikut ini:

  • Pada HP yang ingin dilihat pesan terhapusnya masuklah ke menu pengaturan.
  • Dalam menu pengaturan terdapat pilihan-pilihan lain yang tertuju pada konfigurasi tertentu. Disini pilihlah “Akun dan Pencadangan”. Pilihan tersebut memiliki logo serupa bentuk kunci.
  • Dalam opsi pencadangan ini carilah tulisan “Pencadangan dan Pemulihan” lalu klik pada tulisan tersebut. Umumnya tulisan ini berada pada barisan atas sehingga tidak perlu scrolling terlalu jauh.
  • Selanjutnya pengguna bisa menekan pada “Pulihkan Data” di menu tersebut. Pada ponsel Samsung, akan ada keterangan untuk memakai Samsung Account sebagai tempat memulihkan data.
  • Masuk ke dalam menu pemulihan data untuk mengambil data-data yang akan dipulihkan. Dalam menu tersebut terdapat beragam data ponsel seperti pesan, kontak, panggilan hingga kalender. Kasus ini membahas tentang mengembalikan SMS, silahkan pilih pada “Pesan”.
  • Ketika sudah menekan tulisan pesan tadi, klik tombol “Pulihkan”.
  • Pada tahap ini dibutuhkan data seluler agar proses pengembalian data bisa segera berjalan. Klik “Ok” ketika pengguna setuju akan pemakaian data seluler.
  • Tunggu proses pemulihan SMS selesai. Akan muncul pemberitahuan data dipulihkan setelah proses selesai. Dengan begitu, SMS yang sudah dihapus telah kembali pada menu pesan dalam ponsel.

Menggunakan Alat Bantu Tambahan Berupa SIM Card Reader

Jika ponsel pengguna tidak dilengkapi dengan pengaturan di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan perangkat tambahan yakni SIM Card Reader. Pada dasarnya, data yang dihapus pada ponsel tidak sepenuhnya hilang. Sistem masih menyimpannya sehingga ada kemungkinan data tersebut dapat diakses kembali dengan cara tertentu. Begitu pula SMS yang disinyalir tidak langsung hilang ketika dihapus.

Alat yang membantu untuk membaca SIM Card ini memiliki kegunaan untuk mengakses semua data yang ada di kartu SIM entah itu yang masih ada di display ponsel maupun yang sudah dihapus sebelumnya. Kartu SIM dimasukkan ke alat tersebut lalu disambungkan ke komputer/laptop. Walaupun menggunakan alat bantu, penggunaan SIM Card Reader tetap memerlukan software tertentu agar bisa memproses data. Jadi, data yang ada pada kartu SIM dapat dibaca dan dipindahkan untuk dipilih mana data penting yang harus disimpan.

Dengan mengikuti langkah mengenai cara melihat SMS yang sudah dihapus di HP biasa pesan yang dihapus bisa dilihat kembali. Ada beberapa perbedaan pada setiap tipe HP untuk memulihkan pesan-pesan di dalamnya. Hanya saja, pada dasarnya hanya penyebutan menu-menunya saja yang berbeda.