Cara Melihat Live Instagram Teman yang Sudah Selesai Walaupun Sedikit Rumit

By

Memiliki banyak teman di sosial media termasuk Instagram tentunya menyenangkan. Pengguna dapat berbagi cerita dan kegiatan sehari-hari melalui fitur Instagram Story. Ketika seorang teman melakukan live, pengikutnya dapat melihat apa yang ia lakukan. Kini, tidak perlu khawatir jika tertinggal karena ada cara melihat live Instagram teman yang sudah selesai dan seketika bisa menontonnya kembali.

Banyak orang yang melakukan cara ini ketika tidak sempat menonton live teman atau idolanya karena memiliki kesibukan. Bisa jadi live tersebut mengandung informasi atau hal-hal yang ingin diketahui pengguna. Gunakan cara menonton ulang live Instagram di bawah ini agar tetap mengetahui apa yang dilakukan saat teman sedang live.

Menggunakan Fitur Chrome Instagram Story

Salah satu cara melihat live Instagram teman yang sudah selesai adalah dengan memanfaatkan Chrome. Mesin pencari ini memiliki fitur lain yang terpisah yaitu ekstensi Chrome Instagram Story yang ketika dijalankan pada Chrome, dapat mengakses Story pada Instagram. Simak langkah di bawah dengan seksama:

1. Jalankan Chrome Instagram Story Terlebih Dahulu

Buka Chrome pada perangkat lalu ketikkan “Chrome IG Story” sebagai kata kunci dan pilihlah pada situs-situs yang tersedia untuk mengunduhnya. Jika ekstensi ini sudah terunduh, silahkan buka dan login ke akun Instagram pribadi. Ekstensi ini tidak hanya untuk melihat live Instagram yang terlewat namun, story yang sudah terhapus pun dapat dimunculkan.

2. Login dan Temukan Akun yang Diincar

Login yang benar akan mengantarkan pengguna ke laman baru serupa Instagram. Disini pengguna bisa melakukan pencarian pada akun yang ingin dilihat live Instagramnya yang terlewat. Baik itu teman, rekan kerja, keluarga, sampai idola sekalipun. Jika akun telah ditemukan, ada tanda unduh di sebelah kanannya. Klik tanda panah ke bawah tersebut.

Ketika icon tersebut dan klik, laman pemberitahuan akan muncul yang berisi informasi mengenai siaran live, sehingga berkas video dan audio yang dipisah. Waktu siaran live tersebut benar-benar akan menghilang pun ditampilkan. Pengguna bisa menekan pada “Open Video URL” dan “Open Audio URL” lalu tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

3. Ubah Format yang Belum Sesuai

Sebelum digabungkan, format audio yang masih MP4 perlu diubah ke MP3 melalui situs Audio Converter yang dapat dicari pada browser. Ketika situs terbuka maka masukkan audio tadi dan disarankan memilih hasil dengan kualitas terbaik. Akhiri mengubah format dengan tekan pada “Convert” lalu “Download”.

4. Gabungkan Kedua File yang telah Diunduh

Setelah file audio MP3 terunduh, video dan audio tadi harus digabungkan menggunakan aplikasi tambahan seperti Video Editor. Jika belum memilikinya, silahkan unduh terlebih dahulu dan pasang pada perangkat. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan masukkan file audio MP3 dan video MP4 tadi. Klik “Upload” lalu “Download”. Live Instagram yang tertinggal sudah bisa dilihat.

Manfaatkan Aplikasi Live Instagram Downloader

Selain cara di atas, kadangkala orang yang sudah live instagram menyimpan live tersebut pada akunnya sehingga orang yang tertinggal bisa menonton langsung. Jika ingin mengunduh live tersebut, pengguna dapat memasang aplikasi Story Save+ for Instagram untuk mendapatkan file live tersebut. Caranya masuk pada aplikasi yang sudah diunduh dan login dengan akun Instagram sendiri.

Pada tulisan Replay akan ada live Instagram yang sudah lewat dan tersimpan. Cari live yang diinginkan dan buka videonya. Disana akan ditemukan icon download serupa panah ke bawah. Tekan pada icon tersebut dan unduhan akan otomatis berada pada galeri. Pengguna bisa menonton live tersebut kapan saja.

Meski uraian pertama cara melihat live Instagram teman yang sudah selesai di atas cukup rumit,  hal ini sebanding dengan siaran yang dapat kembali ditonton saat sudah selesai dan tidak disimpan oleh akun tersebut. Pengguna akan sangat beruntung jika live tersebut disimpan karena hanya perlu menontonnya langsung di akun Instagramnya atau dapat mengunduhnya seperti cara kedua.