Cara Melihat Isi Cadangan WhatsApp di Google Drive Simpel

By

Aplikasi berbalas pesan WhatsApp, terkadang digunakan untuk mengirim berbagai data penting seperti dokumen, foto maupun video bahkan isi pesan itu sendiri. Agar data-data tersebut tidak hilang, perlunya membuat back-up pada tempat yang disediakan WhatsApp dalam hal ini adalah Google Drive. Lantas, sulitkah cara melihat isi cadangan WhatsApp di Google Drive?

Membuat cadangan isi WhatsApp bisa menjadi kewajiban untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu seperti WhatsApp error, ganti ponsel maupun memori penyimpanan penuh. Dengan memiliki cadangan, pengguna bisa menghapus data di aplikasi dan ruang ponsel menjadi semakin luas. Seperti yang telah dijanjikan, berikut cara menyimpan dan membuka kembali cadangan di Google Drive.

Menyimpan Data WhatsApp di Google Drive sebagai Cadangan

Aplikasi dengan logo berwarna hijau ini menyediakan kemudahan bagi penggunanya yang ingin memiliki back-up WhatsApp di Google Drive. Tanpa perlu repot menyalin masing-masing chat, lewat fitur pada aplikasi WhatsApp data bisa dicadangkan dalam sekejap mata. Agar berjalan lancar, pastikan koneksi internet bagus dan jaringan yang kuat. Berikut cara untuk membuat back-up WhatsApp pada Google Drive:

  • Akses aplikasi WhatsApp serta biarkan layar berada pada laman pesan.
  • Carilah icon tiga titik di ujung kanan atas. Disana merupakan daftar pilihan yang akan menggiring ke laman tertentu. Tekan pada tulisan “Setting” atau jika menggunakan default bahasa indonesia, klik setelan.
  • Menu Setting membawa pengguna ke laman berikutnya. Laman baru ini berupa pilihan-pilihan lain. Temukan “Chat” dan ketuk disana.
  • Ketuk pada logo awan atau klik tulisannya yakni “Chat Backup” atau Cadangkan Chat.
  • Langkah terakhir tekan tombol “Back Up” dengan pengaturan agar Google Drive mencadangkannya.

Melihat Chat serta Dokumen yang Telah Dicadangkan melalui Google Drive

Kini saatnya mempelajari cara melihat isi cadangan WhatsApp di Google Drive ketika sudah ada data yang di backup disana. Ada dua pilihan yang bisa digunakan yaitu melalui ponsel secara langsung maupun lewat browser di laptop. Kedua pilihan tersebut mudah dilakukan jika cara di bawah diikuti benar:

1. Melalui Android

Agar mudah, pengguna bisa langsung menggunakan android untuk masuk ke cadangan WhatsApp. Pastinya aplikasi Google Drive harus sudah terinstall dan melalui akun yang sama seperti ketika mencadangkan WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari icon Google Drive pada smartphone lalu klik. Pastikan akun Google yang login sesuai. Jika belum pengguna bisa melakukan login ulang.
  • Di ujung kanan atas, carilah icon 3 garis pendek horizontal dan tekan.
  • Menu tersebut berisi macam-macam menu yang digunakan untuk konfigurasi akun. Ketuk pada menu “Back Up” atau cadangan.
  • Tunggu sistem memproses perintah dan lihat, data yang dicadangkan akan muncul.

2. Melalui PC/Laptop

Beberapa orang merasa layar ponsel terlalu kecil dan menginginkan dapat membuka cadangan dengan layar lebih besar. Tanpa memerlukan emulator di komputer untuk membuka aplikasi android, membuka Google Drive melalui browser bisa menjadi jawabannya.

  • Buka mesin pencari, tuliskan alamat https://drive.google.com di kolom url. Pengguna bisa memakai browser apa saja, baik itu bawaan komputer maupun yang sudah terinstall.
  • Login dengan akun yang sama saat mencadangkan WhatsApp.
  • Tunggu proses load selesai, pengguna akan menemukan icon bunga di bagian kanan atas. Klik pada icon tersebut.
  • Di dalam icon klik menu “Setelan” dan dilanjutkan dengan klik “Kelola Aplikasi”.
  • Cari sampai bawah hingga menemukan “WhatsApp Messenger” yang terdapat pada list tersebut.
  • Tunggu sampai muncul keterangan “Data Aplikasi Tersembunyi”.
  • Setelahnya, pengguna dapat menekan tombol “Opsi” agar cadangan WhatsApp dapat ditampilkan.

Cara melihat isi cadangan WhatsApp di Google Drive tidaklah sulit jika memahami langkah-langkahnya dengan benar. Mencadangkan seluruh file dengan bantuan Google Drive sangat membantu jika tiba-tiba terjadi hal yang menyebabkan data hilang pada WhatsApp itu sendiri. Dengan begitu, data pengguna dapat diamankan dan terjaga dengan baik.