Cara Melihat IP Address Wifi bagi Wifi-nya yang Sering Lemot

By

Saat ini, peretasan jaringan wifi marak terjadi. Ironisnya, kegiatan ini bisa mengganggu jaringan sehingga jaringan lemot bahkan error. Untuk itu, si pengguna harus mengetahui cara melihat IP Address Wifi supaya bisa membedakan yang mana alamat IP pribadi dan yang mana alamat IP peretas.

Jika alamat IP peretas wifi sudah diketahui, tentu pengguna bisa segera menghapusnya. Lalu meningkatkan sistem pengaman jaringan. Pengguna tinggal mengunduh aplikasi anti retas saja lalu install di android maupun di komputer. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

Manfaat Mengetahui Alamat IP WiFi

Ada banyak manfaat mengetahui alamat IP WiFi atau IP Address WiFi. Salah satunya, manfaat untuk keamanan sekaligus manfaat untuk maintenance atau perawatan. Untuk manfaat keamanan sudah dijelaskan di atas, sedangkan manfaat untuk perawatan lebih ke arah perbaikan-perbaikan jika ada kendala dengan WiFi.

Terkadang, pihak Telkom akan meminta IP Address WiFi sebelum mulai melakukan perbaikan. Jika pengguna tidak bisa menunjukkannya, maka pihak Telkom sendiri yang akan mendeteksinya dengan menelpon operator di kantor atau mengecek sendiri via ponsel dan komputer pengguna.

Cara Melihat Ip Address WiFi

Jika membaca ulasan di atas, sejatinya pengguna sendiri harus mengetahui Ip Address WiFi miliknya. Cara melihat IP Address WiFi sangat mudah serta bisa menggunakan tiga cara yaitu, melihat via komputer PC, melihat via ponsel android dan melihat melalui fitur CMD. Ketiga cara melihat IP Address WiFi di atas akan dijelaskan di bawah ini. Pengguna bisa menggunakan cara ini daripada harus menelepon pihak Telkom. Ini cara-cara yang dimaksud:

1. Melihat IP WiFi via Komputer

Jika WiFi tersambung ke komputer PC, maka pengguna bisa melihat IP Address WiFi langsung dari PC yang terhubung menggunakan kabel LAN. Sementara, caranya sangat mudah yaitu silakan masuk ke Control Panel lalu kemudian pilih Open Network and Sharing Center.

Selanjutnya silahkan klik link biru bertuliskan Local Area Connection lalu klik Details. Selesai, alamat IP WiFi sudah muncul dan tinggal dicocokkan saja dengan alamat IP WiFi yang muncul pada aplikasi anti retas jaringan.

2. Cek IP WiFi via Smartphone

Mengecek IP WiFi juga bisa menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Caranya juga cukup mudah dan yang terpenting ponsel harus tersambung ke jaringan internet terlebih dahulu. Langkah pertama adalah silahkan buka ponsel lalu tekan ikon roda bergigi atau fitur Setting.

Setelah itu tab Wifi dan tunggu sejenak sampai semua alamat jaringan muncul pada layar baru. Selanjutnya silahkan klik jaringan WiFi milik sendiri. Tunggu beberapa saat, sampai pop up berhenti berjalan. Selesai, biasanya alamat IP sudah muncul dan bertuliskan IPV4 atau IPV6.

3. Menemukan IP Wifi Address menggunakan Fitur CMD

Cara paling populer untuk menemukan Ip WiFi Address adalah mencari menggunakan fitur CMD. Silahkan pengguna buka komputer lalu tekan tombol Windows dan R secara bersamaan. Jika kolom RUN sudah muncul silakan ketikkan saja CMD.

Nantinya pada layar Command Prompt silahkan masukkan ipconfig dengan benar. Selanjutnya tekan tombol Enter di keyboard. Selesai, silahkan periksa alamat IP WiFi yang biasanya muncul di bawah Default Gateway.

Itulah beberapa cara melihat IP Address WiFi yang paling mudah dan tidak ribet. Jika sudah ketemu, silahkan alamat dicatat sehingga kalau sekali waktu alamat dibutuhkan pengguna bisa langsung membuka dan melihatnya.