Cara Melihat Data yang Tersimpan di Akun Google dengan Cepat

By

'

Data berupa foto, video hingga kontak yang ada pada ponsel dapat disinkronkan secara otomatis sehingga tersimpan pada akun Google. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data-data tersebut dalam ponsel karena telah dicadangkan. Adapun cara melihat data yang tersimpan di akun Google disesuaikan dengan data yang disimpan apakah itu kontak atau foto.

Berkas cadangan ini dapat digunakan sewaktu-waktu ketika mengganti smartphone atau hilang. Asalkan pengguna memiliki akun Googlenya dalam hal ini Gmail, mengembalikan data yang hilang selama sudah tersimpan selalu bisa dilakukan kapan saja. Untuk itu, simak uraian pada artikel ini dengan saksama.

Melihat Daftar Kontak yang Dicadangkan pada akun Google

Sebelum masuk ke cara melihat data yang tersimpan di akun Google, pengguna tentu harus sudah memiliki data tersimpannya terlebih dulu. Kali ini, data yang akan dicadangkan pada akun Google adalah kontak telepon. Caranya masuk ke “Setting” dan klikAccounts” lalu pilih “Google”.

Ketika menekan Google, akan muncul akun Google Mail yang masih tersimpan pada ponsel. Pilih pada akun yang ingin digunakan sebagai tempat menyimpan data. Setelah akun dipilih, temukan “Contacts” dan centang. Pengguna juga bisa centang seluruh data jika ingin data-data tersebut ikut disinkronkan.

Setelah data tersimpan, cara melihatnya bisa melalui situs contact.google.com yang dapat diakses melalui mesin pencari. Pastikan koneksi internet stabil agar proses ini berjalan dengan baik. Ketikkan alamat https://contact.google.com pada browser lalu tekan enter. Disana, pengguna perlu login terlebih dulu menggunakan akun tempat menyimpan data. Dengan begitu kontak akan langsung dimunculkan.

Melihat Foto dan Video yang Tersimpan melalui Google Photos

Setelah kontak sudah tersedia di Google, kali ini pengguna perlu mengetahui bagaimana cara melihat foto yang tersimpan pada Google Photos. Pastinya pengguna harus memiliki aplikasi Google Photos yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Sebelum diakses sinkronkan terlebih dahulu foto yang ada pada ponsel ke Google. Caranya, masuk ke galeri untuk mengakses foto dan tekan pada menu yang berada pada kanan atas. Simbol menu akan berbeda-beda pada setiap ponsel.

Di dalam menu tersebut klik “Setting” untuk menemukan lokasi back-up. Selanjutnya, pengguna bisa menyimpan foto-foto beserta video yang ada ke Google Drive dengan mengaktifkan pilihan Google Drive. Setelah ada data tersimpan, untuk mengecek dan melihat apakah data tersebut sudah masuk adalah dengan menggunakan aplikasi Google Photos yang sudah diunduh tadi. Caranya buka Google Photos dan klik pada pilihan “Photos” di menu bawah.

Disana foto dan video pengguna akan ditampilkan baik itu yang sudah diunggah maupun yang belum. Untuk mengetahui perbedaan antara foto yang sudah dicadangkan dan belum dicadangkan dapat dilihat pada tanda awan yang dimiliki pada setiap foto dan video. File yang belum dicadangkan memiliki icon awan dengan garis diagonal serupa coretan pada masing-masing foto atau videonya. Sementara yang sudah dicadangkan, tanda tersebut tidak ada.

Buka File Melalui Situs Google Drive

Jika tidak ingin menginstall aplikasi, ada cara lain untuk melihat data di Google yaitu melalui situs drive.google.com. Buka situs ini melalui browser dan login menggunakan akun yang sama ketika menyimpan data. Disana pengguna akan menemukan file-file tersimpan yang bisa diurut berdasarkan nama, terakhir modifikasi dan lain-lain.

Ponsel yang telah disinkronkan ke akun Google secara otomatis menyimpan semua datanya pada Google. Pengguna bisa memilih data mana saja yang akan disinkronkan atau bahkan memilih semuanya. Cara melihat data yang tersimpan di akun Google ini bisa dicoba untuk melihat data apa saja yang sudah dicadangkan.