Cara Ganti Password WiFi Huawei dengan Mudah dan Cepat

By

Zaman digital sekarang ini, internet seakan menjadi kebutuhan masyarakat untuk mengakses internet dan mempermudah suatu pekerjaan. Total pengguna WiFi juga semakin melonjak tajam, salah satunya pengguna WiFi Huawei. Langkah ganti password WiFi Huawei tidak banyak diketahui pengguna.

Padahal, langkah untuk mengubah kata sandi di WiFi sangat mudah. Password WiFi terkadang perlu diubah. Apalagi jika WiFi sudah banyak dibobol oleh pengguna yang tidak bertanggungjawab yang bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lambat.

Langkah Mengganti Kata Sandi WiFi Huawei

Banyak orang yang tidak paham cara mengganti password WiFi karena lebih memilih orang lain yang ahli bidangnya untuk melakukannya. Padahal, perubahan password WiFi bisa dilakukan dengan gampang. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk ganti password WiFi Huawei yang dapat dicoba:

1. Bukalah Alamat Browser

Tidak sulit mengubah password baru pada WiFi. Cukup mengikuti langkahnya dari awal hingga akhir. Langkah awal adalah memastikan bahwa perangkat yang dijalankan telah tersambung dengan jaringan internet via WiFi. Selanjutnya adalah membuka browser dengan mengetikkan alamat IP 192.168.100.1.

Lalu, pengguna bisa menekan enter. Pengguna akan ditunjukkan ke tampilan halaman pertama WiFi Huawei. Apabila alamat IP tersebut tidak mampu diakses, maka bisa dicoba memakai alamat IP lain yang sesuai.

2. Memasukkan Username dan Password

Berikutnya, pengguna diminta untuk memasukkan username dan password pada kotak yang disediakan. Username yang biasanya dipakai yaitu root atau telecomadmin. Sementara, passwordnya yaitu  admin atau admintelecom. Pilihlah yang cocok dengan tipe router Huawei. Apabila masih tidak bisa, alternatif terakhir adalah menggunakan username support dan password theworldinyourhand.

3. Mengganti Password

Cara ganti password WiFi Huawei selanjutnya adalah mengganti kata sandi WiFi Huawei. Pengguna bisa menekan ‘WiFi Settings’. Berikutnya, pengguna akan ditunjukkan ke tampilan untuk mengatur password WiFi. Pilihlah dengan cara klik ‘WiFi Basic Settings’ yang terdapat di pojok kiri.

Tidak hanya itu, password WiFi untuk Indihome Huawei tipe HG8245A atau HG8245H  juga dapat diubah melalui pengaturan WLAN, berikutnya arahkan ke WLAN Basic Configuration. Jangan lupa untuk mencentang enable WLAN. Tuliskan SSID Name dengan nama WiFi seperti yang diinginkan. Terakhir adalah mengetikkan WPA Pre Shared Key dengan password WiFi baru dan pilihlah apply lalu tutup browser.

4. Memasukkan Password

Tuliskan password terbaru di kotak bertuliskan ‘WiFi Password’. Gunakanlah password baru yang gampang dihafal serta mengkombinasikannya dengan huruf, angka, atau simbol. Langkah merubah password WiFi selesai dilakukan, langkah terakhir tinggal menyimpannya saja.

5. Tekan Save

Langkah terakhir merubah kata sandi WiFi Huawei adalah menyimpan password baru caranya pilih dan tekan ‘Save’. Cara ini dilakukan agar tidak mengubah kata sandi dari awal lagi. Jika tidak di save, maka kata sandi baru tidak akan tersimpan.

Cara Menjaga Keamanan WiFi

Salah satu masalah keamanan WiFi yang sering muncul adalah adanya  hacker handal yang menyerang WiFi. Keamanan WiFi dapat ditingkatkan oleh pengguna, seperti WiFi dengan memakai router Huawei HG245H5 mampu dilakukan dengan gampang. Ikutilah tutorial di bawah ini:

1. Buka Browser dan Login

Cara pertama yang biasa dilakukan adalah memasukkan alamat IP dan tekan enter. Username dan password diminta untuk mengetikkannya. Tekan tombol login agar beralih ke langkah selanjutnya.

2. Klik Advance

Apabila router sukses diakses, maka selanjutnya adalah memilih menu Advance. Pengguna akan diarahkan pada tampilan menu System Management, pilih Account Management. Lalu, isilah password WiFi yang lama dan baru. Keamanan WiFi mampu ditingkatkan dari serangan hacker  dengan langkah tersebut.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk ganti password WiFi Huawei dengan mudah dari awal yang disertai langkah pengamanan pada WiFi. Sesuaikan pengaturan password agar proses pergantian password dengan jenis tipe WiFi pada Huawei karena cara pengaturannya berbeda. Perubahan password dilakukan sebagai antisipasi terhadap pihak yang curang yang tidak izin mengakses WiFi milik orang lain.