3 Tips Mengajarkan Bahasa Asing Kepada Pemula

Sebagai seorang guru atau pengajar, penting lho memahami beberapa tips mengajarkan bahasa asing ini, terutama saat mengajar bahasa asing kepada pemula. Mengajar pemula bisa menjadi prospek yang menakutkan, terutama ketika itu adalah kelompok satu bahasa dan kamu tidak tahu bahasa mereka, atau itu adalah kelompok multibahasa dan satu-satunya bahasa umum adalah bahasa Inggris yang telah kamu tugaskan mengajar mereka.

Meskipun demikian, tidak hanya mungkin untuk mengajar pemula hanya melalui bahasa Inggris, tetapi juga bisa menjadi salah satu level yang paling bermanfaat untuk mengajar.

Untuk membantumu berhasil dalam menetapkan peserta didik kamu dengan kuat di jalur peningkatan kemahiran, berikut adalah tujuh tips untuk mengajar bahasa Inggris kepada pemula.

Simpan Instruksi dengan Jelas dan Sederhana

Mungkin menggoda ketika berbicara di kelas siswa, terutama yang baru saja kamu temui, untuk menjelaskan kegiatan dalam bahasa paling sopan. Lagipula, tidak ada yang suka bersikap kasar.

Namun, seorang siswa yang hanya memiliki beberapa kata bahasa Inggris, jika ada, tidak akan menghargai kesopanan (atau bahkan mengerti).

Alih-alih, buat instruksi menjadi jernih dengan menggunakan sesedikit kata yang diperlukan dan dengan memberi isyarat kapan pun memungkinkan, dan pilah serangkaian instruksi ke dalam unit yang lebih kecil. Jika Kamu ingin bersikap sopan, dengan “please” dan “thank you“.

Biarkan Mereka Mendengarkan Dulu

Kemungkinan besar, siswamu ingin mulai berlatih berbicara cukup banyak sejak awal. Namun, perlu beberapa saat bagi telinga seseorang untuk menyesuaikan diri dengan suara bahasa baru, dan tidak semua orang akan begitu tertarik.

Jangan memaksa siswa untuk berbicara sebelum mereka memiliki banyak kesempatan untuk mendengarmu menggunakannya. Kamu benar-benar harus mempertimbangkan apa yang kamu katakan dan menilai bahasamu.

Drill, Repeat, Drill, Repeat, Drill

Para pemula membutuhkan banyak pengulangan dan pengeboran, terutama saat mereka mulai terbiasa dengan suara bahasa baru mereka. Mungkin terasa membosankan untuk mengulangi kalimat yang sama berulang kali, tetapi itu perlu.

Saat mempraktikkan kalimat baru, cobalah mengebor kembali, memecah kalimat menjadi beberapa unit yang dapat dikelola dan kemudian membangunnya kembali, bekerja mundur dari akhir kalimat ke awal. Ini membantu memastikan bahwa intonasi Kamu alami dan Kamu mendapatkan unsur-unsur ucapan yang terhubung dengan benar.

Jika kamu ingin meningkatkan bahasa Inggris lisan untuk dewasa, kuncinya adalah terus membuat perbaikan dalam tata bahasa, tkamu baca, dan memperkaya kosakata. Selain itu, untuk mendapatkan latihan bahasa inggris prakerja  cobalah layanan dari EF Prakerja.

Ke 3 tips mengajarkan bahasa asing ini memang hanya sedikit dari ribuan tips lain yang bisa kamu temukan. Namun 3 tips ini mampu memberikan pemahaman terbaik buat kamu yang bingung menentukan cara dan strategi mengajar yang baik dan efektif.