7 Tips Membeli HP Bekas Secara Online Agar Tidak Tertipu

Membeli HP bekas sedikit berbeda dengan membeli HP baru. HP bekas tidak bisa asal beli, kita harus tahu kondisi sebenarnya. Apalagi jika membelinya secara online, rawan penipuan. Maka dari itu, kamu harus tahu dulu tips membeli HP bekas sebelum kamu membelinya.

Bukan hanya terjadi 1 atau 2 kali saja orang yang tertipu gara-gara membeli HP bekas secara online. Sudah banyak yang menjadi korbannya. Bahkan saya sendiri juga pernah menjadi korbannya.

Belajar dari kejadian yang pernah di alami sendiri, kali ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk temen-temen yang ingin beli HP bekas secara online.

1) Pilih Metode COD

COD (Cash On Delivery) adalah metode pembayaran yang wajib kamu gunakan saat kamu membeli HP bekas. Kenapa? Agar kamu bisa cek kondisi HP yang sebenarnya.

Dengan metode COD ini kamu bisa berinteraksi langsung dengan pemilik HP nya. Selain itu, kamu juga bisa cek kondisi fisik yang sebenarnya dari HP yang akan kamu beli.

Keren nya lagi, kamu bisa membatalkan transaksi jika kamu memang tidak merasa cocok. Jangan sungkan untuk menolak, karena pada akhirnya kamu yang akan memiliki HP nya.

2) Cek Kondisi & Spesifikasi HP

Saat kamu COD’an, kamu tentu akan melihat dengan jelas bentuk fisik dari HP yang akan kamu beli tersebut. Itu adalah kesempatan yang bagus untuk kamu memastikan kualitas HP yang akan kamu beli.

Cek fisiknya, buka casing dari HP yang akan kamu beli. Pastikan semua accecorisnya lengkap. Hindari pembelian HP bekas yang tidak lengkap accecorisnya.

Cek sofware nya, sebagai cara test paling sederhana adalah dengan restart HP tersebut. Pastikan logo merek terpampang di bagian screen pas HP nyala, jika beda maka HP tersebut sudah di ubah OS nya, atau HP tersebut palsu.

3) Cek Harga Pasar

Tips membeli HP bekas selanjutnya adalah cek harga pasar dari HP yang akan kamu beli. Ini untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan HP yang bagus, sesuai dengan harga dan menjauhi over price.

Jika penjual menawarkan harga yang over price dari standar market merk HP tersebu, maka kamu akan lebih mudah untuk melakukan penawaran. Tawar dengan harga standar pasar HP tersebut.

4) Jangan Beli Mahal

Tujuan utama membeli HP bekas adalah untuk mendapatkan harga HP yang lebih murah dengan fungsi yang sama, iya kan? Maka dari itu, jika anda membeli HP bekas jangan beli dengan harga mahal.

Dari pada anda membeli HP dengan harga mahal mending beli HP baru dengan spek yang sedikit lebih rendah. Karena HP bekas yang di beli mahal akan berisiko services yang pasti butuh biaya lebih mahal.

5) Beli di Tempat Terpercaya

Jika kamu membelinya di tempat-tempat khusus seperti di counter HP ataupun toko online teretentu, pastikan bahwa tempat kamu membeli tersebut memang tepercaya.

Jika kamu membelinya dari perorangan, pastikan kamu melakukan transaksi pembelian di tempat yang ramai dan kamu percaya dengan orang yang menjual HP tersebut.

6) Jangan Ragu Untuk Menolak Membeli

Kadang saat kita COD’an untuk membeli HP bekas dari seseorang kita merasa tidak enak. Kadang walaupun HP nya jelek dan tidak sesuai, kita malah memaksakan membelinya dengan alasan tidak enak.

Padahal tidak mengapa kamu tolak dan batalkan transaksinya, dengan alasan HP yang tidak sesuai dengan keinginan. Karena pada akhirnya kamu yang akan di rugikan.

Untuk mengatasi rasa tidak enak saat kamu COD’an saat beli HP bekas ini, kamu bisa atasi dengan memberikannya uang bensin. Biasanya dengan cara ini orang tersebut akan menerimanya dengan baik.

7) Lakukan Test Fitur & Hardware

Tips membeli HP bekas yang terakhir adalah melakukan pengetesan terhadap HP yang akan kamu beli. Test semua fitur yang ada pada HP tersebut baik hardware ataupun software.

Hal pertama yang harus kamu test adalah charger, pastikan charger original dan berfungsi dengan baik. Test juga headset, pastikan berfungsi dengan benar. Jangan lupa juga cek fitur software nya. Jalankan aplikasi yang ada disana, semuanya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.