Mandiri Sekuritas

Tips Jual Beli Saham Bagi Investor Pemula

Diposting pada

Para investor pemula tentu cemas ketika ia baru saja terjun ke dalam dunia sekuritas. Terlebih saat mendengarkan cerita horor yang dibuat-buat oleh para investor yang mengaku berpengalaman. Padahal terjun ke dalam dunia jual beli saham sangat mudah jika memahami dengan benar tips dan trik agar sukses. Berikut dalam artikel ini kamu akan dituntun memahami tips dan trik yang dimaksud. Jadi jangan berkecil hati dulu ya. Investor pemula ambillah koopi lalu baca artikel ini.

1. Pahami Dunia Investasi Antara Investasi dan Trading Saham

Tujuan investasi adalah untuk secara bertahap membangun kekayaan selama periode waktu yang panjang melalui pembelian dan kepemilikan portofolio saham, keranjang saham, reksadana, obligasi, dan instrumen investasi lainnya. Sekuritas lekat kaitannya dengan ini.  Investasi berlangsung selama periode tahunan, atau bahkan beberapa dekade. Tujuannya adalah mengambil keuntungan dari tunjangan seperti bunga dan dividen. Sementara jika pasar berfluktuasi tak bisa dihindarkan. Investor akan “keluar” dari tren dengan harapan bahwa harga akan naik dan setiap kerugian pada akhirnya akan pulih. Investor biasanya lebih peduli dengan fundamental pasar, seperti rasio harga/pendapatan dan perkiraan manajemen. Karena tujuannya adalah untuk menumbuhkan rekening selama beberapa dekade. Fluktuasi harian dari reksa dana yang berbeda kurang penting daripada pertumbuhan yang konsisten selama periode yang diperpanjang.

Perdagangan melibatkan transaksi yang lebih sering, seperti pembelian dan penjualan saham, komoditas, pasangan mata uang, atau instrumen lainnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan pengembalian yang mengungguli investasi beli. Sementara investor mungkin puas dengan pengembalian tahunan 10 persen hingga 15 persen, pedagang mungkin mencari pengembalian 10 persen setiap bulan. Keuntungan perdagangan dihasilkan dengan membeli dengan harga lebih rendah dan menjual dengan harga lebih tinggi dalam periode waktu yang relatif singkat. Kebalikannya juga benar: keuntungan perdagangan dapat dibuat dengan menjual dengan harga lebih tinggi dan membeli untuk menutup dengan harga yang lebih rendah (dikenal sebagai “short selling”) untuk mendapatkan keuntungan di pasar yang jatuh. Itu adalah yang dimaksud dengan trading.

2. Cari Sekuritas Yang Sesuai Dengan Kondisi kantong Kamu

Investor pemula umumnya memiliki modal yang sedikit. atau memiliki modal banyak tapi tidak berani mengisi modalnya terlalu banyak di perusahaan sekuritasnya. Itu tidak masalah, karena memang sebagian besar investor profesional pun mengawali karirnya dengan modal sedikit. Jadi kamu dengan modal kecil tak perlu minder. Segeralah melangkah. kamu harus cari perusahaan sekuritas yang dapata menerima modal kecil. langkah awalnya yaitu dengan membuka rekening. Ikuti dan pahami seluruh ketentuannya agar kamu tidak salah informasi di awal saat investasi. Setelah memastikan paham secara keseluruhan, lakukanlah top up modal awal ke rekening efek. nantinya itu menjadi e-money. Lalu e-money itulah nanti yang akan kamu gunakan dalam membeli saham.

Setiap transaksi yang kamu lakukan dikenakan biaya. biaya ini untuk membayar perusahaan sekuritasnya. misalnya ada sekuritas yang menerapkan biaya 0,19 persen untuk pembelian dan 0,25 persen untuk pembelian. Angka ini sebenarnya tidak cukup besar. Namun jika terlalu sering melakukan transaksi maka rekening kamu terus berkurang. Maka dari itu bijaklah dalam melakukan transaksi. Temukan waktu yang tepat kapan saat membeli dan menjual. Karena itu berpengaruh pada tabungan kamu.

3. Tekad Bulat dan Selalu Bersikap bijak Adalah Kunci

Siapa pun dapat berinvestasi di pasar saham, tetapi Anda harus memasukkan uang ke dalam rekening pensiun dan tabungan tradisional terlebih dahulu. Kebanyakan orang akan melihat pengembalian yang lebih baik dari berinvestasi dalam dana indeks yang luas dan berbiaya rendah daripada mencoba memainkan pasar saham sehari-hari. Jika Anda berencana untuk berdagang saham individu, mulailah dari yang kecil dan lakukan riset sendiri. Jangan membabi buta mengikuti nasihat pakar atau investor terkenal.

Kamu harus berani dengan membulatkan tekad serta selalu bersikap bijak dan tidak mudah terpengaruh orang lain. Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat. Sebagai pemula dalam hal jual beli saham disarankan untuk memakai Mandiri Sekuritas.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action