cara membuat lamaran kerja
Menulis surat lamaran | Carapedi.id

Tips Cara Membuat Lamaran Kerja Dan Contohnya

Diposting pada

Cara membuat lamaran kerja tidaklah sulit. Artikel ini akan menjelaskan kepada anda tips-tips cara membuatnya dengan baik dan benar. Anda juga akan menemukan contoh membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tersebut agar anda bisa dengan mudah di terima kerja di perusahaan yang anda inginkan.

Membuat lamaran kerja memang perlu anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan lamaran kerja akan menjabarkan diri anda kepada pihak perusahaan secara singkat.

Pentingnya membuat lamaran kerja yang bagus

Lamaran kerja adalah deskripsi diri anda secara singkat. Dimana dari surat lamaran kerja lah perusahaan yang anda lamar bisa tahu diri maksud dan tujuan anda melamar kerja.

Maksud dan tujuan membuat lamaran kerja yang bagus dan benar diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mendapatkan simpati dari perusahaan yang anda lamar
  2. Menjabarkan diri anda secara jelas
  3. menunjukan profesionalisme diri anda
  4. Meningkatkan trust perusahaan yang anda lamar
  5. Menunjukan keseriusan anda melamar kerja

7 Tips cara membuat lamaran kerja

Sebelum anda mulai menulis surat lamaran kerja anda, maka anda perlu membaca beberapa tips menulis surat lamaran kerja. Nah beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Baca persyaratan yang diberikan perusahaan kepada setiap pelamar dengan baik, ikuti semua aturan yang diberikan perusahaan tersebut
  2. Gunakan bahasa formal saat anda menulis lamaran kerja agar lebih mudah di pahami dan juga lebih terlihat formal
  3. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami, sederhana dan tidak bertele-tele
  4. Pada bagian penulisan nama dan jabatan serta nama perusahaan harus dilakukan dengan baik, benar dan jelas sesuai dengan aturan penulisannya
  5. Setelah anda selesai membuat surat lamaran kerja, silahkan anda baca 2 sampai 3 kali surat lamaran kerja yang anda buat tersebut, hal ini untuk menganalisis seberapa bagus surat lamaran tersebut
  6. Penting untuk anda perhatikan, pastikan surat lamaran kerja anda tidak ada coretan, bekas menghapus, kotoran ataupun kertasnya lecet. pastikan surat lamaran kerja tertata dengan rapi dan baik
  7. Jika anda membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan tulisan tangan, jangan menggunakan tulisan dengan gaya huruf tegak bersambung. Gunakan gaya penulisan lain agar tulisan anda lebih rapi dan bisa di baca dengan mudah

Langkah-langkah cara membuat lamaran kerja

Cara membuat lamaran kerja tidaklah sulit, ada banyak format lamaran kerja yang bisa anda buat. Nah yang saya uraikan berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja umum yang bisa anda buat.

Untuk anda yang belum mengetahui cara membuatnya, berikut ini adalah beberapa langkah cara membuatnya:

A. Tulis tempat dan tanggal surat

Pertama silahkan anda tulis tempat dan tanggal pembuatan penulisan surat lamaran kerja nya. Secara umum, tanggal penulisan surat lamaran kerja ini biasanya ada di bagian pojok kanan atas. Silahkan anda tulis tanggal pembuatan surat lamaran nya pada bagian pojok kanan atas surat.

B. Tulis tujuan pembuatan surat lamaran

Tulis tujuan surat lamaran kerja dengan menggunakan rata kiri. Berikan kata penghormatan terlebih dahulu, seperti kepada Yth, HRD PT Astra Honda Motor di Jalan Raya Kalimantan Cikarang Jawa Barat.

Jika anda menuliskan nama HRD nya maka anda tuliskan gelar yang dimiliki nya. Berikan ketengan bapak atau ibu sebelum namanya. Namun jika anda menuliskan jabatannya maka sebaiknya, jangan anda sebutkan juga bapak atau ibu nya.

C. Tulis salam hormat

Tuliskan salam hormat setelah tujuan surat lamaran kerja. Tulis dengan menggunakan bahasa formal dan baku agar anda terlihat profesional. Contohnya anda tuliskan dengan menggunakan kata “Dengan Hormat “.

D. Tulis kata pengantar atau pembukaan

Dalam kata pengantar, silahkan anda masukkan apa tujuan anda melamar kerja, dari mana anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaannya, serta posisi apa yang anda lamar di perusahaan tersebut.

E. Tulis biodata anda

Ini merupakan salah satu bagian terpenting cara membuat lamaran kerja. Silahkan anda buat biodata anda dengan detail dan ringkas. Masukkan kontak yang bisa di hubungi, alamat lengkap, nama lengkap dan tempat serta tanggal lahir anda.

F. Tuliskan pengalaman kerja anda

Jika anda memang memiliki pengalaman bekerja, maka sebaiknya anda masukkan pengalaman anda tersebut pada bagian akhir surat lamaran kerja. Tulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan runtut.

G. Tulis penutup

Pada bagian penutup silahkan anda gunakan kata-kata penutup dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami. Khusus pada bagian penutup ini sampaikan bahwa anda memiliki keinginan kuat untuk bekerja di perusahaan yang anda lamar tersebut. Jangan lupa juga anda tulis ucapan terimakasih pada bagian bawahnya.

H. Tulis lampiran

Saat anda membuat surat lamaran kerja anda pasti akan menyisipkan berbagai dokumen lamaran nya. Nah silahkan anda sebutkan apa saja lampiran yang akan anda masukkan pada surat lamaran anda tersebut.

Contoh contoh surat lamaran kerja 2019

Nah untuk anda yang belum tahu bagaimana contoh surat lamaran kerja berpengalaman, berikut ini saya berikan contoh nya untuk anda.

Bandung, 23 Maret 2019

Kepada Yth

HRD Manager PT. Astra Honda Motor (AHM)

PT. Astra Honda Motor

Jl. Raya Kalimantan Blok AA-1 Cikarang Barat Kawasan Industri Jawa Barat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar Tribun news pada tanggal 20 maret 2019, PT. Astra Honda Motor membuka beberapa lowongan pekerjaan. Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja agar bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Adapun posisi pekerjaan yang saya lamar adalah bagian proses engineer.

Berikut adalah data singkat mengenai diri saya:

Nama                                    : Mustakim

Tempat/tgl lahir                : Garut, 25 Januari 1993

Jenis kelamin                     : Laki-laki

Pendidikan terakhir      : S1 software enginering

Alamat                                  : Jl. Cirangrang Barat Gang Taruna II Kopo-Bandung 40225

Nomor handphone       : 0896-0896-0097

Saat ini saya sedang dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Disamping itu, kemampuan Bahasa Inggris saya cukup Fasih. Saya juga sangat mengutamakan kejujuran, kerja keras dan disiplin dalam bekerja. Sebelumnya saya pernah bekerja di PT Toyota Astra Motor sebagai engineering.

Untuk kelengkapan data yang diperlukan serta sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampir kan kelengkapan data diri:

  1. Foto ukuran 3×4 dan 4×6
  2. Foto copy KTP (kartu tanda penduduk)
  3. Curiculum Vitae (CV)
  4. Foto copy Ijazah terakhir legalisir
  5. Foto copy SKCK
  6. Foto copy paklaring
  7. Foto copy sertifikat prestasi kerja dan penghargaan

Saya sangat berharap di beri kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan secara detil mengenai potensi dan kemampuan yang saya miliki dan bisa berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya dan sejujur-jujur nya, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

Mustakim

Nah itulah langkah-langkah cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar agar bisa dengan mudah di terima kerja di perusahaan yang di lamar. Silahkan anda mulai buat surat lamaran kerjanya. Semoga berhasil!

Gambar Gravatar
Saya Mustakim, seorang lulusan sarjana pendidikan yang tertarik dengan dunia blogging sejak 2017. Kesibukan saya sehari-hari adalah menulis di blog sendiri. Namun, terkadang juga menulis di blog orang lain yang jadi klien saya.