8 Tips Belanja Online Agar Aman dan Tidak Tertipu

Belanja online sekarang ini sudah menjadi suatu hal yang lumrah di kalangan masyarakat Indonesia. Namun meski demikian, masih ada saja aksi-aksi penipuan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, kali ini saya tulis 8 tips belanja online yang aman agar jauh dari penipuan.

Berbelanja secara online memang memberikan kemudahan untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Namun di sisi lain ada banyak risiko yang harus kita hadapi saat berbelanja online.

Beberapa hal yang sering kali terjadi dalam kasus jual beli online adalah barang yang di jual palsu, barang tidak sampai ke pembeli, dan lain sebagainya.

Tidak cukup sampai di situ, bahkan ketika melakukan transaksi juga sering terjadi hacking atau kloning terhadap kartu kredit yang digunakan saat melakukan transaksi.

Untuk kamu yang sering kali berbelanja secara online, maka harus lebih hati-hati. Penting sekali meningkatkan kewaspadaan saat berbelanja online. Nah agar kamu tidak tertipu dan menjadi korban berikutnya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

1) Pastikan Belanja di Tempat yang Tepat

Pertama kamu harus pastikan bahwa kamu tidak berbelanja di tempat yang salah. Kualitas toko online yang kamu gunakan untuk berbelanja harus benar-benar memiliki kualitas dan trust yang bagus.

Jika kamu belanja di Marketplace, maka pastikan toko nya memiliki reputasi yang bagus dengan rating minimal bintang 4. Dengan demikian maka toko nya akan lebih terpercaya.

Cek juga reputasi dan pengalaman orang lain yang pernah berbelanja disana. Bagaimana kesan orang lain ketika mereka memesan barang tersebut.

2) Baca Syarat dan Ketentuan

Setiap toko online memiliki syarat dan ketentuan belanja di toko nya masing-masing. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan meminimalisir kerugian antar kedua belah pihak.

Kamu harus benar-benar memahaminya dengan baik agar tidak salah tanggap terhadap aturannya. Karena walaupun barangnya tidak sesuai ekspektasi, namun sesuai ketentuan maka kamu tidak akan bisa berbuat banyak.

Maka dari itu, bacalah ketentuannya terlebih dahulu sebelum kamu putuskan untuk membelinya. Baca dengan cermat setiap ketentuan belanja di tempat yang akan kamu gunakan belanja.

3) Jangan Tergiur Harga Murah

Harga murah sering kali membuat orang lupa tujuan mereka berbelanja. Jika kamu mendapatkan penawaran barang dengan harga murah, kamu sebaiknya jangan langsung tergiur begitu saja.

Karena tidak sedikit kasus penipuan menggunakan modus harga yang murah. Banyak loh orang-orang yang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

Ketika ada yang menawarkan harga murah, pastikan anda cek terlebih dahulu produk mereka. Serta kenapa produk tersebut di jual dengan harga yang lebih murah.

4) Baca Keterangan Produk

Tips belanja online selanjutnya, kamu harus membaca deskripsi produk terlebih dahulu. Orang Indonesia mayoritas malas sekali membaca, inilah kenapa banyak sekali orang yang merasa tertipu.

Karena malas membaca akhirnya mereka melakukan pembelian. Padahal sudah jelas disebutkan pada deskripsi produk yang dijual. Dalam kasus ini biasanya penjual tidak akan mau memberikan return

karena barang sesuai deskripsi.

Kita sebagai pembeli tentu harus rajin-rajin membaca deskripsi produk di berbagai toko online saat kita akan berbelanja. Karena kita tidak tahu seperti apa produk tersebut.

5) Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Untuk menghindari kerugian atau risiko yang berlebih kamu sebaiknya pilih metode transaksi atau metode pembayaran yang paling aman. Salah satu metode transaksi pembayaran yang paling aman adalah dengan COD.

Kamu akan melakukan pembayaran di tempat saat kamu sudah menerima barang yang kamu pesan dari toko online yang kamu gunakan. Namun sayangnya tidak semua toko memberikan layanan seperti ini.

Jika kamu tidak menggunakan metode transaksi COD, maka kamu bisa menggunakan metode transaksi dengan menggunakan rekening bersama. Salah satunya kamu bisa membelinya di marketplace yang lebih aman.

6) Jangan Gunakan Jaringan Umum

Saat kamu berbelanja online apalagi jika menggunakan metode transaksi dengan via bank transfer atau menggunakan VCC, sebaiknya kamu hindari penggunaan transaksi dengan memanfaatkan jaringan internet umum.

Hal ini dimungkinkan rentan nya jaringan di susupi virus untuk melakukan hacking terhadap data kamu. Jika kamu menggunakannya maka semua data rekening atau data VCC yang kamu miliki akan tersadap.

Maka dari itu hindari penggunaan internet umum saat kamu belanja online dengan menggunakan transaksi via bank atau VCC.

7) Simpan Bukti Pembayaran

Tips belanja online selanjutnya adalah dengan menyimpan bukti transfer atau bukti pembayaran. Hal ini penting dilakukan sebagai bukti kuat bahwa kamu sudah melakukan transaksi.

Biasanya para penjual barang yang nakal akan mengklaim dana belum masuk saat kamu melakukan pembayaran dan mendorong kamu untuk membayar kembali.

Jika kamu memiliki bukti pembayarannya, maka kamu akan terhindar dari penipuan yang mereka lakukan. Sehingga kamu bisa aman dan terhindar dari kasus penipuan semacam ini.

8) Tidak Memberikan Data Sembarangan

Beberapa kasus terjadi, ketiak belanja online, si pembeli di telpon oleh penjual dan meminta beberapa data. Pembeli tanpa sadar memberikan data mereka secara suka rela hingga akhirnya mereka tertipu dan kehilangan sejumlah uang..

Ini adalah model penipuan baru dalam kasus belanja online. Biasanya sasarannya adalah para pengguna kartu debit. Para penipu meminta sejumlah angka di kartu debit untuk konfirmasi pembayaran.

Padahal hal tersebut berisiko untuk penggunaan kartu debit yang kamu miliki. Jangan sesekali kamu berikan data apapun itu diluar kebijakan belanja online, baik itu belanja di marketplace ataupun di toko online.

Nah itulah 8 tips belanja online yang harus kamu lakukan agar kamu tidak tertipu. Pesan saya, selalu hati-hati saat belanja online. Dimanapun kamu transaksi kamu harus waspada, karena kejahatan dunia maya jauh lebih jahat dari dunia nyata.