cara membuat software

Tata Cara Membuat Software Sederhana Di PC & Android

Diposting pada

Mempelajari  tata cara membuat software adalah salah satu rencana yang bagus anda lakukan. Seperti yang kita  ketahui bahwa teknologi sekarang ini semakin maju, mempelajari cara bikin software tentu akan sangat bagus untuk bisnis ataupun karir anda. Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli IT yang mahir masalah software.

Apalagi sebenarnya membuat software itu bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Selama anda paham tata cara pembuatannya maka anda bisa dengan mudah menciptakan sebuah software yang anda inginkan.

Saya sendiri bukan seorang praktisi ahli IT di bidang software, namun karena kebutuhan dan kepentingan maka saya sedikit banyak mempelajari cara-cara membuat sebuah software sederhana sesuai dengan kebutuhan saya.

Nah untuk itu, kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi untuk anda pembaca setiap blog ini. Saya ingin menjelaskan tahapan-tahapan cara bikin sebuah software sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Untuk anda yang memang ingin mempelajarinya juga silahkan saja simak penjelasan selengkapnya.

A. Tata Cara Membuat Software

Untuk bisa membuat sebuah software yang bagus, anda harus mengetahui dengan baik tata cara membuatnya. Untuk membuat sebuah software yang bagus maka dibutuhkan rencana atau planning yang benar-benar bagus da sesuai dengan prosedur pembuatannya.

Nah berikut ini adalah beberapa tahapan cara pembuatan sebuah software dari mulai perencanaan hingga proses produksinya.

1. Tentukan tujuan pembuatan software

Tujuan pembuatan software penting anda miliki ketika anda pertama kali akan membuatnya. Karena beda tujuannya beda pula cara dan tahapan pembuatannya. Dalam pengembangannya ada 2 jenis software yang bisa anda kembangkan yaitu aplikasi dan pengembangan sistem.

Pengembangan aplikasi berpusat pada pengembangan program sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Setiap jenis software aplikasi dibuat berdasarkan kebutuhan penggunanya. Seperti aplikasi video streaming maka di dalamnya terdapat berbagai chanel video streaming seperti televisi ataupun kumpulan video-video.

Sedangkan pengembangan pengembangan sistem akan berpusat pada penciptaan sebuah sistem operasi yang mengatur jalannya sebuah program tertentu. Proses pengembangan sistem ini lebih mengarah pada sistem operasi jaringan ataupun keamanan data.

Silahkan tentukan tujuan pembuatan software yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan anda. Buatlah list data kebutuhannya tentukan jenis software yang akan anda buat apakah berbasis sistem operasi atau aplikasi.

2. Cari referensi yang relevan

Untuk memperkuat rencana pembuatan software anda lebih nyata maka anda membutuhkan referensi yang bagus. Internet adalah tempat yang tepat untuk anda gunakan sebagai tempat mencari referensi.

Carilah jenis software yang sesuai dengan yang anda inginkan. Kemudian pelajari apa saja yang anda butuhkan dari software tersebut.

Selain internet anda juga butuh referensi tambahan lain dari berbagai sumber lainnya seperti dari buku. Anda mungkin bisa pergi ke Gramedia untuk mencari buku yang relevan dengan rencana pembuatan software yang anda inginkan.

3. Belajar bahasa program dari banyak sumber

Agar anda bisa membuat software yang bagus tentunya anda harus paham bahasa pemrograman. Jika anda lulusan Management software ataupun lulusan informatika, anda tentu akan memahami sedikit banyak masalah bahasa program. Namun untuk anda yang bukan berasal dari jurusan tersebut anda harus banyak belajar.

Untungnya sekarang ini banyak media yang bisa anda gunakan sebagai sumber pembelajaran bahasa program dengan lebih mudah. Anda bisa menemukan beragam pembahasan bahasa program secara Online melalui internet ataupun mempelajarinya melalui berbagai buku.

Adapun poin-poin penting yang harus anda pelajari ketika anda mempelajari bahasa program adalah sebagai berikut:

  • Bahasa program C, bahasa program ini sering digunakan untuk program hardware komputer
  • Bahasa program C++, merupakan pengambangan dari program C
  • Bahasa program Java, program ini banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi bisnis ataupun untuk permainan video
  • Bahasa program C#, merupakan bahasa program yang berbasis windows
  • Bahasa program objective C, bahasa program yang di rancang khusus untuk membuat program Apple
  • Bahasa program phyton, bahasa program ini digunakan untuk pembuatan sebuah web
  • Bahasa program PHP, merupakan bahasa program yang sering digunakan untuk pengembangan perangkat lunak ataupun pengembangan web

Pelajari dengan baik satu persatu bahasan program tersebut. Jika anda berhasil mempelajarinya dengan baik maka cara membuat software ini akan sangat mudah anda lakukan.

4. Ikuti kelas pembelajaran software

Meningkatkan kemampuan anda dalam membuat sebuah software bisa anda lakukan dengan mengikuti beberapa kelas terkait dengan pembelajaran software baik kelas Online ataupun offline. Biasanya ada banyak sekali kelas-kelas Online yang mengajarkan seputar dunia software.

Kelas pembelajaran software ini tentu ada yang bersifat premium dan ada juga yang bersifat free atau gratis. Nah pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda pilih kelas premium maka materinya akan jauh lebih bagus.

Namun pastikan bahwa materi yang diberikannya bagus dan berkualitas serta sesuai dengan yang anda butuhkan untuk mempelajari masalah software.

5. Ikut berbagai workshop

Meningkatkan kemampuan ada dalam membuat software tidak hanya bisa dilakukan dengan pembelajaran melalui kelas dan materi dari buku saja. Anda juga bisa mengembangkan kemampuan anda dalam membuat sebuah software melalui berbagai jenis workshop terkait dengan pembelajaran software.

Namun biasanya pembelajaran software melalui workshop berbayar, anda harus mengeluarkan dana untuk pendaftaran. Namun hasilnya tentu lebih bagus ketimbang anda hanya belajar sendiri. Karena workshop software ini biasanya di jelaskan oleh pakarnya langsung.

6. Gabung di berbagai forum software terkait

Meningkatkan kemampuan anda dalam mebaut sebuah software juga bisa anda lakukan dengan bergabung dengan berbagai forum software. Di internet ada banyak sekali forum-forum semacam ini. Anda hanya tinggal mencarinya saja di internet dan daftar lalu cari diskusi terkait dengan software yang anda inginkan.

Forum software tersebut biasanya di huni oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Namun bukan hanya orang  yang pemula saja. Banyak juga para master yang sudah mahir dan jago dalam masalah software di forum-forum tersebut.

7. Buat uji coba pembuatan software sederhana

Setelah anda mempelajari berbagai teori dan proses pembelajaran seputar tata cara membuat software, melalui berbagai cara. Mulai dari belajar software dengan membaca buku, browsing  di internet hingga mengikutii berbagai kelas dan workshop. Sekarang anda  buat uji coba pengetahuan anda terhadap software.

Anda bisa membuatnya untuk aplikasi sederhana yang anda butuhkan untuk pekerjaan anda yang sering kali anda keluhkan setiap harinya. Dalam proses pembuatannya, buatlah sesuai dengan pengetahuan anda selama belajar dan sesuai dengan software sesuai dengan kebutuhan anda.

8. Latihan terus setiap hari

Kemampuan anda tentu akan terus meningkat jika anda belajar terus menerus setiap hari. Maka dari itu carilah teori dan materi baru terkait masalah pembelajaran software setiap harinya. Lalu lakukan try and error setiap hari.

Dengan demikian maka anda bisa tahu di mana saja letak kekurangan pengetahuan anda terkait dengan masalah softwre yang anda buat. Jika anda menemukan masalah maka anda bisa bertanya pada forum yang anda gunakan.

B. Kembangkan Skill Cara Membuat Software

Jika anda sudah mencoba beberapa langkah seperti pada poin A, maka sekarang ini tinggal anda kembangkan kemampuan tersebut. Anda bisa mengembangkan kemampuan anda dalam membuat sebuah software dengan menggunakan beragam cara.

1. Cari aplikasi yang paling sesuai dengan model yang anda mau

Untuk bisa membuat sebuah software yang bagus dan handal maka tahapan pertamanya anda butuh referensi yang paling relevan. Carilah software yang paling sesuai dan relevan dengan software yang akan anda buat.

Analisa software tersebut, apa saja kelebihan yang dimilikinya dan apa kekurangannya. Lalu anda cocokan dengan software yang akan anda buat.

2. Kumpulkan semua perangkat dan data yang anda butuhkan

Untuk membuat sebuah software maka anda membutuhkan perangkat yang akan anda gunakan untuk membuatnya seperti program, komputer, internet dan lain sebagainya. Persiapkan dengan baik semua perangkat yang akan anda gunakan.

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi dari perangkat yang anda gunakan untuk membuat software tersebut. Pastikan semua perangkat yang anda gunakan berada dalam kondisi normal tidak bermasalah.

3. Buat prototipe softwarenya

Mulai proses pembuatan software dengan membuatkan prototipenya terlebih dahulu. Prototipe ini penting anda buat. Tujuannya untuk analisa kebutuhan dasar anda dalam membuat sebuah software yang anda bangun.

Perhatikan prototipenya, buat cek poin dari prototipe yang anda buat tersebut. Tuliskan apa saja yang kurang dari prototipe software yang anda buat.

4. Buat pengujian software

Jika sudah ada prototipe software yang anda buat, maka buatlah pengujian sesuai dengan standar aplikasi atau software yang anda buat. Proses pengujian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa bagus software yang anda buat. Selain itu untuk mengetahui apakah software bekerja dengan baik atau tidak.

Jika saat uji coba ada yang tidak sesuai dengan keinginan atau masih ada hal yang kurang, maka catat dan perbaiki hal tersebut. Lakukan sampai beberapa kali uji coba. Jangan hanya lakukan uji coba sekali saja. Meskipun uji coba pertama berhasil maka anda harus lakukan uji coba lainnya.

5. Minta pendapat orang lain

Untuk mengetahui standar kualitas yang bagus, maka anda harus meminta pendapat orang lain yang memiliki kebutuhan yang sama dengan software yang anda buat. Misalkan jika anda membuat software untuk penghitungan gaji karyawan maka anda harus meminta pendapat seorang HRD perusahaan.

Minta pendapat terkait software yang anda buat harus kepada orang yang kompeten di bidangnya dan relevan dengan aoftware yang anda buat. Lebih bagus anda minta pendapat kepada seorang tester software.

6. Patenkan software buatan anda

Jika memang dirasa software yang anda buat tersebut sudah bagus, maka patenkan software tersebut. Buat hak legalitas atas software buatan anda untuk antisipasi perampasan hak cipta oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Nah itulah prosedur dan tata cara membuat software mulai dari membuat perencanaan, proses pembelajaran hingga proses pembuatan dan patekan hak cipta software. Silahkan coba dan ikuti prosedurnya agar anda bisa membuat software yang anda inginkan.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action