cara membuat npwp bagi yang belum bekerja
Contoh NPWP yang sudah jadi

Syarat & Cara Membuat NPWP Bagi Yang Belum Bekerja

Diposting pada

Apakah sahabat pedi saat ini belum bekerja namun ingin membuat NPWP? Tidak perlu khawatir, meski sahabat pedi belum bekerja, masih bisa membuat NPWP. Cara membuat npwp bagi yang belum bekerja juga sangat mudah kok, sahabat pedi hanya perlu mempersiapkan beberapa persyaratannya saja.

Kebanyakan orang yang belum bekerja, mereka berpikiran tidak membutuhkan npwp. Karena menurut mereka npwp hanya untuk yang sudah bekerja sebagai bukti identitas resmi bahwa mereka taat pajak.

Padahal bagi orang yang belum bekerja sekali pun npwp banyak lho fungsi dan manfaatnya.

Apa fungsi dan manfaat NPWP?

cara mengisi formulir npwp yg belum kerja
NPWP ( Nomor Peserta wajib Pajak)



Jangan anggap remeh, meski anda belum bekerja tapi npwp memiliki ada fungsi dan manfaatnya lho. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat npwp bagi yang belum bekerja:

  1. Di gunakan untuk pengajuan kartu kredit, pihak bank tidak akan ACC pengajuan kartu kredit jika orang yang mengajukan kartu kredit tidak memiliki npwp, bank adalah lembaga resmi yang mana jika anda mengajukan permintaan ada syarat dokumentasi yang harus dipersiapkan contohnya dalam pengajuan kartu kredit harus ada npwp
  2. Digunakan untuk pembuatan dan pengajuan SIUP atau surat izin usaha perdagangan, meski orang yang tidak bekerja bukan berarti orang tersebut akan selamanya seperti itu, jika suatu waktu orang tersebut memutuskan untuk menjadi pengusaha maka dalam proses pengjuan SIUP perusahaan harus memiliki npwp
  3. Digunakan untuk pembuatan paspor, jika anda ingin mengajukan pembuatan paspor maka syarat utamanya adalah memiliki npwp
  4. Digunakan untuk pembuatan rekening koran, saat sahabat pedi mencetak rekeing koran maka harus membawa npwp
  5. Untuk mencari pekerjaan, beberapa perusahaan mengisyaratkan calon karyawan (pelamar kerja) untuk memiliki npwp sebagai syarat administratif
  6. Memudahkan pengurusan pajak, npwp sangat behubungan erat dengan persyaratan perpajakan, jika sahabat pedi melakukan pelaporan pajak maka sahabat pedi membutuhkan npwp



Persyaratan bikin npwp kerja

syarat membuat npwp untuk melamar kerja 2018
Syarat-syarat membuat NPWP pribadi

Sahabat pedi yang belum bekerja namun ingin membuat npwp untuk lamaran kerja, cara membuat npwp itu sangatlah mudah. Namun, sebelum sahabat pedi membuat npwp, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus sahabat pedi persiapkan.

Nah, beberapa persyaratan yang harus sahabat pedi persiapkan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP bagi warga negara Indonesia
  2. Fotokopi paspor atau surat izin tinggal tetap jika WNA (Warga Negara Asing)
  3. Mengisi formulir pendaftaran di kantor perpajakan setempat



Prosedur cara membuat npwp bagi yang belum bekerja

Membaut npwp bukanlah perkara yang sulit, jika sahabat pedi sudah melengkapi semua persyaratannya maka membaut npwp pribadi untuk yang belum bekerja sangatlah mudah.

Nah berikut ini adalah proses cara membuat npwp bagi yang belum bekerja. Jika anda saat ini berencana untuk membuatnyam berikut ini adalah proses pembuatan npwp yang harus anda lakukan:



A. Minta surat keterangan dari pihak kelurahan

cara membuat npwp bagi yang belum bekerja
Ilustrasi surat pengantar pembuatan NPWP dari kelurahan

Pertama sahabat pedi harus meminta surat keterangan dari pihak kelurahan setempat untuk membuatkan surat pengantar pembuatan NPWP. Jangan lupa dalam surat keterangan tersebut cantumkan pekerjaannya adalah sebagai karyawan atau wira swasta.

Hal tersebut bertujuan agar NPWP yang sahabat pedi buat bisa di setujui. Jika di dalamnya di cantumkan tidak bekerja maka kecil kemungkinan npwp tersebut di approve.



B. Mendaftar secara online

cara membuat npwp bagi yang belum bekerja
Situs ereg.pajak.go.id

Setelah semua berkas sahabat pedi kumpulkan dan surat keterangan kelurahan sudah dipersiapkan, selanjutnya sahabat pedi bisa mendaftar secara online melalui situs ereg.pajak.go.id.

Cara daftar online npwp belum kerja melalui situs ereg.pajak.go.id itu sangat mudah kok. Sahabat pedi bisa membuatnya dengan cara seperti ini:

  1. Buat akun terlebih dahulu
  2. Kemudian setelah itu, klik pada menu daftar
  3. Lengkapi semua formulir pendaftarannya hingga pada bagian upload data diri yang dibutuhkan
  4. Jangan lupa masukkan di keterangan pekerjaan adalah karyawan swasta



C. Tunggu kartu NPWP datang ke rumah

cara membuat npwp bagi yang belum bekerja
Contoh NPWP yang sudah jadi

Jika proses pengisian formulir semuanya sudah selesai, maka pengjuan npwp anda akan di proses pihak perpajakan. Sahabat pedi tinggal menunggu hingga proses tersebut selesai.

Jika kartu NPWP sudah selesai, biasanya kartu NPWP tersebut akan di kirim ke alamat rumah sesuai dengan KTP di formulir pengajuan npwp.

Akan tetapi, jika kartu npwp tidak kunjung datang dipastikan bahwa semua persyaratan sahabat pedi tidak cocok dan permintaan pengajuan pembuatan NPWP di tolak.

Nah itulah proses cara membuat npwp bagi yang belum bekerja. Jika sahabat pedi saat ini belum bekerja dan ingin membuat npwp maka proses cara pembuatannya seperti di atas.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action