[Review] Spesifikasi & Harga Kawasaki H2R, Motor Sport Premium & Canggih

Kawasaki Ninja H2R adalah motor super sport varian Ninja tertinggi pabrikan Kawasaki yang dikhususkan untuk keperluan balap di sirkuit (Race Only). Motor ini sudah dikenalkan pada ajang EICMA di Milan sejak November 2014 lalu.

Kawasaki Motor Corporation mengungkap 2 produk terbaru pada pameran otomotif internasional tersebut, yaitu Kawasaki Ninja H2R (versi sirkuit) dan Kawasaki Ninja H2 (versi jalanan), dimana keduanya berada di kelas 1000 cc.

Lalu, apa sih bedanya Kawasaki Ninja H2R dengan Kawasaki Ninja H2?

Seperti sudah disebutkan, H2R dan H2 ini memiliki konsep serta fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, Kawasaki H2R adalah motor khusus balap sehingga hanya pas dikendarai di race track (sirkuit/lintasan balap).

Sebab itulah, Kawasaki H2R ini tidak memiliki lampu, kaca spion dan menggunakan ban khusus balap. Maka dari itu, H2R memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga mampu hasilkan performa yang tinggi dan istimewa.

Diawali dengan desain H2R yang dibuat dengan sangat baik. Sistem aerodinamis motor sport Kawasaki H2R teknologinya modern dan canggih. Teknologi ini berupa sayap bagian atas depan dan samping akan otomatis keluar ketika motor dilajukan pada kecepatan tertentu.

Kemudian, rangka “Trellis” pada H2R akan menghasilkan kestabilan tinggi saat melaju dengan sangat cepat. Rangka jenis ini akan mampu hasilkan akselerasi dan top speed andalan terutama bila  dibanding dengan tipe rangka “Twin Spar”.

Ditambah lagi, H2R berbahan dasar serat karbon dan catnya yang berwarna silver mengkilap dengan sudut tajam pada sisi depan dan belakangnya makin mendukung tampilan sport Kawasaki H2R ini. Secara keseluruhan, H2R terlihat begitu modern, mewah dan agresif.

Sisi depan Kawasaki H2R hanya memiliki 2 buah Intake Air System (lubang angin) layaknya motor balap yang akan membelah angin dengan baik. Selain itu, juga berfungsi sebagai pendingin mesin ketika motor ini dibawa melaju kencang.

Pada bagian sampingnya, fairing tak menutupi seluruh bagian motor. Sehingga menyisakan bagian blok mesin yang tampak besar dan memberikan kesan gahar dan bertenaga. Di bagian belakang, stop lamp dan sepatbor Kawasaki H2R dibuat menggantung dengan desain meruncing lengkap dibekali sistem aerodinamis tambahan.

Karena memang dirancang khusus untuk balapan. Kawasaki H2R akan menghasilkan suara yang memekakan telinga namun merdu berkat mesin dengan 4 silindernya.

Beralih ke fitur Kawasaki H2R, motor sport ini dilengkapi fitur Traction Control, yakni sebuah fitur standar wajib untuk sebuah motor balap. Fitur ini mampu memaksimalkan grip atau daya cengkram ban dengan cara memberikan tenaga yang pas saat masuk dan keluar tikungan demi meminimalisir terjadinya wobbles (goyangan) dan slide (kehilangan traksi).

Ada juga fitur Ram Air Intake yang berfungsi menambah pasokan udara ke dalam komponen supercharger. Sehingga dapat menciptakan tenaga dan sistem aerodinamika yang lebih tinggi. Knalpot tipe racing yang disematkan pada H2R pun mampu membuat motor ini menghasilkan kinerja mesin yang sangat maksimal agar dapat berakselerasi dengan sangat cepat.

Layaknya motor sport, H2R memiliki spesifikasi mesin dengan ciri khas sportbike. Mesinnya memiliki kapasitas sebesar 998 cc DOHC 16 Valve dengan 4 buah silinder segaris. Ini tentu akan dapat menyemburkan tenaga maksimal sampai di angka 296 Hp dengan torsi maksimal di atas 150 Nm.

Dengan spesifikasi tersebut, Kawasaki H2R ini sangat mudah ketika berakselerasi dan mencapai kecepatan tinggi mencapai 335 Km/jam.

Tenaga yang powerful tersebut disalurkan menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Dengan dukungan komponen tenaga tambahan yang bernama “Kawasaki Supercharger”, bahkan Kawasaki H2R  dapat mendongkrak tenaga lebih besar lagu.

Selain itu, karena dibuat dengan bahan material tinggi, motor ini memiliki durability (ketahanan komponen) maksimal sehingga berpengaruh juga terhadap tenaga yang dihasilkan.

Namun, kompresi H2R tergolong rendah untuk sebuah sportbike, jadi walaupun performanya dipastikan begitu agresif dan maksimal, ini berkaitan dengan konsumsi bahan bakarnya yang bisa dibilang tergolong boros.

Berapa harga Kawasaki H2R?

Kawasaki H2R ini di Indonesia sangat melambung, yakni berkisar di atas Rp. 1 miliar. Harga Kawasaki H2R ini tak terlepas dari pajak kendaraannya yang mencapai 1,5 kali lipat dari harga aslinya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.