Seberapa Penting Blogger Harus Kursus SEO? Ini Alasannya!

Membahas hal-hal yang berbau SEO sebenarnya sedikit malas untuk saya tulis. Bukan tanpa alasan, membahas seo artinya saya akan membocorkan rahasia bumbu dapur yang selama ini saya gunakan untuk membangun blog.

Hanya saja saya selalu di ingatkan oleh pak ustadz di dekat rumah, sekecil apapun ilmu jika di ajarkan maka akan bertambahlah ilmunya, bukan menguranginya.

Dari hal itu, sayapun di sadarkan betapa bodohnya prinsip yang selama ini saya pegang. Setelah mendengar itu, pagi ini saya coba untuk membahas dan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki terkait ilmu seo.

Apa itu SEO?

Saya bukanlah seorang master, bukan juga seorang mastah ahli SEO. Saya hanya orang biasa yang mengawali kegiatan blogging saya sejak 2018 lalu. Bicara masalah SEO akan saya bahas berdasarkan pengalaman saya saja. Maafkan jika bahasanya belepotan.

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah ilmu yang membahas tentang kinerja sebuah situs agar sesuai dengan sistem mesin pencari.

Setiap mesin pencari memiliki sistem kerjanya sendiri-sendiri. Maka dari itu penting sekali mempelajarinya. Tahap dan proses pembelajaran inilah yagn disebut dengan SEO.

Kenapa Blogger Harus Belajar SEO?

Blogger adalah seseorang yang mengelola sebuah blog dan menampilkan berbagai konten di dalamnya. Seorang Blogger tentu sangat penting dan wajib mempelajari SEO, untuk mengoptimalkan kinerja blognya di Search Engine.

Ada banyak alasan kenapa seorang Blogger harus mempelajari ilmu SEO, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Untuk membuat blog mereka bisa lebih mudah bersaing di SERP (Search Engine Result Page)
  2. Untuk meningkatkan Traffic blog mereka
  3. Untuk meningkatkan earning
  4. Untuk meningkatkan trust blog

Masih banyak sih alasan lainnya, namun alasan utama saya sendiri adalah ke empat hal tersebut.

Haruskah Belajar di Tempat Kursus SEO?

Pada dasarnya belajar SEO itu bisa di lakukan tanpa melakukan kursus. Beberapa orang matah SEO yang saya kenal justru lahir tanpa mengikuti kursus.

Namun dari perkenalan saya dengan beberapa mastah SEO yang sudah mahir dan sudah membuktikan dirinya justru menyuruh saya untuk melakukan kursus.

Menurutnya, belajar otodidak itu memang bisa membuat kita paham dengan cara kerja mesin telusur dan mungkin bisa membuat website kita bersaing di SERP. Namun butuh waktu dan kerja keras yang akan cukup melelahkan.

Permasalahannya, mental setiap orang itu berbeda-beda, saat belajar sendiri dan menyerah di tengah jalan kapan bisanya?. Hasilnya belum tentu sedangkan gagal nya sudah jelas.

Kenapa Harus Kursus SEO?

Ada beberapa point yang menjadi alasan kenapa harus melakukan kursus SEO. Menurut catatan saya beberapa alasan penting kenapa harus mengikuti kursus SEO diantaranya adalah:

1) Hemat Waktu

Alasan yang pertama adalah agar anda bisa menghemat waktu belajar SEO. Bayangkan saja, berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk belajar SEO secara otodidak.

Belajar SEO melalui lembaga kursus akan membantu anda untuk mempersingkat pemahaman anda untuk menguasai ilmu SEO. Dalam waktu yang lebih pendek anda bisa mendapatkan pemahaman SEO yang lebih banyak.

2) Lebih Terukur

Belajar SEO harus terukur dengan baik. Tanpa adanya ukuran yang jelas maka anda hanya akan belajar terus tanpa ada hasilnya. Anda akan sulit sekali memahami ilmu SEO jika tidak di ukur dengan baik.

Sedangkan lembaga kursus SEO memiliki parameter khusus untuk menentukan tingkat penguasaan materi yang anda pelajari. Bukan hanya itu materi yang di ajarkan juga sudah teruji dengan baik.

3) Hemat Biaya

Menurut anda belajar secara otodidak akan menghemat biaya, itu adalah pemikiran yang keliru. Fakta nya belajar SEO membutuhkan modal untuk membeli tools, mengakses situs berbayar dan lain sebagainya.

Sedangkan dari biaya yang anda keluarkan tersebut tidak didasari dengan pemahaman yang baik. Maka uang yang anda keluarkan akan sia-sia saja. Di tempat kursus anda sudah di sediakan tools dan materi cara mempelajari tools nya.

4) Tingkat Keberhasilan Tinggi

Banyak orang yang bisa paham SEO tanpa mengikuti kursus. Namun tahukah anda berapa lama waktu yang mereka butuhkan agar mereka berhasil dan berapa kali kegagalan yang mereka alami?

Tingkat keberhasilan belajar SEO otodidak sangat kecil sekali. Sedangkan jika belajar melalui kursus hasilnya lebih teruji dan sudah pasti. Ada beberapa parameter yang harus anda lalui ketika mengikuti kursus.

Dimana Kursus SEO Terbaik?

Di internet anda bisa mencari banyak sekali tempat kursus SEO. Namun dari sekian banyak tempat kursus, salah satu lembaga kursus SEO yang saya pilih dan rekomendasikan untuk anda adalah di Dumet School.

Dumet School adalah tempat kursus SEO terkemuka di Indonesia. Dumet School memiliki beberapa kantor cabang yang bisa anda gunakan untuk menimba ilmu SEO. Beberapa diantaranya yaitu:

1) Kantor Kelapa Gading

Rukan Artha Gading Niaga Blok i-23, Jalan Boulevard Arthe Gading, Kelapa Gading Jakarta Utara 14240, Belakang Mall Artha Gading.

Telp.(021) 4585-0387.

2) Kantor Grogol

Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No.23 Kelurahan Tanjung Duren Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470. Belakang mall Citra Land dan kampus UNTAR II.

Telp.(021) 2941-1188.

3) Kantor Tebet

Rukan Crown Palace Blok A No.12 Jalan Dr prof Soepomo No 231 Kelurahan Menteng dalam Kecamatan Tebet, samping Universitas Sahid, Jakarta Selatan 12870, ± 1 menit dari Tugu Pancoran.

Telp.(021)2298-3886.

4) Kantor Depok

Rukan Jalan Kartini Raya No.53 Pancoran Mas, Depok 16436, ± 5 menit dari kantor wali kota Depok.

Telp.(021) 7720-7657.

5) Kantor Srengseng

Ruko permata regensi BLok B-18, Jalan Haji Kelik Srengseng, Kebon Jeruk Jakarta Barat 11630, depan hutan kota Srengseng.

Telp.(021) 5890-8355.

Nah itulah beberapa tempat kursus yang dapat anda gunakan untuk belajar ilmu SEO lebih dalam. Saya sendiri pernah belajar di kantor Tebet Jakarta Selatan karena dengan dengan rumah Saudara di sana.