Ini Dia Resep Dalgona Coffee Alpukat Kekinian, Siap Kamu Coba !

 Akhir-akhir ini jagat perkulineran sedang digemparkan oleh makanan atau lebih tepatnya minuman yang viral. Dengan adanya ketentuan self quarantine yang menyebabkan banyak orang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah saja, semakin membuat banyak orang tertarik untuk membuat sendiri minuman ini. Tidak lain dan tidak bukan minuman yang sedang viral ini adalah resep dalgona coffee.

Berbagai jenis resep telah bertebaran di dunia maya. Berbagai kreasi minuman kekinian ala cafe ini juga telah dibuat. Bahkan ada juga yang membuat kartun dan meme candaan dalgona coffee. Dalgona coffee ini merupakan minuman susu putih yang disajikan dengan es batu dan busa kopi di atasnya.

Asal Dalgona Coffee

Sebenarnya, darimana asal dalgona coffee? Dalgona coffee mula-mula berasal dari India, Pakistan dan Makau. Minuman ini mulai viral saat salah satu aktor Korea Selatan, Jung Il Woo mencoba dalgona coffee di salah satu program reality show ketika berada di Makau. Dalgona coffee ini merupakan kreasi inovasi dari dalgona.

Dalgona sendiri memiliki panggilan asli ppopgi yang berasal dari Negeri Ginseng. Makanan ini biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima dan merupakan salah satu makanan tradisional yang khas dari Korea Selatan. Dalgona terbuat dari gula caramel yang dikeraskan serta dicetak dengan bentuk-bentuk yang menarik. Permen karamel ini  memiliki tekstur keras di bagian luar namun empuk di bagian dalamnya. Bagian dalam bisa menjadi empuk karena terdapat rongga-rongga udara yang berasal dari baking soda yang digunakan saat proses pemasakan dari dalgona. Rasanya seperti permen pada umunya yang cenderung manis. Permen karamel dalgona sebenarnya sudah populer sejak tahun 1970-an. Dan kini, dalgona yang berbentuk minuman kopi lah yang mulai dikenal orang. Makanan tradisional yang muncul kembali sebagai makanan kekinian dengan bentuk yang lebih menarik.

Bahan dan Kombinasi Dalgona Coffee

Kali ini kita akan membuat dalgona coffee alpukat. Meskipun mengikuti tren yang berkembang, bukan berarti tidak bisa menikmati makanan yang sehat. Dengan menggunakan tambahan alpukat, harga alpukat yang terbilang terjangkau untuk digunakan kombinasi coffee.

manfaat dari buah itu juga bisa didapatkan untuk tubuh. Selain itu, kopi dan gula juga memiliki manfaat bagi tubuh.

Seperti jenis buah-buahan yang lain, alpukat juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh. Alpukat mengandung vitamin A, B6, B12, C, lemak, karbohidrat, kalium, dan protein. Alpukat sendiri baik untuk mencegah risiko kanker, mengatasi peradangan sendi, melancarkan pencernaan, mencegah depresi, menurunkan berat badan, ramah untuk yang memiliki koleterol tinggi dan masih banyak lagi manfaat dari alpukat. Perbanyak makan sayur dan buah, ya.

resep dalgona coffee

Kopi dikenal memiliki kafein yang membuat sulit tidur. Tetapi, kafein ini sendiri dapat meningkatkan kerja otak. Selain itu kopi juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mempu meningkatkan stamina tubuh.

Tubuh juga mampu memperoleh tambahan energi dari gula. Gula dalam tubuh merupakan sumber energi utama. Walaupun gula sering menghantui dengan risikonya yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes, hal ini terjadi hanya jika gula dikonsumsi secara berlebihan. Gula baik untuk tubuh sebagai sumber energi dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan.

Cara Membuat Dalgona Coffee Alpukat

resep dalgona coffee

Dalgona coffee biasanya dibuat dengan menggunakan mixer. Tetapi karena tidak semua orang mempunyai mixer, maka kita gunakan cara lain. Bisa memanfaatkan alat lain yang ada di dapur yaitu dengan menggunakan wishker atau saringan kecil. Apa? Saringan? Iya, saringan. Saringan kecil yang biasa digunakan untuk membuat teh itu bisa juga digunakan sebagai alat pengocok. Cara membuat dalgona coffee alpukat ini sebenarnya cukup sederhana.

Bahan yang harus disiapkan adalah :

1. 1 buah alpukat

2. Gula

3. Kopi instan

4. Air panas dan dingin

5. Es batu

Tahap Pertama

Mula-mula alpukat diblender dengan campuran air dan gula. Tuangkan gula sebanyak 2 sendok makan. Apabila tidak terlalu suka manis, jumlah gula yang dituangkan dapat disesuaikan dengan selera. Jumlah air yang digunakan untuk satu buah alpukat ini 200ml. Setelah diblender, jus alpukat bisa disimpan di dalam lemari pendingin.

Tahap Kedua

Siapkan tempat untuk mengocok. Tuangkan 2 sendok makan kopi, 2 sendok makan gula dan 2 sendok makan air panas. Air yang digunakan harus panas karena berfungsi untuk melarutkan gula. Kopi instan yang digunakan haruslah kopi yang tidak memiliki ampas. Jika tidak, foam dalgona cofee tidak akan mengembang.

Tahap Ketiga

Kocok ketiga bahan tersebut menggunakan bagian bawah saringan atau menggunakan whisker. Ukuran whisker yang digunakan juga harus sesuai dengan jumlah adonan yang dibuat, agar adonan kopi tidak terciprat kemana-mana. Kocok terus sampai mengembang selama kira-kira 10-15 menit jika menggunakan whisker. Dan 5-10 menit jika menggunakan saringan. Yang penting sampai terbentuk busa kopi. Busa kopi yang terbentuk harus sudah berwarna coklat pucat dan bertekstur agak kaku.

Tahap Keempat

Siapkan gelas yang diisi es batu. Tuangkan jus alpukat yang sudah dibuat tadi. Tambahkan busa kopi dalgona yang sudah mengembang ke bagian atas minuman. Dalgona coffee alpukat telah siap disajikan.

Tahap Kelima

Untuk pemanis dan membuat dalgona coffee alpukat yang dibuat lebih instagramable atau menarik dilihat, bisa ditambahkan topping berupa caramel gula, madu, coklat bubuk dan potongan buah alpukat itu sendiri.

Terkadang masih ada yang belum berhasil saat membuat dalgona. Faktor yang perlu diperhatikan agar foam dalgona sukses dibuat biasanya terletak pada kopi yang digunakan dan air panas. Gula yang belum larut sepenuhnya dapat menghambat perkembangan busa kopi. Sehingga perlu digunakan air panas. Jika terpaksa tidak dapat menggunakan air panas, maka bahan yang perlu disiasati adalah gula. Gula yang digunakan bisa diganti dengan gula halus. Sedangkan untuk kopi memang harus kopi yang tidak memiliki ampas. Oleh sebab itu, digunakan kopi instan yang tidak memiliki ampas.

Dalgona coffee alpukat cocok dinikmati saat cuaca panas di siang hari. Bila lebih suka minuman hangat, minuman ini juga bisa dikreasikan dengan menggunakan air panas. Untuk yang tidak terlalu suka kopi bisa tetap mencoba dalgona coffee alpukat. Rasa kopi pada minuman ini tidak terlalu kuat. Rasa alpukat lebih mendominasi. Jika ingin lebih nikmat juga bisa ditambahkan susu pada alpukat.

Alpukat, kopi dan gula memang memiliki manfaat masing-masing. Namun, perlu diingat bahwa meminum olahan ini secara terus menerus dan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan tidak baik untuk lambung. Jadi, bukan tidak boleh dikonsumsi namun perlu dibatasi jumlah dalam meminumnya. Tidak harus setiap hari juga menikmati minuman ala cafe seperti ini. Selain itu untuk ibu hamil, orang berusia 50 tahun ke atas dan orang yang memiliki riwayat penyakit lambung perlu memeriksa terlebih dahulu apakah boleh meminum dalgona coffee alpukat ini atau tidak.

Demikian tadi resep dalgona coffee alpukat yang mudah dan praktis untuk dipraktekkan. Selama berada di rumah, isi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Tetap perhatikan porsi gizi seimbang saat membuat berbagai olahan makan. Selamat mencoba!