cara menjadi Youtuber terkenal
YouTube | carapedi.id

Cara Menjadi Youtuber Terkenal, Persiapan Hingga Eksekusi

Diposting pada

Menjadi seorang Youtuber atau vlogger memang bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan atau uang. Namun cara menjadi Youtuber terkenal itu bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan. Bahkan banyak orang menyarankan untuk berhenti bermimpi menjadi seorang Youtuber jika tujuan kamu hanya sekedar uang.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh raja Youtube Indonesia saat ini, Atta Halilintar. Dalam salah satu video nya dia pernah berkata seperti ini:

"jika tujuan kamu membuat Channel di Youtube hanya untuk mendapat uang,
maka kamu harus segera berhenti sekarang juga".
Atta halilintar, Youtuber Indonesia.

Saat ini Atta memang sudah mencapai masa kejayaannya bahkan saat artikel ini dibuat subscriber Channel nya sudah mencapai 6,8 juta, sangat luar biasa bukan?. Jika kita melihat Atta yang sekarang mungkin terlihat enak. Namun kamu tidak akan tahu bagaimana dia berjuang hingga ke titik itu.

Lalu pertanyaannya apakah kita bisa seperti dia? Tentu bisa!. Namun untuk bisa sampai ke level itu kita harus berjuang dai nol terlebih dahulu.

Bagaimana cara menjadi Youtuber terkenal?

Di artikel ini saya tulis beberapa hal yang harus kamu lakukan, dari mulai persiapan hingga ke tahap eksekusi. Jika beberapa tahapan ini bisa kamu lakukan dengan baik maka kamu pasti akan menjadi seorang Youtuber yang sukses. Bukan hanya seperti Atta Halilintar saja melainkan lebih dari dia.

Apakah kamu sudah siap? Jika sudah silahkan simak uraiannya berikut ini.

A. Tahap Persiapan

Sebelum kamu memulai dan berubah menjadi seorang Youtuber terkenal maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Kira-kira apa saja yang harus kamu persiapkan? Nah, berikut inilah beberapa hal yang harus kamu persiapkan tersebut.

1. Mempersiapkan perangkat

Pertama-tama kamu harus mempersiapkan perangkat yang akan kamu butuhkan. Ini perlu di persiapkan dengan baik karena perangkat untuk membuat konten video Youtube tidaklah murah dan juga tidak mudah.

Perangkat apa saja perangkat yang kamu butuhkan untuk membuat konten di Youtube?. Berikut inilah yang kamu butuhkan:

  1. Kamera. Kamera merupakan salah satu perangkat yang wajib banget untuk kamu persiapkan. Karena dengan kamera lah kamu bisa membuat konten video. Banyak sekali jenis kamera yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten mulai dari harganya yang ratusan ribu, puluhan juta hingga ratusan juta. Mana yang harus kamu gunakan? Yang harus kamu gunakan bukan yang paling mahal, melainkan yang paling mampu kamu beli. Jangan memaksakan beli kamera mahal jika memang budget kamu pas-pasan. Jika budget kamu memang kurang, kamu bisa menggunakan smartphone yang kamu miliki saat ini saja.
  2. Perekam suara. Ini juga tidak kalah penting, perekam suara berguna untuk menangkap audio yang bagus dan jelas agar video kamu tidak terkesan asal-asalan.
  3. Stabilizer kamera. Stabilizer ini digunakan untuk menstabilkan kamera agar tidak goyang-goyang. Biasanya stabilizer digunakan oleh orang yang membuat vlog atau membuat konten video diluar ruangan. Apalagi jika kamu membuat konten video dengan menggunakan handphone maka kamu butuh stabilizer agar kamera handphone tidak goyang-goyang.
  4. Monopod. Ini hampir sama dengan stabilizer, fungsinya untuk membuat kamera tidak bergetar ataupun goyang-goyang.
  5. Kartu memori. Untuk membuat konten video yang bagus maka kamu butuh kapasitas memori yang besar. Selain dibutuhkan untuk merekam video dalam durasi panjang kamu juga akan membutuhkannya sebagai tempat menyimpan file atau sebagai cadangan.
  6. Lighting. Ini kamu butuhkan untuk membuat konten video yang sangat bagus, namun buat kamu yang masih pemula tidak apa kamu tidak menggunakannya juga. Karena harga kamera lighting itu sangatlah mahal, namun jika kamu memiliki uangnya ya tidak mengapa karena hal tersebut sebanding dengan hasil yang kan kamu dapatkan nantinya.
  7. Laptop atau PC. Ini merupakan salah satu bagian yang paling ketika kamu ingin menjadi seorang Youtuber terkenal. Salah cara menjadi Youtuber terkenal adalah dengan memperhatikan perangkat yang dibutuhkannya dalam hal ini laptop. Spesifikasi laptop untuk edit video yang bagus minimal nya adalah seperti ini:
    • Ram minimal 4GB.
    • Processor minimal core i3 (biar tidak cape dan tidak sering hang). Namun jika kamu punya laptop dual core 4 GB itupun tidak masalah asal jangan banyak aplikasi lain yang terinstal disana. Namun, jika kamu punya spek laptop yang lebih dari itu, maka jauh lebih bagus lagi.
    • HDD (hard disk drive) minimal 320GB, ini berguna sebagai penyimpanan. Disamping itu HDD yang bagus dan spek yang tinggi bisa mendukung kinerja kamu saat melakukan proses editing.
    • Grapic chip atau VGA minimal intel skylake untuk menampilkan gambar dengan jernih dan bagus.
  8. Aplikasi edit video. Selanjutnya cara menjadi Youtuber terkenal, kamu juga harus memiliki aplikasi video editing. Ini berguna untuk mengolah video yang sudah kamu buat. Nah untuk menghasilkan konten video berkualitas, kamu beli software premium agar konten video kamu hasilnya bagus.

2. Mempersiapkan keahlian atau skill

Bagian kedua kamu harus memiliki keahlian, namanya mau sukses maka kamu harus punya keahlian. Jika kamu memang masih pemula kamu bisa memulainya sambil belajar. Jangan menunggu untuk bisa terlebih dahulu, jika bisa belajar sambil berjalan kenapa tidak?.

Lalu skill dan kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Youtuber yang terkenal?. Berikut ini adalah jawabannya!.

  1. Sekill conten creator. Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang Youtuber maka kamu harus menguasai ini. Conten creator adalah seseorang yang kreatif dalam membuat cerita atau materi yang akan di bahas. Jika kamu kurang dalam hal ini kamu bisa kolaborasi dengan teman kamu.
  2. Kemampuan dalam rekam video. Membuat video untuk konten Youtube agar menarik, bagus dan berkualitas maka tidak bisa asal jepret aja. Melainkan ada teknik dan cara-caranya, soal yang satu ini kamu bisa cari tutorial gratis dan mempelajari nya.
  3. Kemampuan edit video. Ini merupakan salah satu kemampuan yang harus kamu kuasai. Kamu mungkin bisa saja mengandalkan orang lain dengan sewa jasa. Namun percayalah konten buatan tangan sendiri dengan edit sendiri jauh lebih baik ketimbang dengan orang lain.

3. Mempersiapkan perangkat online

Cara menjadi Youtuber terkenal pada bagian ketiga adalah persiapan perangkat online yang akan kamu gunakan. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus anda lakukan:

  1. Tentukan judul dan tema Channel Youtube anda. Dalam menentukan tema Channel Youtube saya sarankan agar anda membuat sesuai dengan passion anda. Jangan ikut-ikutan orang lain, lebih baik jadilah diri sendiri dan temukan passion anda apa.
  2. Buat Channel Youtube anda. Dalam membuat Channel, perhatikan hal berikut:
    • Nama Channel, gunakan nama Channel yang unik dan menarik yang mudah untuk di ingat orang.
    • Gunakan deskripsi situs yang jelas dan simpel agar mudah di pahami orang.
  3. Desain tampilan Channel Youtube dengan menarik. Tujuannya agar Channel anda terlihat lebih profesional dan lebih elegan.
  4. Buat akun adsense. Jika anda ingin mendapatkan uang dari Youtube maka anda harus membuat akun adsense untuk monitize Channel anda nantinya.

B. Tahap Eksekusi

Nah, selanjutnya adalah tahapan  eksekusi. Tahapan ini adalah tahapan paling penting, dimana  anda akan membuat Channel anda ramai di kunjungi orang.

Langkah ini juga merupakan langkah cara menjadi Youtuber terkenal yang harus anda perhatikan dengan baik. Karena disini tahap yang akan menentukan terkenal atau tidaknya anda. Lalu kira-kira apa saja langkah eksekusi menjadi Youtuber yang terkenal tersebut? Berikut uraiannya.

1. Mulai membuat video

Langkah pertama yang harus anda lakukan anda dengan membuat konten video. Konten merupakan segalanya. Buatlah konten video yang menarik dan original. Jangan sesekali meniru video orang lain yang sudah dibuat. Karena hasilnya akan jelek di mata penonton anda nantinya.

Ketika kamu membuat konten video maka kamu harus memperhatikan:

  1. Target video. Tentukan target video,video yang kamu buat tersebut untuk siapa dan untuk kalangan mana?. Ini sangat penting, karena tidak semua orang bisa menikmati satu jenis video yang sama. Sebagai contoh, jika target kamu adalah wanita dengan rentan usia 17 hingga 35 tahun maka kamu bisa buat video tentang make up, Gosip K-pop, Fashion, hiburan dan lain sebagainya yang mereka suka di usianya.
  2. Jenis video. Dalam membuat video kamu tentukan jenis video seperti apa yang akan kamu produksi. Pilih jenis video yang sesuai dengan passion kamu, jangan paksa kan untuk membuat hal lain yang tidak kamu sukai apalagi jika tidak kamu kuasai. Kamu bisa pilih dari beberapa jenis video berikut ini:
    1. Video tutorial. Seperti membuat video tutorial hijab, tutorial make up, tutorial services dan semacamnya.
    2. Video komedi. membuat orang tertawa seperti stand up komedi, anime komedi dan lain-lain.
    3. Video review. Video review handphone, review laptop dan lain-lain.
    4. Video makan-makan.
    5. Video gaming. Video kamu sedang main game, tutorial main game dan video-video lain tentang game.
    6. Video traveling. Buat kamu yang senang jalan-jalan maka bagus di abadikan dalam sebuah video dan upload ke Youtube. Video traveling banyak contohnya seperti MTMA dan lain-lain.
    7. Video rekstor. Membuat video tentang reaksi kamu ketika mendapatkan sebuah kondisi tertentu, atau terhadap penomena tertentu.
    8. Dan masih banyak lagi.

2. Upload video

Langkah cara menjadi Youtuber terkenal selanjutnya adalah mengupload video. Setelah kamu selesai membuat video dan mengedit nya dengan baik selanjutnya tinggal upload video kamu tersebut. Jika kamu belum tahu cara upload video ke Youtube silahkan baca artikel saya sebelumnya, klik pada teks warna hijau.

3. Promosikan Video

Setelah kamu mengupload video ke Youtube maka video kamu tidak akan langsung di tonton banyak orang. Apalagi jika Channel Youtube kamu masih baru dan belum ada subscriber nya. Nah untuk mengatas hal ini kamu harus melakukan promosi. Melakukan promosi Channel Youtube bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebar link Channel Youtube ke berbagai media sosial kamu (gratis).
  2. Beritahu ke teman ataupun saudara kamu, kemudian minta mereka untuk share video dan link Channel kamu.
  3. Promosikan dengan beriklan di Google.

3. Bangun komunikasi yang baik dengan penonton

Ini adalah cara menjadi Youtuber terkenal yang tidak kalah petingnya dan bahkan bagian ini adalah bagian yang sering di lupakan oleh para Youtuber. Membangun komunikasi dengan para penonton itu sangat bagus dan sangat baik sekali.

Jika kamu mendapat komentar tidak bagus akan video yang kamu buat jangan baper, sebaiknya jadikan motivasi. Biarkan orang lain berkata apapun tentang kamu dan video buatan mu itu. teruslah berkarya dan teruslah maju, jadikan perkataan buruk orang sebagai alat untuk memperbaiki kualitas kamu. Karena sesungguhnya yang akan jadi lebih baik adalah yang terus di komentari bukan yang mengomentari.